3 Bahan Alami untuk Menebalkan Alis yang Tersedia di Dapur Anda

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 07/01/2018
Bagikan sekarang

Di luar fungsi sebagai ‘tirai’ penyaring keringat, debu, dan kotoran agar tidak masuk ke dalam mata, alis juga berfungsi untuk menegaskan ekspresi sekaligus penanda pengenalan wajah. Alis yang tebal dan rapi dapat memperindah penampilan Anda. Nah daripada merogoh kocek dalam-dalam untuk sulam alis, ada beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan di rumah untuk menebalkan alis Anda. Apa saja? Berikut jawabannya.

Cara alami menebalkan alis dengan bahan di dapur Anda

1. Minyak alami

Menebalkan alis secara alami bisa Anda lakukan di rumah menggunakan beberapa minyak alami, seperti minyak kelapa, minyak lavender, dan minyak tea tree. Minyak tea tree diduga mempertebal rambut dengan cara melembabkan sel-sel rambut. Beragam pilihan minyak alami ini diperkaya oleh protein, vitamin A dan E, asam lemak, dan antioksidan yang memberi nutrisi pada folikel rambut dan meningkatkan pertumbuhan alis. Selain menebalkan alis, kandungan vitamin E dan zat besi dalam minyak kelapa juga membuat warna alis Anda menjadi lebih gelap. 

Cara menggunakannya terbilang mudah. Anda cukup mengoleskan minyak alami pilihan Anda secara merata pada alis sebelum tidur. Pijat lembut alis Anda selama beberapa menit. Diamkan hingga esok pagi Anda bangun, lalu bilas dengan air hangat hingga bersih. Lakukan ini secara rutin untuk mendapat hasil yang maksimal.

2. Lidah buaya

Lidah buaya dapat meningkatkan sirkulasi darah pada area tertentu. Ketika Anda gunakan pada rambut dan kulit kepala, aliran darah meningkat ke area tersebut dan rambut rontok serta patah dapat berkurang. Selain itu, lidah buaya juga mengandung vitamin A, C, dan E yang dapat mendukung pertumbuhan sel rambut dan membuat rambut Anda berkilau. 

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya segar secara merata pada kedua sisi alis. Diamkan selama 25 sampai 30 menit, atau Anda bisa mengoleskannya sebelum tidur dan didiamkan semalaman. Setelah itu bilas dengan air hangat hingga bersih. Lakukan ini secara rutin untuk mendapatkan alis yang Anda inginkan.

3. Kuning telur

Kuning telur mungkin dapat membantu membuat alis Anda menjadi lebih tebal. Peneliti menemukan suatu kaitan antara vitamin A, vitamin E, biotin, dan asam folat dengan pertumbuhan rambut. Semua zat ini terdapat pada kuning telur.

Cara menggunakan kuning telur untuk menebalkan alis adalah dengan mengoleskannya pada alis secara merata dan diamkan selama 15 sampai 20 menit. Lalu bilas dengan air dingin hingga bersih.

Pastikan Anda tidak alergi terhadap bahan-bahan tersebut

Namun sayangnya belum banyak penelitian yang dapat membuktikan keefektifan dari bahan-bahan tersebut terhadap pertumbuhan rambut. Meskipun demikian, sejauh ini tidak penggunaannya tidak berbahaya selama Anda tidak memiliki alergi terhadap minyak-minyak tersebut. Untuk itu, jika Anda ingin mencobanya, oleskan terlebih dahulu sebagian kecil bahan-bahan tersebut ke kulit tangan Anda dan perhatikanlah apakah terjadi reaksi alergi. Hindari pemakaian bila muncul reaksi alergi.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Fungsi Alis Mata Plus Tips Jitu Merawatnya Supaya Tetap Sehat

Adanya alis bukan hany sebagai pelengkap kecantikan wajah Anda. Sebenarnya apa fungsi alis mata dan bagaimana cara merawatnya? Simak ulasannya berikut ini.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji

Perawatan yang Wajib Dilakukan Setelah Microblading Alis

Setelah melakukan microblading alis, berikut beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk mencegah infeksi dan menjaga ketahanan efek perawatan.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini

Berapa Lama Efek Microblading Alis Bisa Bertahan dan Awet?

Microblading menjadi salah satu cara mempercantik alis agar rapih tapi tetap terlihat natural. Namun, microblading alis efeknya tidak permanen.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini

Alis Gatal Karena Ada Ketombe? 4 Hal Ini Mungkin Jadi Penyebabnya

Bukan lagi hanya pada rambut dan kulit kepala saja, ketombe juga bisa hadir di alis. Lantas, apa penyebab adanya ketombe di alis?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri

Direkomendasikan untuk Anda

alis berketombe

4 Cara Mencegah Sekaligus Mengatasi Ketombe di Alis

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 11/07/2019
perawatan alis

5 Cara Mudah Merawat Alis Agar Tetap Sehat dan Tak Mudah Rontok

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 18/03/2019
Cendo lyteers

Cendo Lyteers

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 04/03/2019
mengatasi alis gatal

Lakukan Beberapa Cara Ini Jika Rasa Gatal di Alis Tak Kunjung Hilang

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 16/02/2019