Olahraga Rutin, Benarkah Bisa Lebih Cepat Menurunkan Berat Badan?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Salah satu cara yang sering disebut-sebut mampu membantu menurunkan berat badan adalah olahraga secara rutin. Bahkan, kegiatan ini banyak macamnya, hingga orang bisa menentukan olahraga apa yang paling pas untuknya. Tetapi, apakah benar, rutin berolahraga mampu mempercepat proses penurunan berat badan?

Olahraga rutin, apa benar bisa mempercepat turun berat badan?

Menurunkan berat badan mungkin menjadi sebuah ‘pekerjaan’ yang cukup berat. Selain karena dibutuhkan komitmen, Anda juga harus konsisten dan disiplin saat menjalankannya.

Sayangnya, menurunkan berat badan tak efektif dengan mengurangi asupan kalori harian saja. Anda juga harus membiasakan diri untuk olahraga rutin.

Mengapa? Ini karena jika Anda menurunkan berat badan dengan mengurangi jumlah kalori tanpa olahraga, Anda mungkin tidak hanya kehilangan lemak, tetapi juga massa otot.

Bahkan, sebuah penelitian yang dimuat pada jurnal Obesity Reviews menyebutkan bahwa seperempat massa yang hilang saat Anda mengurangi asupan kalori harian adalah massa otot. Padahal, otot lebih aktif dalam proses metabolisme daripada lemak. Jika massa otot banyak berkurang, proses metabolisme menjadi lebih lambat sehingga menghambat penurunan berat badan.

Maka dari itu, saat menurunkan berat badan, Anda juga harus olahraga untuk mengurangi jumlah massa otot yang hilang agar proses metabolisme tidak terhambat dan jumlah kalori yang terbakar akan lebih banyak. Namun, apakah olahraga ini harus dilakukan secara rutin?

Sebenarnya, olahraga secara rutin memang dapat membentuk kebiasaan untuk melakukan aktivitas fisik, dan hal tersebut sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan. Tetapi, hal ini tidak menjamin bahwa olahraga rutin di waktu yang sama lebih efektif dalam menurunkan berat badan dibanding olahraga di waktu yang berbeda-beda setiap harinya.

Hanya saja, melakukan olahraga di waktu yang sama setiap hari dapat meningkatkan jumlah lama waktu berolahraga. Sehingga, kemampuan Anda dalam melakukan aktivitas fisik harian jadi meningkat.  Hal ini berpotensi membantu Anda untuk menjaga berat badan agar tidak mudah naik lagi.

4 olahraga yang bisa dilakukan secara rutin untuk membantu menurunkan berat badan

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, ada beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan secara rutin. Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Jalan kaki

jalan cepat

Selain bagus untuk menurunkan berat badan, olahraga ini juga sangat mudah dilakukan. Anda tidak membutuhkan perlengkapan atau pakaian khusus untuk berjalan kaki. Anda juga bisa melakukannya di mana dan kapan saja.

Anda bisa menargetkan diri Anda untuk berjalan kaki selama 30 menit setiap harinya. Semakin Anda sering melakukannya, Anda akan semakin terbiasa. Jika sudah menjadi kebiasaan, Anda bisa meningkatkan lama waktu berjalan kaki agar lebih banyak kalori yang terbuang.

2. Jogging

olahraga saat puasa

Tidak hanya joggingtetapi berlari juga bisa menjadi olahraga yang dilakukan secara rutin jika ingin menurunkan berat badan. Olahraga ini juga sangat mudah dan tidak membutuhkan perlengkapan khusus. Anda bisa berlari di mana saja dan kapan saja. Bahkan, jika Anda tidak terbiasa untuk berlari di ruang terbuka, Anda juga bisa berlari di atas treadmill.

Selain itu, Anda juga bisa melakukannya secara rutin. Untuk mengawalinya, Anda bisa mencoba untuk jogging atau berlari selama 20-30 menit. Jika Anda melakukannya secara rutin, lama waktu Anda melakukannya juga pasti akan meningkat karena sudah terbiasa.

3. Yoga

Sumber: Lessons

Meski yoga biasanya dilakukan bersama-sama, olahraga ini juga bisa dilakukan sendirian. Apalagi saat ini sudah banyak video-video di internet yang dapat mengajarkan yoga secara online, sehingga Anda tidak perlu khawatir jika harus melakukannya tanpa instruktur.

Selain dapat membantu menurunkan berat badan, olahraga ini juga baik untuk kesehatan mental Anda, sehingga Anda bisa lebih mengontrol diri dan hawa nafsu Anda. Misalnya, hawa nafsu untuk makan makanan yang kurang sehat atau makan secara berlebihan. Hal ini juga baik untuk membantu Anda mengatur pola makan saat diet.

4. Berenang

manfaat berenang untuk sakit punggung bawah

Olahraga yang satu ini merupakan alternatif yang menyenangkan untuk menurunkan berat badan. Apalagi, jika Anda memiliki kolam renang pribadi, sehingga bisa melakukannya setiap hari. Selain itu, olahraga ini juga menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang memiliki cedera atau masalah pada persendian.

Menurut sebuah artikel yang dimuat di Harvard Health, orang dengan berat badan 70 kilogram dapat membakar 298 kalori jika melakukan gaya punggung selama 30 menit, 372 kalori gaya dada selama 30 menit, dan 409 kalori jika melakukan gaya kupu-kupu di waktu yang sama.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca