home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Yakin Kulit Anda Sehat? Sudah Penuhi Syarat-Syarat Ini Belum?

Yakin Kulit Anda Sehat? Sudah Penuhi Syarat-Syarat Ini Belum?

Punya struktur kulit sehat merupakan impian semua orang. Namun, tahukah Anda seperti apa kulit yang sehat itu? Apakah kulit selalu harus putih bersih? Untuk tahu jawabannya, pelajari beberapa perbedaan antara kulit yang sehat terawat dan yang tidak berikut.

Ciri-ciri antara kulit sehat dan yang tidak sehat

Sumber: Ageless Derma

Pada dasarnya, kulit yang menyehatkan itu bebas dari berbagai masalah atau tanda yang tidak normal. Penting bagi Anda untuk tahu apakah kulit Anda sehat atau tidak. Pasalnya, ini akan membantu Anda untuk mendapatkan produk perawatan kulit yang tepat.

Terdapat empat komponen penting yang membantu Anda untuk mengukur kesehatan kulit, antara lain di bawah ini.

1. Warna kulit

Meski setiap orang memiliki tipe kulit yang beragam, warna kulit tetap jadi patokan kulit yang sehat. Mau warna kulit Anda hitam, putih, kuning langsat, atau sawo matang, yang penting sebenarnya rona warna kulit Anda harus merata.

Kulit yang bermasalah umumnya ditandai dengan perbedaan warna (pigmentasi) yang menyebar pada permukaan kulit. Misalnya flek cokelat akibat paparan sinar matahari atau noda hitam bekas jerawat.

Jika ada bercak putih belang-belang yang gatal di kulit, ini menandakan penyakit kulit panu. Warna kemerahan pada kulit menjadi tanda kulit mengalami peradangan atau kerusakan.

Rona kulit yang kusam dan lingkaran gelap di sekitar mata juga bisa menandakan bahwa kulit Anda kelelahan dan mengalami dehidrasi.

2. Tekstur kulit

Kulit yang tidak bermasalah sudah pasti akan terasa kenyal, lembut, dan halus. Jika Anda merasakan kulit kasar seperti ada benjolan-benjolan kecil; mengering dan berkeriput; atau mengendur, ini menandakan bahwa kulit Anda bermasalah.

Biasanya kulit kasar disebabkan oleh jerawat, bekas luka, komedo, keriput, atau iritasi.

Ragam Perawatan Kulit yang Justru Bikin Muka Berjerawat

3. Kulit lembap

Kulit yang sehat sudah pasti terasa lembap karena artinya asupan air untuk kulit terpenuhi. Air menjaga keseimbangan sebum di permukaan kulit sehingga mencegah munculnya jerawat atau kulit berminyak, serta berperan penting dalam produksi kolagen.

Kulit yang kekurangan air bisa terasa kering sehingga muncul tanda-tanda penuaan kulit yang lebih cepat dari seharusnya. Kulit kering biasanya mudah gatal dan bersisik atau mengelupas.

4. Sensasi pada kulit yang sehat

Ciri-ciri kulit ini yaitu tidak akan timbul sensasi aneh atau tidak nyaman pada kulit. Sebaliknya, jika kulit Anda bermasalah, mungkin Anda akan merasakan gatal, sensasi panas terbakar, atau kencang seperti tertarik.

Sensasi tersebut biasanya muncul akibat penggunaan produk perawatan kulit atau kosmetik yang terlalu keras bagi kulit Anda.

Zat yang sifatnya terlalu keras bisa menimbulkan reaksi seperti perubahan warna dan menimbulkan sensasi tidak nyaman pada kulit. Sebaiknya hentikan pemakaian produk agar kulit tidak semakin rusak.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Abbas, S., Goldberg, J. W., & Massaro, M. (2004). Personal cleanser technology and clinical performance. Dermatologic therapy, 17 Suppl 1, 35–42. https://doi.org/10.1111/j.1396-0296.2004.04s1004.x

Wolf, R., Wolf, D., Rudikoff, D., & Parish, L. C. (2010). Nutrition and water: drinking eight glasses of water a day ensures proper skin hydration-myth or reality?. Clinics in dermatology, 28(4), 380–383. https://doi.org/10.1016/j.clindermatol.2010.03.022

Dark circles under the eyes – DermNet NZ. Dermnetnz.org. (2021). Retrieved 10 March 2021, from https://www.dermnetnz.org/topics/dark-circles-under-the-eyes/

Dark circles under eyes – Mayo Clinic. Mayoclinic.org. (2021). Retrieved 10 March 2021, from https://www.mayoclinic.org/symptoms/dark-circles-under-eyes/basics/definition/sym-20050624

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui 4 minggu lalu
Ditinjau secara medis oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum