home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

7 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan

7 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan

Selain untuk memasak, minyak kelapa ternyata diklaim menawarkan segudang khasiat bagi kesehatan tubuh. Simak apa saja kandungan dan manfaat minyak kelapa sebagai superfood di bawah ini.

Kandungan minyak kelapa

Minyak kelapa adalah jenis minyak nabati yang dapat digunakan dalam berbagai hal, mulai dari memasak, komposisi kopi, hingga kandungan sampo.

Beberapa tahun terakhir ini minyak kelapa cukup populer karena dianggap berkhasiat bagi kesehatan tubuh.

Berkat kandungan di dalamnya, minyak nabati ini diklaim dapat menghilangkan lemak perut hingga menurunkan risiko penyakit jantung.

Asam lemak jenuh

Pada dasarnya, minyak kelapa mengandung 100% lemak, 80-90 persen diantaranya merupakan lemak jenuh. Hal ini yang membuat minyak kelapa memiliki tekstur lebih kuat pada suhu dingin atau ruangan.

Ada sejumlah jenis asam lemak jenuh pada minyak kelapa, meliputi:

  • asam laurat,
  • asam miristat, dan
  • palmitat.

Ketiga asam lemak tersebut telah terbukti dapat meningkatkan kadar LDL yang berbahaya. Hanya saja, jumlah asam lemak ini cukup sedikit pada minyak kelapa.

Asam lemak tak jenuh

Selain asam lemak jenuh, minyak kelapa mengandung asam lemak tak jenuh yang menawarkan segudang manfaat bagi kesehatan.

Meski hadir dalam jumlah kecil, kandungan ini yang membuat minyak kelapa cukup populer.

Sementara itu, minyak kelapa tidak mengandung kolesterol, serat, dan hanya sedikit vitamin, mineral, serta sterol.

Sterol pada tumbuhan mempunyai struktur kimia yang mirip dengan kolesterol darah. Hal ini bisa membantu menghambat penyerapan kolesterol.

Namun, kandungan sterol yang terdapat pada beberapa sendok minyak kelapa cukup kecil sehingga tidak bisa membantu menurunkan kadar kolesterol berlebih.

Manfaat minyak kelapa

minyak kelapa memengaruhi testosteron

Penggunaan minyak kelapa kini telah mendunia. Tidak hanya di negara tropis, negara seperti Amerika Serikat, Kanada, dan Australia pun mengambil khasiat dari minyak kelapa.

Berikut berbagai manfaat minyak kelapa yang membuatnya cukup populer di seluruh dunia.

1. Meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL)

Salah satu manfaat minyak kelapa yaitu dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Hal ini dapat diperoleh berkat kandungan trigliserida rantai menengah (MCT) di dalam minyak kelapa.

Senyawa pada minyak kelapa ini telah terbukti dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik. Hanya saja, khasiat ini baru ditemukan di penelitian dengan skala kecil.

Meski begitu, beberapa ahli juga melihat bahwa efek minyak kelapa extra virgin terhadap kolesterol mungkin sama dengan minyak zaitun.

Namun, para ahli masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan ada tidaknya manfaat minyak kelapa dalam meningkatkan HDL.

2. Mengelola stres

Selain meningkatkan kolesterol HDL, khasiat minyak kelapa lainnya yang bisa Anda peroleh yaitu membantu mengelola stres.

Namun, stres yang dimaksud di sini berkaitan dengan stres akibat olahraga. Hal ini dikarenakan minyak kelapa murni diduga memiliki sifat antioksidan.

Sementara itu, stres yang muncul akibat radikal bebas mungkin bisa dilawan dengan antioksidan pada minyak kelapa.

Temuan ini dibahas dalam studi hewan pengerat dari Experimental and therapeutic medicine.

Studi awal ini memperlihatkan bahwa ada kemungkinan minyak kelapa murni berkhasiat dalam mengobati beberapa jenis depresi.

3. Membantu mengurangi rasa lapar

Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan dengan mengurangi porsi makan, minyak kelapa mungkin bisa menjadi solusinya.

Manfaat minyak kelapa yang satu ini didapat berkat kandungan MCT di dalamnya. Cara kerja MCT diduga berhubungan dengan cara tubuh menjalani proses metabolisme lemak.

Pasalnya, keton dapat mengurangi nafsu makan seseorang.

Walaupun demikian, penelitian lebih lanjut masih diperlukan mengingat beberapa studi yang dilaporkan berskala kecil dan dilakukan dalam durasi waktu yang singkat.

Bila manfaat ini bertahan lama, ada kemungkinan bisa bantu menurunkan berat badan.

4. Menjaga kesehatan kulit

Tidak hanya sebagai bahan masakan, beberapa produk kecantikan ternyata menggunakan minyak kelapa sebagai bahan utamanya.

Beberapa produsen percaya mengoleskan ekstrak minyak kelapa dapat meningkatkan fungsi pelindung kulit.

Selain itu, minyak kelapa menawarkan efek anti-inflamasi yang tentu bisa membantu menjaga kesehatan kulit.

Namun, perlu diingat bahwa khasiat ini hanya berlaku pada produk-produk topikal, alias dipakaikan ke kulit.

Penggunaan minyak kelapa ketika memasak belum terbukti bermanfaat meningkatkan kesehatan kulit.

5. Mencegah penyakit liver

Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan hati dan salah satunya memanfaatkan minyak kelapa.

Hal ini bahkan sudah dilaporkan dalam studi yang dimuat dalam Journal of the Science Food and Agriculture.

Pada penelitian tersebut menguji coba tikus yang menderita penyakit liver untuk mengonsumsi diet glukosa tinggi. Diet dibagi menjadi dua kategori dengan dan tanpa minyak kelapa.

Hasilnya, tikus yang mengonsumsi minyak kelapa memiliki kesehatan hati lebih baik setelah 4 minggu dibandingkan mereka yang tidak.

Ini menunjukkan potensi khasiat minyak kelapa dalam melindungi kesehatan hati.

6. Baik untuk kesehatan gigi

Tahukah Anda bahwa sejak dahulu minyak kelapa sering dijadikan obat kumur alami untuk menjaga kesehatan gigi?

Nah, ada yang dinamakan dengan teknik menarik minyak (oil pulling). Teknik ini dapat mencegah gigi berlubang hingga menyeimbangkan bakteri mulut.

Cara kerjanya pun mirip dengan obat kumur modern. Anda bisa mengoleskan minyak di sekitar rongga mulut dan berkumur selama beberapa detik agar mendapatkan khasiatnya.

Manfaat ini berasal dari kegunaan minyak kelapa sebagai pelindung tambahan gusi dan gigi yang rentan terhadap penyakit.

7. Meningkatkan fungsi kognitif

Manfaat minyak kelapa lainnya yang tak kalah berguna yaitu meningkatkan fungsi kognitif hingga mampu menurunkan risiko Alzheimer.

Beberapa studi menunjukkan bahwa penggunaan minyak kelapa dapat meningkatkan kognitif pasien Alzheimer, terutama di kategori bahasa.

Bahkan, para ahli juga melaporkan bahwa minyak kelapa merupakan sumber keton yang baik untuk memori.

Sayangnya, mereka masih membutuhkan penelitian lebih banyak untuk memastikan apakah minyak nabati ini benar-benar meningkatkan fungsi otak.

Tips memilih minyak kelapa

Kandungan lemak pada minyak kelapa memang memiliki manfaat bagi kesehatan.

Namun, Anda tetap perlu memanfaatkannya dalam jumlah sedang. Bila memungkinkan, pilih minyak kelapa dengan label extra virgin.

Ada pun beberapa tips memilih, menyimpan, dan menggunakan minyak kelapa, meliputi:

  • Hindari minyak kelapa yang terhidrogenasi parsial.
  • Simpan minyak kelapa di tempat yang sejuk dan gelap.
  • Gunakan minyak kelapa untuk memanggang.
  • Ganti mentega dan baik untuk resep vegan.

Bila memiliki pertanyaan lebih lanjut, silakan konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi guna memahami solusi yang tepat.

health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Coconut Oil. (n.d). Harvard T.H Chan. Retrieved 28 August 2021, from ​​https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/food-features/coconut-oil/ 

Chinwong, S., Chinwong, D., & Mangklabruks, A. (2017). Daily Consumption of Virgin Coconut Oil Increases High-Density Lipoprotein Cholesterol Levels in Healthy Volunteers: A Randomized Crossover Trial. Evidence-based complementary and alternative medicine : eCAM, 2017, 7251562. https://doi.org/10.1155/2017/7251562. Retrieved 28 August 2021. 

Ask the doctor: Coconut oil and health. (2018). Harvard Health Publishing. Retrieved 28 August 2021, from https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/coconut-oil 

Yeap, S. K., Beh, B. K., Ali, N. M., Yusof, H. M., Ho, W. Y., Koh, S. P., Alitheen, N. B., & Long, K. (2015). Antistress and antioxidant effects of virgin coconut oil in vivo. Experimental and therapeutic medicine, 9(1), 39–42. https://doi.org/10.3892/etm.2014.2045. Retrieved 28 August 2021. 

Kinsella, R., Maher, T., & Clegg, M. E. (2017). Coconut oil has less satiating properties than medium chain triglyceride oil. Physiology & behavior, 179, 422–426. https://doi.org/10.1016/j.physbeh.2017.07.007. Retrieved 28 August 2021. 

Kim, S., Jang, J. E., Kim, J., Lee, Y. I., Lee, D. W., Song, S. Y., & Lee, J. H. (2017). Enhanced barrier functions and anti-inflammatory effect of cultured coconut extract on human skin. Food and chemical toxicology : an international journal published for the British Industrial Biological Research Association, 106(Pt A), 367–375. https://doi.org/10.1016/j.fct.2017.05.060. Retrieved 28 August 2021. 

Narayanankutty, A., Palliyil, D., Kuruvilla, K., & Raghavamenon, A. (2017). Virgin coconut oil reverses hepatic steatosis by restoring redox homeostasis and lipid metabolism in male Wistar rats. Journal Of The Science Of Food And Agriculture, 98(5), 1757-1764. doi: 10.1002/jsfa.8650. Retrieved 28 August 2021. 

Naseem, M., Khiyani, M. F., Nauman, H., Zafar, M. S., Shah, A. H., & Khalil, H. S. (2017). Oil pulling and importance of traditional medicine in oral health maintenance. International journal of health sciences, 11(4), 65–70. Retrieved 28 August 2021. 

De la Rubia Ortí, J. E., Sánchez Álvarez, C., Selvi Sabater, P., Bueno Cayo, A. M., Sancho Castillo, S., Rochina, M. J., & Hu Yang, I. (2017). Influencia del aceite de coco en enfermos de alzhéimer a nivel cognitivo [How does coconut oil affect cognitive performance in alzheimer patients?]. Nutricion hospitalaria, 34(2), 352–356. https://doi.org/10.20960/nh.780. Retrieved 28 August 2021.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Nabila Azmi Diperbarui 07/09/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan