home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

3 Manfaat Utama Buah Aprikot untuk Kulit Anda

3 Manfaat Utama Buah Aprikot untuk Kulit Anda

Pakai sabun mandi dari bahan alami memberikan beragam manfaat untuk kulit. Salah satu bahan alami yang banyak digunakan dalam produk pembersih kulit yakni aprikot. Tahukah Anda manfaat buah aprikot untuk kesehatan dan kecantikan kulit?

Manfaat buah aprikot untuk kesehatan kulit

Aprikot adalah buah kecil berwarna oranye yang berasal dari Tiongkok. Namun saat ini, hampir 90 persen buah aprikot ditanam di Amerika Serikat dan berasal dari California.

Buah yang satu ini mengandung beragam vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh salah satunya kulit. Berikut berbagai manfaat buah aprikot dalam rangka menjaga kesehatan kulit.

1. Melawan radikal bebas

Manfaat buah aprikot yang pertama yakni bantu melawan radikal bebas. Paparan radikal bebas dari asap kendaraan bermotor dan sinar UV membuat tubuh dan kulit sebagai lapisan pelindung tubuh terluar menjadi terancam kesehatannya.

Aprikot mengandung antioksidan yang mampu melawan radikal bebas. Sumber antioksidan di dalamnya berasal dari vitamin A (beta karoten) dan vitamin C. Selain itu, aprikot kaya antioksidan lainnya seperti antioksidan polifenol dan flavonoid.

Antioksidan di dalam aprikot dapat membantu mengurangi penumpukan radikal bebas berbahaya di dalam tubuh untuk mencegah kerusakan pada sel-sel tubuh, termasuk kerusakan sel pada kulit.

2. Mengatasi peradangan pada kulit

Aprikot mengandung senyawa anti-radang yang dapat membantu mengatasi peradangan pada kulit seperti jerawat di wajah maupun jerawat di badan, termasuk punggung.

Selain itu, senyawa ini membantu merawat berbagai masalah kulit seperti penyakit psoriasis dan dermatitis atopik (eksim).

Oleh karena itu, memakan aprikot secara langsung atau menggunakan berbagai produk perawatan kulit berbahan dasar aprikot bisa menjadi alternatif untuk Anda yang berjerawat dan mengalami masalah kulit akibat peradangan.

3. Aprikot melawan tanda-tanda penuaan kulit

Kandungan vitamin A di dalam aprikot mampu membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dini seperti flek coklat dan hitam pada kulit tubuh, serta kerutan yang bersifat halus dan kasar akibat paparan sinar ultarviolet (UV) berlebih.

Selain itu, kandungan vitamin E dalam aprikot juga membantu menjaga elastisitas dan kekenyalan kulit dengan menambah produksi kolagen di dalam kulit.

Pentingnya menjaga kesehatan kulit dengan bahan alami

anatomi kulit

Banyaknya pilihan di pasaran yang diklaim dapat menjaga kesehatan kulit jangan lantas membuat Anda tidak teliti dalam memilih produk skincare atau perawatan kulit.

Produk dengan kandungan bahan dasar alami lebih cocok untuk digunakan sehari-hari agar kulit tetap sehat. Melihat manfaatnya, aprikot termasuk bahan alami yang bisa dijadikan pilihan bagi Anda yang ingin memiliki kulit sehat serta cantik.

Menggunakan sabun mandi dengan kandungan scrub alami dari biji aprikot bisa menjadi pilihan yang baik untuk kesehatan Anda, terlebih untuk Anda yang aktif berkegiatan di luar ruangan.

Usahakan untuk memilih produk sabun mandi dengan kandungan butiran scrub alami dari biji aprikot untuk dapat mengangkat kotoran hingga ke pori-pori untuk kebersihan kulit secara menyeluruh serta mencegah kulit yang kusam.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Apricot

http://www.whfoods.com/genpage.php?tname=foodspice&dbid=3 accessed on June 25th 2018

Apricot Nutrition: 3 Surprising Health Benefits of Apricots

https://www.medicaldaily.com/apricot-nutrition-3-surprising-health-benefits-apricots-246662 accessed on June 25th 2018

27 Amazing Benefits And Uses Of Apricots

https://www.healthbeckon.com/apricots-benefits-and-uses/ accessed on June 25th 2018 accessed on June 25th 2018

Vitamin C and Skin Health

http://lpi.oregonstate.edu/mic/health-disease/skin-health/vitamin-C accessed on June 25th 2018

Vitamin A and Skin Health

http://lpi.oregonstate.edu/mic/health-disease/skin-health/vitamin-A accessed on June 25th 2018

 

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Widya Citra Andini
Tanggal diperbarui 7 hari lalu
x