Apakah Aman Pakai Dermaroller Sendiri di Rumah?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Dermaroller adalah salah satu perawatan kulit yang sedang naik daun dalam beberapa tahun terakhir. Perawatan satu ini banyak diminati karena dipercaya efektif membuat kulit wajah tampak lebih awet muda. Bahkan dibanding dengan perawatan wajah lainnya, dermaroller dinilai cenderung lebih aman karena lebih minim risiko. Lantas, apa itu dermaroller dan bagaimana cara kerjanya? Cari tahu jawabannya di sini.

Apa fungsi dermaroller?

Dermaroller adalah sebuah alat khusus yang digunakan untuk membantu mengatasi berbagai masalah kulit dengan cara merangsang produksi kolagen. Alat ini berbentuk roller alias roda yang permukaannya diselimuti ratusan jarum yang sangat kecil.

Dalam dunia medis, alat ini digunakan oleh dokter kulit (dermatolog) untuk prosedur microneedlingPanjang jarum pada alat ini dapat berbeda-beda, namun, umumnya berkisar antara 0,25 mm sampai 1,5 mm.

Secara umum, dermaroller digunakan oleh dokter kulit untuk membantu:

Bagaimana cara kerja dermaroller?

efek samping microneedling

Dokter menggunakan dermaroller untuk memicu luka kecil pada wajah Anda. Meski terdengar seram, teknik ini tidak akan menimbulkan rasa sakit. Pasalnya, dokter akan memberikan obat bius lokal pada area wajah Anda sebelum prosedur dilakukan.

Setelah memberikan obat bius, dokter mulai menggelindingkan dermaroller pada area kulit Anda yang bermasalah. Nah, jarum-jarum yang terdapat pada alat ini nantinya akan melukai kulit, sehingga merangsang tubuh Anda untuk memperbaiki area yang luka tersebut. Pada proses perbaikan inilah, produksi kolagen dan regenerasi kulit baru akan terjadi. Alhasil area kulit yang tadinya rusak karena bekas luka atau jerawat akan ikut diperbaiki.

Dokter biasanya akan memberikan serum wajah setelah prosedur selesai. Adanya luka-luka kecil akibat penggunaan alat ini ternyata memudahkan penyerapan serum dan vitamin yang diberikan dokter, sehingga proses peremajaan kulit Anda pun dapat berlangsung lebih cepat.

Beberapa efek samping yang mungkin Anda akan mengalami setelah melakukan prosedur ini adalah iritasi kulit. Kulit Anda juga mungkin akan tampak kemerahan, bengkak, dan perih selama beberapa hari. Jangan khawatir karena berbagai efek samping ini adalah hal yang normal. Biasanya dokter akan meresepkan krim khusus untuk meringankan efek samping setelah penggunaan dermaroller. 

Amankah pakai dermaroller di rumah?

microneedling
Sumber: Reader’s Digest

Jika sebelumnya alat ini hanya dapat ditemukan pada klinik-klinik kecantikan, kini dermaroller sudah banyak dijual bebas di pasaran dengan harga yang bervariasi. Namun, amankah pakai alat ini sendiri di rumah?

Anda memang dapat menggunakan alat ini sendiri di rumah. Namun, penggunaannya tak boleh sembarangan. Selain tidak aman untuk semua orang, penggunaan alat ini juga membutuhkan ketelitian tingkat tinggi. Jika tidak berhati-hati ketika menggunakan alat ini, maka bukan tidak mungkin kulit Anda justru semakin bermasalah atau rusak.

Jadi, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, ada baiknya Anda melakukan perawatan ini di klinik yang menyediakan jasa profesional terlatih dan di bawah pengawasan dokter.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca