Mineral Makeup: Apa Bedanya Dengan Makeup Biasa?

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 16/05/2020
Bagikan sekarang

Pernahkah Anda mendengar tentang mineral makeup? Ya, saat ini banyak sekali produk kecantikan, misalnya bedak wajah, yang mengklaim termasuk ke dalam mineral makeup. Sebenarnya apa itu mineral makeup? Semua bermula dengan kata ‘alami’. Penasaran?

Sejarah mineral makeup

Mineral makeup adalah makeup yang termasuk ke dalam produk yang diklaim aman, alami dan organik. Jenis makeup ini ditemukan pada tahun 1970-an dengan tujuan membuat riasan tampak lebih alami. Namun, ternyata makeup ini telah digunakan dari jaman dahulu kala. Budaya kuno sudah menggunakan mineral alami untuk diaplikasikan pada kulit, sebagai kamuflase dan cat untuk perang.

Lalu, pada tahun 1976, Diane Ranger, seorang ahli kimia kosmetik, menciptakan kosmetik mineral pertama. Tujuannya ia merasa perlu adanya makeup dengan bahan-bahan alami. Selain itu, ketika diaplikasikan akan terlihat natural, tidak berat. Makeup ini semakin terkenal dan diminati karena banyak orang dengan jenis kulit sensitif merasa jenis makeup ini sangat tepat untuk mereka.

Apa itu mineral makeup?

Kandungan apa saja yang ada di dalam mineral makeup sehingga ia bisa diklaim alami? Iron oxides, talc, zinc oxide, dan titanium dioxide adalah kandungan yang terdapat dalam mineral makeup. Zat-zat tersebut telah dijadikan dalam bentuk mikro atau diurai sehingga menjadi partikel kecil untuk membuat makeup.

Iron dioxide merupakan komponen yang terbentuk dari besi dan oksigen, kegunaan senyawa ini adalah untuk menciptakan warna pada makeup. Talc adalah komponen yang sering kita dengar di bahan-bahan kosmetik. Biasanya tak hanya ditemukan pada kosmetik, mineral lembut ini juga ditemukan pada makanan dan obat. Mineral ini terbuat dari magnesium, silikon, dan oksigen. Jika bahan ini ditemukan pada bedak, ia akan menyerap kelembapan, mencegah kulit jadi berminyak dan mencegah ruam. Sedangkan zinc dioxide juga memiliki manfaat untuk mencegah iritasi kulit dan membantu penyembuhan kulit iritasi. Mineral makeup semakin lengkap ketika ada kandungan titanium dioxide, fungsi dari komponen ini adalah sebagai pelindung dari sinar matahari, mengurangi risiko iritasi dan kemerahan akibat sinar matahari.

Apa bedanya mineral makeup dengan makeup biasa?

Penting untuk diketahui bahwa setiap produk mineral makeup akan memiliki bentuk mikro yang berbeda-beda dari komponen di atas. Produk yang dibentuk mikro sebanyak 12 kali akan menciptakan ukuran partikel yang baik sehingga lebih menutupi kekurangan pada wajah. Perbedaannya dengan makeup lain, mineral makeup tidak mengandung minyak emolien, pewangi, serta bahan pengawet. Perlu diketahui juga bahwa pewangi dan bahan pengawet sering menyebabkan iritasi pada kulit.

Setelah Anda membaca beberapa fakta di atas, mungkin Anda tertarik untuk beralih pada mineral makeup. Sebelum membelinya, yang perlu Anda perhatikan adalah label bahan-bahan pada mineral makeup itu sendiri. Jika Anda membeli makeup berbentuk cair (liquid) atau mousse, kemungkinan produk ini akan mengandung bahan paraben atau dimethicone yang digunakan untuk menghaluskan teksturnya, selain itu juga ada tambahan pelembap, vitamin antioksidan, dan lain-lain.

Apakah mineral makeup lebih baik untuk kulit?

Setelah melihat kandungan serta fungsinya, mineral makeup juga memiliki klaim menghilangkan jerawat, serta masalah kulit seperti eksim. Bahan zinc dapat meredakan peradangan, namun tidak menyembuhkan secara keseluruhan. Minimnya bahan-bahan kimia seperti yang ditemukan pada makeup konvensional, membawa kelebihan berupa berkurangnya penyumbatan pori-pori, sehingga jerawat pun akan berkurang. Namun, perlu digarisbawahi, jika Anda mengaplikasikan mineral makeup ini dengan makeup lainnya, fungsi tersebut jadi tidak ampuh. Contohnya Anda memakai bedak dengan klaim mineral makeup, namun sebelum memakai bedak, Anda menggunakan sunscreen, lalu pelembap, alas bedak dan bedak, hal ini tetap bisa menyebabkan penyumbatan.

Memang mineral makeup tidak membuat jerawat menjadi lebih baik, namun cukup tidak membuat jerawat memburuk juga. Klaim lainnya adalah pelindung dari sinar UV. Anda perlu ingat bahwa tidak ada kosmetik yang bisa memiliki SPF cukup untuk melindungi Anda sepenuhnya dari sinar matahari. Tapi, pada mineral makeup, SPF tersebut merupakan kelebihan ekstra, sebab ketika Anda tidak memiliki waktu untuk mengaplikasikan pelembap atau sunscreen, Anda bisa membubuhkan bedak mineral dengan SPF tersebut.

Mineral makeup ini dipercaya lebih ringan, sehingga ada asumsi dapat dibawa tidur. Namun, Francesca Fusco, MD, dermatologis, yang dikutip webMD,  menolak asumsi tersebut, menurutnya Anda tetap harus membersihkan makeup sebelum tidur. Kandungannya memang tidak seperti makeup lain, seperti tidak ada polimer tahan air, jadi mungkin tidak akan tahan lama seperti makeup lainnya. Kekurangannya adalah warna yang mineral makeup ini terbatas, jadi mungkin Anda akan kesulitan menemukan yang cocok dengan warna kulit Anda.

BACA JUGA:

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Cara yang Salah untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Mengoleskan vitamin E bukannya menghilangkan bekas jerawat, tapi malah akan menghambat proses penyembuhannya, bahkan memicu dermatitis.

Ditulis oleh: Hello Sehat Medical Review Team

Dua Metode Menghilangkan Noda Merah Bekas Jerawat

Saat jerawat hilang, bukan berarti masalah selesai. Masih ada noda merah yang mengganggu selama berminggu-minggu ke depan. Begini menghilangkannya.

Ditulis oleh: Hello Sehat Medical Review Team

7 Perawatan Kulit yang Ampuh Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat

Timbul bopeng bekas jerawat di wajah memang mengganggu penampilan. Tapi tenang, berikut cara menghilangkan bopeng bekas jerawat yang ampuh.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri

Double Cleansing Setiap Hari, Kunci Kulit Selalu Bersih dan Sehat

Banyak wanita yang belum menyadari pentingnya melakukan double cleansing setiap hari. Apa saja manfaat dari teknik double cleansing? Simak artikel berikut.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Shylma Na'imah

Direkomendasikan untuk Anda

cara pakai sheet mask

Tips Pakai Sheet Mask Agar Manfaatnya Maksimal

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 27/01/2020
cara membersihkan make up

Tips Membersihkan Makeup Agar Wajah Bersih Bebas Jerawat

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 17/01/2020
skin care tidak bekerja

5 Hal yang Menyebabkan Rejime Skincare Anda Tidak Efektif

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 06/01/2020
aha bha dan vitamin c

Bolehkan AHA BHA dan Vitamin C Digunakan Bersamaan?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Dipublikasikan tanggal: 20/11/2019