4 Pilihan Snack Sehat Terbaik untuk Menemani Anda YogaIni adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Yoga merupakan salah satu olahraga yang banyak digemari berkat beragam manfaat baiknya. Selain membantu menjaga kebugaran dan mengatur pernapasan, yoga dipercaya juga dapat membangkitkan mood sehingga membuat tubuh lebih bahagia dan bebas stres. Nah, agar olahraga yoga jadi makin seru, coba beragam camilan sehat untuk menemani sesi latihan yoga Anda, yuk!

Camilan sehat untuk menemani olahraga yoga

Agar manfaat yoga terasa lebih optimal, perhatikan pilihan snack Anda untuk menemani yoga. Jangan sampai Anda malah ngemil yang tidak sehat seperti donat yang tinggi lemak, gula, dan karbohidrat atau gorengan.

Tak perlu bingung, berikut pilihan snack pendamping yoga yang bisa Anda coba mulai hari ini:

1. Roti isi atau sandwich

Sumber: King Arthur Flour

Banyak orang yang senang mengawali pagi harinya dengan yoga. Nah, usahakan untuk tetap sarapan sebelum memulai olahraga guna membekali tubuh dengan sejumlah energi.

Setangkup sandwich atau roti isi sayuran bisa menjadi pilihan camilan sehat untuk mengawali olahraga yoga, karena kaya akan kandungan karbohidrat. Melansir dari Mayo Clinic, mengonsumsi sumber karbohidrat sebelum berolahraga dapat membantu meningkatkan intensitas latihan.

Alhasil, tubuh menyimpan energi yang lebih banyak agar durasi latihan yoga Anda pun bisa lebih lama. Supaya asupan zat gizinya lebih beragam, sah-sah saja untuk menambahkan sumber protein dan serat lainnya ke dalam setangkup sandwich. Misalnya telur atau kacang kedelai rebus, hingga daun selada maupun tomat.

2. Snack kedelai

cara memilih snack dari kacang kedelai

Di samping karbohidrat, sumber protein tak kalah penting sebagai teman ngemil selama maupun setelah sesi latihan yoga. Snack kedelai, misalnya. Kandungan proteinnya yang tinggi membuat snack kedelai baik untuk dijadikan camilan sehat saat olahraga yoga.

Pasalnya, British Nutrition Foundation mengungkapkan bahwa protein berperan penting untuk menunjang pertumbuhan, perbaikan, sekaligus pemeliharaan sel, jaringan, dan otot tubuh. Terlebih usai menjalani olahraga yang cukup menguras energi, asupan protein bisa dibilang sebagai “kunci” untuk memulihkan kembali kerja tubuh.

Kandungan karbohidrat yang ada di dalam kacang kedelai pun terbilang cukup tinggi. Ada sekitar 30,1 gram karbohidrat di dalam setiap 100 gram kacang kedelai. Menariknya, jika snack kedelai dimakan bersama makanan sumber karbohidrat lainnya, bisa memberikan manfaat yang semakin baik.

Kombinasi dari kedua zat gizi makro tersebut dapat membantu mengganti simpanan glikogen tubuh yang telah banyak digunakan selama sesi yoga berlangsung.

3. Yoghurt

vitamin b12 untuk lansia

Pilihan camilan sehat lainnya yang bisa Anda coba untuk menambah semangat saat olahraga yoga yakni yoghurt. Ya, kandungan karbohidrat serta protein di dalam yogurt membuatnya baik untuk disantap sebagai pembuka sebelum, maupun penutup usai latihan yoga.

Namun, perhatikan bahwa jenis yogurt tidak hanya satu, melainkan ada beragam yang bisa Anda sesuaikan dengan selera kebutuhan. Supaya lebih enak dan kaya akan zat gizi yang bervariasi, Anda bisa menambahkan potongan buah ke dalam satu porsi yoghurt.

4. Smoothies sayur atau buah

Ingin mengenyangkan perut tapi sedang tidak punya banyak waktu? Segelas smoothies bisa jadi salah satu pilihan camilan yang tepat untuk olahraga yoga. Smoothies biasanya terbuat dari satu atau berbagai jenis sayuran dan buah-buahan. Itu sebabnya selain menyegarkan, minuman ini juga akan menyumbang sejumlah serat untuk tubuh.

Bahkan, zat gizi seperti karbohidrat, protein, vitamin, serta mineral pun tak luput dari kandungan smoothies sayur atau buah. Semua nutrisi tersebut akan membantu memberikan cukup energi untuk beraktivitas, sekaligus memenuhi kebutuhan zat gizi harian Anda.

Snack di atas dapat Anda konsumsi 1-3 jam sebelum latihan yoga dimulai. Sebaiknya Anda tetap memilih camilan dalam porsi yang pas, karena jika porsi terlalu besar ini akan menghambat proses latihan Anda, Anda justru kekenyangan dan menjadi lamban bergerak.

Sebaliknya, jika porsi terlalu sedikit, maka tidak akan cukup memberikan energi saat yoga. Oleh karena itu, penting mengonsumsi snack terbaik dengan porsi yang pas.

Baca Juga:

Yang juga perlu Anda baca