5 Ramuan Alami untuk Mengatasi Kulit Kering

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15/11/2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Banyak krim dan pelembap di pasaran yang digadang-gadang dapat mengatasi kulit kering. Namun kebanyakan produk biasanya dibanderol dengan harga mahal dan mengandung bahan kimia yang belum tentu cocok untuk semua orang.

Alternatifnya, Anda bisa menggunakan pengobatan rumahan. Selain murah, bahan-bahan alami ini juga sudah banyak diteliti ilmuwan dan lebih efektif dalam menutrisi dan melembapkan kulit kering agar kembali menjadi sehat. Apa saja itu? Berikut adalah 9 ramuan alami yang bisa Anda buat sendiri di rumah untuk merawat dan mengatasi kulit kering Anda.

Merawat dan mengatasi kulit kering dengan bahan alami

1.Olive oil

extra virgin olive oil

Olive oil alias minyak zaitun mengandung banyak antioksidan dan asam lemak yang baik untuk kulit. Minyak ini memberikan efek tenang bisa mengatasi kulit kering di seluruh tubuh Anda.

Cara menggunakannya:

Untuk mengatasi kulit wajah kering, oleskan sedikit minyak zaitun sebelum menggunakan pelembap yang biasa Anda pakai. Untuk tubuh, pakai minyak zaitun pada bagian yang kering sekitar setengah jam sebelum mandi.

Gosokkan minyak zaitun di tangan dan kaki Anda dan area kulit kering lain kemudian pijat perlahan. Sehabis itu, silakan mandi kemudian pakaikan lagi body lotion yang ringan.

2. Susu

minum susu saat sahur

Susu memiliki kandungan anti peradangan serta memberi sensasi menenangkan pada kulit yang bisa membantu menyembuhkan kulit kering dan gatal-gatal. Ditambah, asam laktat pada susu juga berfungsi meremajakan sel kulit mati dan meningkatkan kemampuan kulit untuk melembapkan. Susu juga dapat membantu Anda mencerahkan kulit.

Cara menggunakannya:

Celupkan kain lap bersih di susu dingin dan usapkan pada kulit kering Anda selama 5 hingga 7 menit. Perlahan cuci susunya dengan lap lain yang telah dicelupkan ke air hangat. Dengan cara ini kulit Anda akan mendapat pelembap alami. Lakukanlah setiap hari.

Tambahkan beberapa tetes air mawar dan jus lemon ke 4 sendok makan susu. Balurkan ramuan ini ke seluruh tubuh Anda. Diamkan selama 10 menit kemudian bilas tubuh Anda dengan air dingin. Lakukan pengobatan ini 2 kali sehari setiap hari.

3. Madu

manfaat madu

Madu dianggap sebagai salah satu pelembap alami terbaik yang mengandung antioksidan, anti mikroba, serta, membantu mengunci kelembapan dalam kulit Anda sehingga terlihat lebih halus dan lembut. Ditambah lagi, madu memiliki banyak vitamin dan mineral yang dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit.

Cara menggunakannya:

Sebelum mandi, oleskan madu ke seluruh tubuh atau wajah dan biarkan selama 5 hingga 10 menit. Ulangi setiap hari dan nikmati kulit yang lembap.

4. Minyak kelapa

minyak kelapa untuk rambut

Minyak kelapa adalah minyak alami yang bagus untuk perawatan mengatasi kulit kering.  Kandungan asam lemaknya membuatnya dapat melembapkan kulit.

Cara menggunakannya:

Balurkan minyak kelapa murni ke bagian tubuh yang kering sebelum tidur. Cucilah di pagi hari. Lakukan ini setiap hari untuk membuat kulit Anda halus dan lembut.

Gunakan juga minyak kelapa pada kulit kering Anda setelah mandi. Ketika kulit masih hangat dan kenyal setelah mandi, minyak kelapa dapat lebih mudah diserap.

5. Lidah buaya

jus lidah buaya

Lidah buaya memiliki kandungan antiseptik, antifungal, dan sensasi sejuk. Selain itu,  gel lidah buaya juga bisa membantu mengatasi kuli t kering,gatal iritasi, dan mencegah kulit pecah-pecah.

Cukup sediakan gel lidah buaya asli, ini sudah bisa menjadi treatment alami harian yang akan melembapkan kulit membuat lapisan perlindungan alami kulit dari kotoran.

Cara menggunakannya:

  • Potong dan belah lidah buaya segar dan keluarkan gelnya
  • Oleskan gelnya ke kulit kering Anda. Biarkan selama 10 hingga 15 menit.
  • Bilas dengan air hangat dan lakukan 2 kali sehari.

Cobalah metode pengobatan ini untuk menghilangkan rasa tidak nyaman yang disebabkan oleh kulit kering dan untuk mengembalikan kelembutan alami serta tekstur halus kulit.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Tips Mencegah Ruam Popok Pada Pantat Bayi

Eits, kata siapa semua bayi pasti pernah kena ruam popok? Dengan cara-cara berikut, Anda bisa mencegah ruam popok pada si buah hati, lho.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Bayi, Perawatan Bayi, Parenting 25/06/2020 . Waktu baca 4 menit

Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Camilan yang gurih memang menggoda. Namun, sebaiknya mulai ganti camilan Anda dengan kacang almond, terutama untuk penderita hipertensi.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hipertensi, Health Centers 25/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Apakah Anda Termasuk Orang yang Cukup Bersih? Cek Dulu di Sini!

Selama ini Anda sudah mahir menjaga kebersihan diri atau belum? Ini dia tips-tips supaya tubuh selalu bersih dan bebas dari penyakit.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Hidup Sehat, Tips Sehat 22/06/2020 . Waktu baca 5 menit

7 Hal yang Paling Sering Ditanyakan Tentang Kolesterol

Kadar kolesterol tinggi bisa menghantui siapa pun. Pelajari sekarang juga apa itu kolesterol dan semua pertanyaan seputar kolesterol yang sering diajukan.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 22/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

manfaat bersepeda

Yuk, Ketahui Beragam Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit
kelopak mata bengkak, apa penyebabnya

Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit
anak disunat

Umur Berapakah Sebaiknya Anak Laki-laki Disunat?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 07/07/2020 . Waktu baca 4 menit
gejala penyakit yang diacuhkan

8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 03/07/2020 . Waktu baca 4 menit