Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

7 Manfaat Zumba untuk Kesehatan Fisik dan Mental

7 Manfaat Zumba untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Zumba jadi olahraga yang menyenangkan karena memadukan senam aerobik, tarian Latin, dan gerakan yang mengikuti irama musik. Senam Zumba juga berfokus pada ritme dan kecepatan sehingga punya manfaat bagi kesehatan jantung.

Lebih dari itu, rutin melakukan zumba dapat menjaga kebugaran tubuh sekaligus mencegah Anda cepat pikun. Simak lebih lengkap penjelasannya di sini.

Manfaat Zumba untuk kesehatan tubuh

Zumba adalah senam yang berasal dari Kolombia yang mengombinasikan berbagai gerakan dansa, seperti cha-cha, salsa, tango, sampai flamenco, ditambah iringan musik cepat.

Gerakan Zumba yang dinamis dan bervariasi memungkinkan Anda menggerakkan seluruh anggota tubuh sehingga bisa memperoleh banyak manfaat kesehatan.

1. Meningkatkan koordinasi

macam-macam senam

Saat Zumba, lengan dan kaki Anda diharuskan untuk bergerak ke arah yang berbeda. Anda juga perlu bergerak menyesuaikan dengan irama musik yang cepat dan menjaga gerakan tetap harmonis.

Oleh karena itu, jika Anda rutin berolahraga Zumba, manfaat yang bisa Anda dapatkan yaitu meningkatkan kemampuan koordinasi otak dengan tangan dan kaki.

Saat koordinasi tubuh berjalan dengan baik, Anda mampu menggerakan bagian tubuh yang tepat, pada waktu yang tepat, dan dengan intensitas yang tepat.

2. Menjaga berat badan

Anda bisa mendapatkan manfaat yang satu ini karena setiap gerakan Zumba efektif membakar kalori.

Studi terbitan Journal of Sport Science & Medicine (2012) menyebutkan bahwa satu sesi latihan Zumba membantu membakar kalori sebanyak 9,5 kkal per menit.

Latihan zumba umumnya berdurasi selama 40 menit. Jadi, pembakaran kalori selama satu sesi pun bisa mencapai hingga 369 kkal.

Idealnya, Anda perlu membakar kalori sebanyak 300–400 kkal pada setiap sesi olahraga untuk menurunkan berat badan.

3. Menjaga kesehatan jantung

cara menjaga kesehatan jantung

Zumba termasuk ke kategori olahraga kardio. Tak heran, manfaatnya baik untuk kesehatan jantung.

Masih dari studi yang sama, olahraga Zumba menggunakan 66% dari volume maksimal dan 79% dari denyut jantung maksimal.

Angka tersebut memenuhi target penggunaan volume oksigen maksimal (40–85%) dan denyut jantung maksimal (64–94%) untuk olahraga yang baik bagi kesehatan jantung.

Tidak hanya itu, berbagai penelitian juga menemukan bahwa manfaat Zumba berguna untuk menurunkan tekanan darah.


Cari tahu olahraga yang cocok untukmu!

Ayo tanya dokter atau berbagi tips bersama di Komunitas Olahraga Hello Sehat!


4. Menjaga kesehatan mental secara umum

Penelitian yang terbit pada jurnal European Journal of Sport Science (2019) menyatakan bahwa Zumba selama 12 minggu berturut-turut mampu meningkatkan kinerja memori.

Zumba melibatkan koordinasi gerak, keseimbangan, dan irama musik sehingga merangsang aktivitas saraf. Alhasil, kemampuan kognitif dan memori pun meningkat.

Studi ini juga menemukan bahwa rutin melakukan olahraga Zumba mengurangi gejala depresi. Tak heran, Zumba bisa menjadi pilihan olahraga untuk menghilangkan rasa sedih yang cocok.

5. Meningkatkan kualitas bersosialisasi

keuntungan zumba

Manfaat lain dari Zumba yang bisa Anda dapatkan yaitu menambah interaksi dan komunikasi dengan orang lain.

Olahraga Zumba dilakukan bersama grup yang berisi beberapa orang dan satu instruktur. Jadi, tidak heran bila Anda terlibat pada percakapan di antara anggota grup maupun dengan instruktur.

Anda pun berada di dalam lingkungan yang menenangkan. Bersosialisasi pun akan memberikan manfaat seperti memperbaiki suasana hati, memberikan rasa aman, dan mengurangi kesepian dan rasa terisolasi.

6. Menurunkan stres

Aktivitas fisik, termasuk Zumba, membantu meningkatkan aktivitas senyawa kimia di otak, yakni endorfin.

Senyawa ini membantu memicu rasa senang dan euforia. Rasa senang akibat peningkatan endorfin ini mirip dengan merasa bahagia saat tertawa.

Sebagai olahraga aerobik, Zumba membuat tubuh merasa lebih tenang dan menurunkan hormon kortisol dan adrenalin. Kedua hormon ini diketahui sebagai hormon pemicu stres.

Selain untuk mengurangi kesedihan, Zumba merupakan opsi yang tepat sebagai pilihan olahraga untuk menghilangkan stres.

7. Mengurangi rasa sakit

Perut kembung setiap pagi

Manfaat Zumba untuk kesehatan lainnya adalah mengurangi keparahan rasa nyeri. Hal ini tentu tidak lepas dari peran hormon endorfin.

Endorfin adalah senyawa otak yang mampu bekerja sebagai obat penghilang rasa sakit alami pada tubuh.

Saat melakukan gerakan Zumba yang rumit, otak bagian hipotalamus dan kelenjar pituitari akan melepaskan endorfin.

Jadi, melakukan Zumba bisa membuat tubuh Anda terasa lebih baik secara umum.

Zumba merupakan senam aerobik yang melibatkan tarian dan gerakan yang cukup rumit dan cepat.

Jika rutin dilakukan, Zumba bisa meningkatkan kualitas kesehatan fisik dan mental secara keseluruhan.

Agar bisa mendapatkan manfaat Zumba secara maksimal, pastikan Anda melakukannya selama 150 menit seminggu atau 30 menit setiap harinya.

health-tool-icon

Kalkulator Detak Jantung

Cari tahu berapa detak jantung istirahat (RHR) maksimum untuk usia Anda dan bagaimana intensitas olahraga dan faktor lain memengaruhi detak jantung.

Laki-laki

Wanita

Anda mengecek untuk ....

Detak jantung istirahat Anda .... (bpm/denyut per menit)

60

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Mary Luettgen, J. (2012). Zumba®: Is the “Fitness-Party” a Good Workout?. Journal Of Sports Science & Medicine, 11(2), 357. Retrieved from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3737860/

Fundamentals of Nutrition and Weight Management. Retrieved 7 February 2022, from https://acewebcontent.azureedge.net/continuingeducation/resources/4a5wy7yz/fss/Chapter3.pdf

Liguori, G., & American College of Sports Medicine. (2020). ACSM’s guidelines for exercise testing and prescription. Lippincott Williams & Wilkins.

L, C., B, W., R, S., A, M., M, D., & S, G. et al. (2016). Cardiovascular effects, body composition, quality of life and pain after a Zumba fitness program in Italian overweight women. The Journal Of Sports Medicine And Physical Fitness, 56(3). Retrieved from https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/25693596/

MR, A., & D, T. (2015). Benefits of Zumba Fitness® among sedentary adults with components of the metabolic syndrome: a pilot study. The Journal Of Sports Medicine And Physical Fitness, 55(10). Retrieved from https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/24921620/

Norouzi, E., Hosseini, F., Vaezmosavi, M., Gerber, M., Pühse, U., & Brand, S. (2019). Zumba dancing and aerobic exercise can improve working memory, motor function, and depressive symptoms in female patients with Fibromyalgia. European Journal Of Sport Science, 20(7), 981-991. doi: 10.1080/17461391.2019.1683610

Barranco-Ruiz, Y., Paz-Viteri, S., & Villa-González, E. (2020). Dance Fitness Classes Improve the Health-Related Quality of Life in Sedentary Women. International Journal Of Environmental Research And Public Health, 17(11), 3771. doi: 10.3390/ijerph17113771

Exercising to Relax – Harvard Health Publishing – Harvard Health. (2011). Retrieved 7 February 2022, from https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/exercising-to-relax

Exercise and stress: Get moving to manage stress. (2022). Retrieved 7 February 2022, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/stress-management/in-depth/exercise-and-stress/art-20044469

Yoshimura, E., Kumahara, H., Tobina, T., Matsuda, T., Watabe, K., & Matono, S. et al. (2014). Aerobic Exercise Attenuates the Loss of Skeletal Muscle during Energy Restriction in Adults with Visceral Adiposity. Obesity Facts, 7(1), 26-35. doi: 10.1159/000358576

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Larastining Retno Wulandari Diperbarui Feb 22
Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan