Membersihkan Makeup Hanya dengan Tisu Pembersih, Cukup atau Tidak?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 27/02/2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Setelah menghadiri acara di malam hari, terkadang Anda malas melakukan sederet prosedur untuk membersihkan wajah dari make up. Sebagai solusinya, industri kecantikan pun kembali melakukan inovasi dengan menciptakan produk berupa remover wipes atau tisu pembersih yang diklaim bisa menghapus makeup dengan lebih praktis.

Namun, apakah itu cukup dan efektif untuk membersihkan makeup?

Cukupkah membersihkan makeup hanya dengan tisu pembersih?

tisu pembersih vagina

Mungkin masih ada sebagian dari Anda yang berpikir bahwa formula dalam tisu pembersih sudah cukup untuk membersihkan wajah dari makeup secara keseluruhan.

Memang, tisu pembersih dapat memudahkan Anda saat menghapus polesan make up dan sisa-sisa  debu yang berdampak pada kulit wajah. Tisu ini juga sangat mudah digunakan dan bisa dibawa ke mana-mana. Membuat tisu pembersih menjadi produk yang tepat bagi Anda yang ingin lebih ringkas saat bepergian ke luar kota.

Sayangnya, penggunaan tisu saja tidak akan cukup untuk membersihkan wajah Anda secara menyeluruh. Salah satu kelemahannya, tisu ini tidak dapat membersihkan maskara yang bersifat tahan air. Tisu ini juga tidak dapat menghilangkan minyak berlebih. Oleh karena itu, Anda tetap harus melakukan prosedur perawatan wajah yang lain seperti mencuci dengan sabun dan air setelahnya.

Sebetulnya, bahan-bahan yang ada dalam tisu pembersih makeup juga ditemukan pada produk pembersih lainnya. Beberapa di antaranya adalah zat surfaktan yang berfungsi untuk menghilangkan makeup serta bahan pelarut dan pengemulsi yang bantu mengangkat kulit mati.

Ketika dibiarkan dan tidak dibersihkan kembali dengan air, sisa-sisa kotoran dan minyak yang menempel di wajah akan berpadu dengan bahan-bahan yang masih aktif tersebut. Hasilnya, berbagai masalah seperti komedo dan jerawat akan muncul.

Dr. Craig Kraffert, seorang dermatolog, menyampaikan pada wawancaranya bersama Huffington Post bahwa terdapat kandungan pengawet dalam tisu pembersih yang membuatnya lebih tahan lama untuk penyimpanan dalam jangka panjang. Dengan alasan inilah pemakaian tisu pembersih tidak disarankan secara rutin karena dapat menyebabkan iritasi atau bahkan reaksi alergi kosmetik.

Selain itu, beberapa produk tisu pembersih makeup juga mengandung alkohol. Bila Anda memiliki kulit yang sensitif, bahan ini akan memberi efek menyengat pada wajah yang kerap membuat Anda merasa tak nyaman.

Tidak hanya tentang kandungannya, gesekan wajah dengan tisu yang terlalu keras bisa saja menimbulkan luka pada wajah. Kesimpulannya, penggunaan tisu pembersih tidak cukup efektif, baik untuk kebersihan maupun kesehatan kulit Anda.

Cara menggunakan tisu pembersih dengan tepat

cara cuci muka yang benar

Meski kebanyakan efeknya tak baik untuk kulit Anda, tisu pembersih makeup tidak sepenuhnya buruk. Hanya saja, penggunaannya juga harus tetap didampingi dengan produk pembersih lainnya.

Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda lakukan:

  • Basuh muka dengan air setelah menggunakan tisu pembersih makeup untuk menghilangkan sisa-sisa kotoran dan cairan dari produk tisu.
  • Hindari menggunakan tisu di sekitar mata dan bibir, kulit di area ini lebih sensitif dibanding dengan yang lainnya.
  • Jika Anda memiliki jenis kulit kering atau kombinasi, gunakan pelembab setelah pemakaian tisu pembersih makeup.
  • Pilih produk tisu yang tidak mengandung pewangi dan bahan pengawet seperti zat pelepas formaldehida

Anda juga dapat menggunakan pilihan lain untuk membersihkan wajah seperti cleansing oils yang akan memudahkan pembersihan makeup dengan sifatnya yang dapat melarutkan maskara dan eyeliner, krim pembersih yang memiliki efek melembabkan, serta micellar water yang aman bagi wajah sehingga dapat membersihkan sisa-sisa minyak berlebih.

Perlu diingat bahwa cara terbaik untuk memastikan kulit wajah benar-benar bersih dari makeup adalah dengan melakukan perawatan yang bertahap dan tidak mengandalkan satu jenis prosedur saja.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

8 Rahasia Wanita Agar Tampil Cantik Alami, Luar dan Dalam!

Bila mau tampil cantik alami, kuncinya adalah menjaga kesehatan, bukannya menggunakan makeup tebal atau operasi macam-macam.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Hidup Sehat, Kecantikan 26/04/2018 . Waktu baca 5 menit

Hobi Mencoba Tester Makeup? Pikirkan Dulu Risiko Kesehatan Ini, Ya!

Anda sering coba tester makeup? Sebenarnya, mencoba produk makeup sebelum membelinya adalah hal yang wajar. Namun waspada, hal ini bisa bikin Anda infeksi.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Kecantikan 15/12/2017 . Waktu baca 4 menit

Begini Cara yang Benar Menyimpan Produk Skincare Agar Tak Cepat Rusak

Cara menyimpan produk skincare yang keliru dapat mengurangi efektivitasnya. Berikut adalah tips penyimpanan skincare dan kosmetik di rumah.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andina Dewanty
Hidup Sehat, Kecantikan 06/10/2017 . Waktu baca 4 menit

Benarkah Pakai Makeup Saat Olahraga Bisa Bikin Jerawatan?

Apakah Anda termasuk yang sering pakai makeup saat olahraga? Benarkah kebiasaan ini bisa membuat kulit jadi jerawatan? Simak penjelasannya berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Penyakit Kulit, Jerawat, Health Centers 06/04/2017 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara membersihkan make up

Tips Membersihkan Makeup Agar Wajah Bersih Bebas Jerawat

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 17/01/2020 . Waktu baca 4 menit
tips makeup wajah berkeringat

5 Tips Aman Berdandan Bagi Wajah yang Mudah Berkeringat

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 22/11/2019 . Waktu baca 4 menit
cuci muka

Kesalahan Saat Cuci Muka yang Sering Tidak Disadari

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 18/09/2018 . Waktu baca 4 menit
mengganti makeup

Kapan Tanda-Tanda Makeup Harus Pensiun dan Diganti yang Baru?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 18/09/2018 . Waktu baca 4 menit