Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

2

ask-doctor-icon

Tanya Dokter Gratis

Kirimkan pertanyaan atau pendapatmu di sini!

5 Manfaat Masker Teh Hijau untuk Kulit Bersih, Mulus, dan Sehat

    5 Manfaat Masker Teh Hijau untuk Kulit Bersih, Mulus, dan Sehat

    Teh hijau ternyata tidak hanya untuk dikonsumsi, melainkan juga dapat diolah menjadi produk perawatan wajah, yaitu masker wajah alami. Apa saja ya manfaat yang ditawarkan oleh masker teh hijau? Simak ulasannya di bawah ini!

    Manfaat yang ditawarkan oleh masker teh hijau

    khasiat teh hijau untuk rematik

    Teh hijau merupakan teh yang dibuat dari tanaman bernama Camella sinensis dan ribuan tahun lamanya digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi beberapa penyakit.

    Kandungan antioksidan tinggi di dalamnya membuat teh hijau cukup terkenal di dunia pengobatan tradisional. Bahkan, teh ini juga disebut-sebut bisa memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan wajah dengan mengolahnya menjadi masker.

    Ini dia beberapa khasiat yang ditawarkan oleh masker teh hijau.

    1. Membantu mencegah risiko kanker kulit

    matcha vs teh hijau baik mana

    Salah satu manfaat dari masker teh hijau yakni membantu menurunkan risiko kanker kulit. Menurut penelitian dari Archives of Biochemistry and Biophysics, kandungan polifenol dalam teh hijau cukup bermanfaat untuk mencegah sel kanker.

    Polifenol merupakan senyawa fitokimia yang berasal dari tanaman dan berfungsi untuk memberikan warna pada makanan. Jika sudah masuk atau diserap oleh tubuh, polifenol berperan sebagai antioksidan dan melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas.

    Oleh karena itu, antioksidan polifenol pada teh hijau telah terbukti dapat menjadi agen antikanker pada manusia dan hewan. Bahkan, penelitian tersebut juga menduga bahwa penggunaan teh hijau dapat mengurangi risiko kanker kulit melanoma.

    2. Melawan penuaan dini

    minyak jojoba untuk melawan keriput

    Manfaat lain dari masker teh hijau yaitu membantu Anda melawan penuaan dini pada kulit. Melansir laman Pacific College of Oriental Medicine, proses pengolahan teh hijau yang cukup lama ternyata membuahkan hasil yang berguna.

    Mulai dari cara daun teh tersebut dipetik, diproses, dikukus, dan dikeringkan, produksi teh hijau berhasil mempertahankan senyawa antioksidan polifenol.

    Tubuh manusia menggunakan oksigen agar tubuh bekerja normal meski memproduksi radikal bebas. Radikal bebas ini bersifat membahayakan untuk sel kulit dan menyebabkan kulit menjadi keriput dan elastisitasnya berkurang.

    Oleh karena itu, polifenol cukup bermanfaat untuk menurunkan risiko penuaan dini akibat radikal bebas. Jenis polifenol pada teh hijau ini adalah salah satu senyawa antioksidan yang efektif menghancurkan radikal bebas dan membantu memperlambat proses penuaan dini.

    Pada saat antioksidan bertemu dengan radikal bebas, senyawa tersebut akan menyerap radikal bebas dan membuatnya lemah serta tidak berbahaya, sehingga tidak merusak tubuh Anda.

    3. Bisa mengurangi iritasi dan kemerahan di wajah

    penyebab wajah merah

    Selain mengandung senyawa antioksidan, teh hijau juga memiliki senyawa yang bersifat anti-peradangan. Maka itu, manfaat masker hijau digunakan untuk mengurangi iritasi pada kulit dan kemerahan di wajah.

    Bahkan, kandungan senyawa anti-peradangan tersebut cukup tinggi karena kandungan katekin yang melimpah. Oleh karena itu, masker teh hijau digunakan untuk membantu mengurangi iritasi kulit, kemerahan, dan pembengkakan.

    Selain karena mengandung komponen anti-peradangan, teh hijau bersifat menenangkan kulit yang sedang mengalami iritasi atau gatal akibat penyakit kulit psoriasis dan rosacea.

    4. Membantu mengatasi jerawat

    penyebab jerawat

    Salah satu penyebab jerawat yang paling umum yaitu hormon. Maka itu, pola makan dan usia turut memengaruhi munculnya hormon tersebut yang membuat jerawat timbul.

    Selain menggunakan obat-obatan untuk mengatasi jerawat, Anda juga bisa memakai manfaat dari masker teh hijau agar jerawat Anda cepat hilang.

    Menurut sebuah penelitian dari jurnal Antioxidants penggunaan teh yang mengandung polifenol secara oral dan topikal bisa digunakan dalam pengobatan jerawat serta pencegahannya.

    Hal ini dikarenakan senyawa polifenol mengurangi produksi minyak atau sebum yang dapat menghasilkan jerawat.

    Bahkan, masker wajah dari teh hijau juga diduga dapat mengontrol pertumbuhan bakteri yang menyebabkan jerawat. Hal tersebut terjadi karena polifenol dalam teh hijau ini juga bisa melawan infeksi dengan merusak membran bakteri.

    5. Melembapkan wajah

    pakai body lotion

    Tidak hanya kaya akan polifenol, teh hijau juga mengandung vitamin lainnya yang baik untuk kulit, seperti vitamin E. Kandungan vitamin E dalam masker teh hijau tersebut berfungsi untuk menutrisi dan melembapkan kulit wajah.

    Hal ini juga dibuktikan melalui sebuah penelitian dari Universa Medicina yang melibatkan para lansia dan tidak menderita penyakit kulit apa pun.

    Di dalam penelitian tersebut menunjukkan bahwa penggunaan pelembap kulit yang mengandung teh hijau dapat meningkatkan tingkat hidrasi pada kulit.

    Oleh karena itu, manfaat masker teh hijau dinilai bisa membantu kulit wajah terasa lebih lembap dan tampak lebih sehat.

    Manfaat masker teh hijau dihasilkan dari senyawa polifenol yang punya sifat antioksidan dan anti-peradangan untuk kulit. Jika Anda ragu pada efek sampingnya, konsultasikan dengan dokter spesialis kulit sebelum menggunakannya.


    Pernah alami gangguan menstruasi?

    Gabung bersama Komunitas Kesehatan Wanita dan dapatkan berbagai tips menarik di sini.


    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    Higuera, V. (2019). 5 Benefits of a Green Tea Face Mask and How to Make One. Healthline. Retrieved 22 November 2019, from https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/green-tea-face-mask#benefits

    Katiyar S. K. (2011). Green tea prevents non-melanoma skin cancer by enhancing DNA repair. Archives of biochemistry and biophysics, 508(2), 152–158. doi:10.1016/j.abb.2010.11.015 Retrieved 22 November 2019

    Pacific College of Oriental Medicine. Green Tea Fight Against Aging. Retrieved 22 November 2019, from https://www.pacificcollege.edu/news/blog/2014/08/03/green-tea-fight-against-aging

    Saric, S., Notay, M., & Sivamani, R. K. (2016). Green Tea and Other Tea Polyphenols: Effects on Sebum Production and Acne Vulgaris. Antioxidants (Basel, Switzerland), 6(1), 2. doi:10.3390/antiox6010002 Retrieved 22 November 2019. 

    Tjandra, O., Wijayadi, L., & Rumawas, M. (2018). Green tea moisturizer improves skin hydration in elderly. Universa Medicina, 37(1), 3. doi: 10.18051/univmed.2018.v37.3-12 Retrieved 22 November, from https://www.researchgate.net/publication/324702422_Green_tea_moisturizer_improves_skin_hydration_in_elderly 

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Nabila Azmi Diperbarui Jul 22, 2021
    Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro
    Next article: