Tembaga adalah salah satu zat mineral yang dibutuhkan tubuh. Tembaga dapat ditemukan dalam sumber makanan sehat, seperti hati sapi, jamur, gandum utuh, kacang dan biji-bijian, dark chocolate, hingga kerang laut. Dalam tubuh, tembaga membantu produksi sel darah merah, memelihara fungsi saraf, dan menjaga sistem imun tetap bekerja optimal. Selain untuk kesehatan tubuh, ternyata kulit wajah Anda juga dapat meraup segudang manfaat tembaga untuk menjaganya tetap sehat berkilau.

Apa saja fungsi tembaga dalam dunia kecantikan?

Beragam manfaat tembaga, dari makanan atau dari produk skincare, untuk menjaga kecantikan kulit wajah

Selain dari asupan makanan, saat ini makin banyak produk skincare yang mengandung mineral tembaga. Mineral ini dapat Anda temukan di krim wajah anti-aging, concealer, pelembap kulit, serum wajah, dan berbagai produk kecantikan kulit lainnya. Anda hanya perlu mencari nama copper peptides di label komposisi produknya. Memang, apa manfaat tembaga untuk kulit?

Sebuah penelitan yang diterbitkan dalam jurnal Current Chemical Biology melaporkan bahwa salah satu fungsi tembaga dalam tubuh adalah membantu pembentukan kolagen. Kolagen adalah protein yang diproduksi tubuh untuk membuat kulit tetap elastis dan lentur. Kolagen juga berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit.

Sayangnya, kadar kolagen akan terus berkurang seiring bertambahnya usia. Paparan terhadap sinar matahari dan zat polusi juga dapat menghambat produksi kolagen. Demikian pula dengan kebiasaan merokok dan minum alkohol. Ketika tubuh kekurangan kolagen, kulit akan mulai mengendur, menampakkan garis-garis halus serta keriput, serta mudah mengelupas. Selulit juga rentan muncul di permukaan kulit jika tubuh Anda kekurangan kolagen.

Nah, produk perawatan kulit yang mengandung tembaga bisa membantu menyuplai kolagen, meski hanya sebatas pada permukaan atas kulit. Selain itu, produk kecantikan yang mengandung copper peptides juga dapat membantu mengatasi jerawat dan iritasi kulit akibat psoriasis. Copper juga sering digunakan untuk membantu penyembuhan kulit pasca operasi.

Tak cuma untuk kecantikan wajah, tembaga juga dapat menjaga keindahan rambut

Hebatnya, fungsi tembaga untuk tubuh manusia tidak hanya berhenti sampai di situ saja. Dalam tubuh, tembaga bertindak sebagai antioksidan yang bekerja sama dengan zink untuk membentuk sebuah enzim bernama superoxide dismutase (SOD). SOD dapat mencegah kerusakan sel dan DNA akibat radikal bebas.

Asupan tembaga dapat memelihara rambut agar tetap sehat, berkilau, dan tidak mudah rapuh atau rontok. Pasalnya, selain merangsang produksi kolagen untuk kulit, tembaga juga merangsang kolagen untuk mendukung pertumbuhan dan kekuatan setiap helai rambut.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca