4 Gerakan Yoga untuk Mengatasi Emotional Hangover

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 22/04/2020
Bagikan sekarang

Istilah emotional hangover digunakan untuk menggambarkan keadaan di mana seseorang merasa lelah secara emosional. Penyebabnya bisa saja karena Anda baru mengalami hal-hal tidak menyenangkan seperti putusnya hubungan asmara, terlibat dalam pertengkaran tanpa ujung, atau masalah pekerjaan yang tak kunjung usai. Untungnya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya, salah satunya dengan melakukan olahraga yoga.

Gerakan yoga untuk mengatasi emotional hangover

Yoga sendiri telah lama dikenal sebagai olahraga relaksasi yang jika dilakukan dengan benar dan rutin bisa membantu mengurangi stres. Berikut ini, ada berbagai gerakan yoga yang bisa Anda coba bagi yang ingin mengatasi emotional hangover.

Child’s pose

Sumber: Pop Sugar

Pose yoga yang satu ini cukup mudah untuk dilakukan bagi para pemula. Selain membantu menenangkan pikiran dan meredakan rasa cemas, pose yang akan meregangkan punggung Anda ini juga ternyata baik untuk sistem saraf dan limfatik (meliputi kelenjar getah bening, limfa, dan sumsum tulang) pada tubuh.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Mulai dengan berlutut di atas matras, lalu duduklah di atas tumit.
  2. Pastikan kedua ibu jari kaki bersentuhan satu sama lain, bukalah lutut sejajar dengan bahu.
  3. Rentangkan tangan ke depan, lalu majukan tubuh perlahan seperti melakukan gerakan sujud sampai dahi menempel di matras dan tubuh terbaring di atas paha.
  4. Pejamkan mata dan tarik nafas dalam sebanyak tiga kali, buatlah tubuh Anda rileks pada posisi ini.
  5. Ulangi gerakan sebanyak yang diperlukan.

 Bridge pose

yoga
Sumber: Yoga Journal

Pose yoga selanjutnya yang bisa Anda coba untuk mengatasi emotional hangover atau lelah secara emosional adalah bridge pose. Pose ini berfokus pada peregangan punggung dan kaki yang akan mengurangi ketegangan.

Tidak hanya mengurangi keadaan emosi yang Anda rasakan, ternyata pose ini juga bisa membantu mengurangi masalah lainnya seperti sakit punggung, sakit kepala, insomnia, dan masalah tekanan darah tinggi. Begini cara melakukannya:

  1. Mulai dengan berbaring telentang di atas matras, kemudian tekuk kedua lutut dan peetahankan  posisi telapak kaki agar tetap menempel dengan matras.
  2. Letakkan kedua tangan sejajar dengan bahu, telapak tangan menempel dengan matras.
  3. Tarik nafas dan angkat pinggul serta tubuh bagian belakang ke atas.
  4. Tahan posisi sambil menarik dan membuang nafas panjang sebanyak 4-8 kali.
  5. Turunkan tubuh kembali ke lantai, ulangi langkah seperlunya.

Uttanasana yoga

yoga emotional hangover
Sumber: The Balanced Yogi

Bagi Anda yang tidak memiliki masalah tulang belakang, pose ini bisa dilakukan saat yoga ketika Anda sedang merasakan emotional hangover. Pose uttanasana bisa membantu meningkatkan pernafasan yang akan membantu mengirimkan sinyal agar lebih tenang dan rileks.

Otot-otot di paha belakang yang menegang saat tubuh terjebak pada mode fight or flight juga dapat diatasi dengan pose ini. Ikuti langkah berikut ini:

  1. Lakukan dalam posisi berdiri, angkat kedua tangan ke atas.
  2. Turunkan lengan Anda ke bawah diikuti dengan tubuh bagian atas yang membungkuk perlahan.
  3. Jika memungkinkan, bungkukan tubuh sampai telapak tangan Anda menyentuh matras. pastikan letak tangan sejajar dengan kedua kaki. Jika terlalu sulit, Anda bisa memegang pergelangan kaki.
  4. Pertahankan posisi dengan kepala yang menggantung ke bawah sambil menarik nafas selama beberapa kali.
  5. Bangkitkan tubuh dengan perlahan, letakkan tangan di pinggul. Ulangi langkah sesuai dengan keperluan.

Savasana (corpse pose)

Savasana biasanya menjadi akhir dari rutinitas latihan yoga. Pose relaksasi ini menjadi bagian dari latihan yoga yang paling menenangkan dan tentunya cocok dilakukan bila tujuannya ingin mengatasi emotional hangover.

Savasana akan memicu respons relaksasi yang akan memperlambat pernapasan sekaligus menenangkan sistem saraf. Meski terlihat mudah, pose ini membutuhkan konsentrasi dan fokus pada keadaan di sekitar. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Berbaringlah di atas matras denga kaki dan lengan yang lurus. Beri jarak di antara kedua kaki  selebar pinggul, Anda juga bisa meletakkan kedua lengan sedikit menjauh dari tubuh.
  2. Tutup kedua mata Anda. buatlah tubuh dan wajah rileks.
  3. Biarkan tubuh mengambil nafas dengan normal, pusatkan perhatian Anda pada keadaan atau suara-suara di sekitar Anda. Usahakan Anda tetap dalam keadaan sadar.
  4. Pertahankan selama sedikitnya 5-10 menit. Untuk mengakhirinya, tarik nafas dalam dan ‘bangunkan’ tubuh perlahan dengan menggerakkan jari-jari tangan dan kaki.

Berbagai pose ini tentunya bisa Anda lakukan sendiri di rumah atau bisa juga menggunakan bimbingan dari instruktur yoga. Ingatlah jika emotional hangover atau lelah secara emosional masih Anda rasakan, membagi keluh kesah dengan orang-orang terdekat atau terapis juga akan membantu.

You are already subscribed to notifications.

Baca Juga:

Sumber

5 Yoga Poses To Ease Your Emotional Hangover. (2020). Retrieved 1 April 2020, from https://www.mindbodygreen.com/articles/feeling-emotionally-hungover-these-five-yoga-poses-can-help

Bridge Pose (Setu Bandhasana) Instructions & Photos. (2020). Retrieved 1 April 2020, from https://www.yogabasics.com/asana/bridge/

The 10 Best Yoga Poses For Stress Relief. (2013). Retrieved 1 April 2020, from https://www.huffpost.com/entry/10-yoga-poses-for-stress-_n_3000801

Yoga for Inner Peace: A Stress-Relieving Sequence + Daily Practice Challenge. (2016). Retrieved 1 April 2020, from https://www.yogajournal.com/practice/yoga-for-inner-peace-stress-relief-daily-practice-challenge#gid=ci0207569e402525bd&pid=colleen-saidman-yee-performs-a-standing-forward-bend

Yang juga perlu Anda baca

5 Pose Yoga yang Ampuh untuk Atasi Sembelit

Tidak hanya menenangkan pikiran, beragam pose yoga ini ternyata juga dapat membantu untuk mengatasi gejala sembelit, lho.

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha

Yang Harus Dihindari Saat Melakukan Yoga

Tidak semua orang melakukan yoga dengan teknik dan cara yang benar. Apa saja kesalahan yang sering ditemukan dalam yoga? Simak artikel berikut ini.

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Shylma Na'imah

8 Pose Yoga untuk Menghilangkan Pegal-Pegal Pada Ibu Menyusui

SSaat menyusui, badan kerap pegal tak karuan dan biasanya tak hilang hanya dengan tidur. Solusinya, yuk coba gerakan yoga untuk ibu menyusui.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini

Penderita Spondilolistesis Tak Boleh Sembarang Yoga, Ini 5 Pose yang Perlu Dihindari

Yoga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Namun bagi penderita spondilolistesis, ada sejumlah pose yoga yang harus dihindari guna mencegah nyeri.

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu

Direkomendasikan untuk Anda

Manfaat Rutin Melakukan Yoga Bridge Pose pada Fisik dan Mental

Manfaat Rutin Melakukan Yoga Bridge Pose pada Fisik dan Mental

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 06/05/2020
Yoga Sebagai Salah Satu Upaya Pencegahan COVID-19

Yoga Sebagai Salah Satu Upaya Pencegahan COVID-19

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 24/04/2020
5 Gerakan Yoga untuk Tingkatkan Vitalitas Pria Saat Berhubungan Intim

5 Gerakan Yoga untuk Tingkatkan Vitalitas Pria Saat Berhubungan Intim

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 10/03/2020
Beberapa Hal yang Harus Dipersiapkan Pilates Pemula

Beberapa Hal yang Harus Dipersiapkan Pilates Pemula

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 22/02/2020