7 Manfaat Dance untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 23 Oktober 2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Dance atau yang biasa kita sebut dengan menari merupakan salah satu jenis aktivitas yang digemari oleh banyak kalangan muda. Tanpa kita sadari, menari membuat jiwa dan raga kita menjadi lebih sehat. Bagi beberapa orang yang tidak menyukai olahraga yang tergolong menjenuhkan, seperti lari, angkat beban, dan sebagainya, menggerakkan seluruh tubuh dengan diiringi oleh musik merupakan kegiatan olahraga yang menyenangkan.

Dance memiliki jenis yang beragam dari mulai ballet, ballroom dance, belly dance, aerobik, hip-hop, jazz, pole dance, salsa, square dance, tap dance, modern dance, latin dance, zumba, flamenco, dan masih banyak lagi. Selain menyenangkan, menari juga memiliki berbagai manfaat yang baik untuk tubuh kita. Berikut ini adalah berbagai manfaat dance untuk kesehatan:

1. Meningkatkan daya ingat

Menurut sebuah studi dalam The New England Journal of Medicine, menari dapat meningkatkan daya ingat dan mencegah Anda dari kepikunan seiring bertambahnya usia. Ilmu pengetahuan mengungkapkan bahwa latihan aerobik dapat mengembalikan volume yang hilang dalam hipokampus (bagian otak yang mengontrol ingatan). Hipokampus secara alami akan menyusut saat Anda menginjak usia lanjut, yang sering menyebabkan gangguan ingatan dan kepikunan.

2. Meningkatkan fleksibilitas

Tarian mengajarkan fleksibilitas yang diperlukan untuk tubuh. Kebanyakan kelas dance juga akan menggabungkan pemanasan panjang yang cenderung terdiri dari banyak peregangan. Dengan meningkatkan fleksibilitas Anda, Anda tidak hanya meningkatkan performa atletis Anda, namun juga menghindari berbagai cedera. Bagi mereka yang tertarik dalam membentuk otot di gym, peningkatan fleksibilitas dapat menyempurnakan jangkauan gerak pada latihan, dengan demikian otot akan tampak lebih jelas.

3. Mengurangi stres dan depresi

Peneliti studi terkontrol dalam Journal of Applied Gerontology menemukan bahwa dance berpasangan dan iringan musik dapat membantu untuk mengurangi stres. Selain itu, menurut sebuah studi yang menguji efek menari pada orang-orang yang mengalami depresi, menari dapat meningkatkan semangat. Pasien yang berpartisipasi dalam grup upbeat dance menunjukkan gejala depresi yang sangat sedikit dan juga memiliki semangat yang tinggi.

4. Melatih keseimbangan

Menari dapat membantu Anda mengurangi cedera saat melakukan olahraga lainnya, karena menari meningkatkan keseimbangan tubuh. Banyak gerakan tarian melibatkan keseimbangan pada satu kaki, bertumpu pada ujung jari kaki, atau mempertahankan posisi yang menuntut banyak keseimbangan. Dengan berlatih gerakan ini, Anda akan membangun kekuatan pada otot di seluruh tubuh dan juga pada otot yang lebih sedikit mendukung tubuh Anda. Dengan demikian, Anda akan lebih baik dalam menjaga keseimbangan setiap saat.

5. Menurunkan berat badan

Jika Anda sedang mencari cara untuk menurunkan berat badan yang menyenangkan, maka dance adalah pilihan yang terbaik. Menurunkan berat badan sering kali dilalui dengan proses yang membuat Anda patah semangat dan sengsara, sedangkan dance  merupakan sesuatu yang menyenangkan. Selain itu, kehidupan sosial yang Anda rasakan ketika mengikuti latihan menari akan membuat Anda menikmati kegiatan tersebut.

Anda mengikuti kelas dance karena keinginan Anda untuk menari, tanpa disadari Anda telah menjalani olahraga teratur setiap minggunya. Hal ini akan mengakibatkan penurunan berat badan dengan sendirinya karena Anda telah membakar banyak kalori. Lalu, dengan menari Anda akan meningkatkan energi sekaligus membantu Anda dalam membangun beberapa pencegahan terhadap cedera.

6. Membentuk otot

Dance membutuhkan kecepatan dan tenaga yang terus menerus, sehingga dance termasuk sebagai olahraga kardiovaskular. Pada saat yang sama, dance melibatkan sejumlah postur yang sulit dan bahkan gerakan melompat yang memberikan ketahanan pada otot. Dengan demikian, menari juga membantu untuk meratakan perut, menghilangkan lemak, dan membuat kaki dan pantat lebih kencang. Jika Anda melihat penari profesional, Anda akan melihat seberapa kencang dan proporsional tubuh mereka. Anda juga akan mendapatkan tubuh seperti itu jika Anda menambah jadwal latihan Anda dan rutin melakukannya.

7. Meningkatkan mood

Manfaat yang terakhir adalah dance merupakan cara yang fantastis untuk meningkatkan mood Anda, ini adalah manfaat yang tidak boleh diremehkan. Menari, seperti olahraga lainnya, akan membantu menghasilkan antidepresan alami seperti endorfin, namun juga menyenangkan. Karena sebagian jenis dance juga ada yang dilakukan berpasangan, maka hal ini juga baik untuk memperkuat hubungan dengan orang lain.

BACA JUGA:

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"

    Yang juga perlu Anda baca

    4 Kesalahan Makan Oatmeal yang Bikin Berat Badan Malah Naik

    Bubur gandum (oatmeal) adalah pilihan makanan yang baik untuk diet. Tapi hati-hati, bisa jadi oatmeal bikin gemuk karena hal-hal berikut ini.

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Nutrisi, Hidup Sehat 18 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit

    Olahraga di Luar Rumah Saat Pandemi? Perhatikan Hal-hal Ini

    Olahraga yang dilakukan di luar rumah bisa bermanfaat bagi kebugaran dan kesehatan mental. Tapi apakah aman olahraga di luar rumah saat pandemi COVID-19?

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
    Coronavirus, COVID-19 30 Juni 2020 . Waktu baca 4 menit

    Apakah Anda Termasuk Orang yang Cukup Bersih? Cek Dulu di Sini!

    Selama ini Anda sudah mahir menjaga kebersihan diri atau belum? Ini dia tips-tips supaya tubuh selalu bersih dan bebas dari penyakit.

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
    Hidup Sehat, Tips Sehat 22 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit

    7 Hal yang Paling Sering Ditanyakan Tentang Kolesterol

    Kadar kolesterol tinggi bisa menghantui siapa pun. Pelajari sekarang juga apa itu kolesterol dan semua pertanyaan seputar kolesterol yang sering diajukan.

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Nutrisi, Hidup Sehat 22 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    transplantasi ginjal

    Transplantasi Ginjal

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
    Dipublikasikan tanggal: 15 September 2020 . Waktu baca 11 menit
    memaksa anak jago olahraga

    Bagaimana Cara Mendorong Anak Menjadi Atlet?

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Rina Nurjanah
    Dipublikasikan tanggal: 9 September 2020 . Waktu baca 7 menit
    oleharaga untuk anak

    Menjadi Atlet di Mata Atlet Muda Indonesia

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
    Dipublikasikan tanggal: 9 September 2020 . Waktu baca 7 menit
    gejala penyakit urologi

    Gejala Penyakit Urologi, Dari Nyeri Buang Air Kecil Hingga Impotensi

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Nabila Azmi
    Dipublikasikan tanggal: 7 September 2020 . Waktu baca 10 menit