Berdasarkan laporan Polda Metro Jaya, ada satu kasus kejahatan yang terjadi setiap 12 menit 18 detik di wilayah Jabodetabek sepanjang tahun 2016. Parahnya lagi, DKI Jakarta menempati peringkat ke-9 di dunia sebagai kota yang paling tidak aman bagi perempuan. Tindak kejahatan bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Oleh karena itu, tak ada salahnya melindungi diri sendiri dari ancaman kejahatan. Berikut beberapa pilihan jenis seni bela diri untuk wanita yang bisa Anda mulai pelajari dan kuasai.

Berbagai macam seni bela diri untuk wanita

Perlu diketahui, bahwa bela diri bukan sekadar berkelahi atau mengadu kekuatan fisik. Bela diri pada dasarnya merupakan sebuah seni untuk mengembangkan keterampilan mental dan fisik guna mempertahankan diri terhadap serangan.

1. Taekwondo

Taekwondo merupakan seni bela diri asal Korea, yang pamornya cukup mendunia. Taekwondo adalah salah satu pilihan seni bela diri untuk wanita yang patut diperhitungkan. Gerakan taekwondo banyak berfokus pada teknik menendang dan meninju sebagai cara pertahanan diri.

Dengan belajar taekowondo, Anda sekaligus belajar teknik mengunci anggota tubuh lawan dengan anggota tubuh sendiri, agar si penjahat tak bisa berkutik. Anda juga jadi lebih waspada kalau sewaktu-waktu ada orang yang mengganggu. Pasalnya, taekoweondo juga melatih reflek dan kekuatan tubuh, misalnya dari cara berdiri dengan sikap kuda-kuda yang benar.

2. Krav Maga

Krav Maga adalah seni bela diri yang dipopulerkan oleh tentara Israel. Krav Maga mengajarkan para wanita bagaimana menghadapi serangan bersenjata maupun saat diserang dengan tangan kosong. Bela diri untuk wanita ini juga bertujuan menyiapkan penggunanya untuk bisa menghadapi situasi terburuk baik secara fisik maupun mental. Anda akan diajarkan perkelahian tanpa senjata atau dengan senjata, satu lawan satu, sampai menghadapi penjahat yang bergerombol.

3. Aikido

Seni bela diri untuk wanita yang satu ini berasal dari Jepang. Aikido merupakan gerakan bela yang diajarkan untuk mengalihkan kekuatan penyerang dan menggunakannya untuk melawannya. Aikido bermanfaat bagi wanita karena tidak mengharuskan Anda  untuk menjadi lebih kuat. Bela diri ini bertujuan untuk memanfaatkan energi lawan untuk melemahkan mereka. Cara melindungi diri yang diajarkan oleh Aikido adalah bagaimana kita yang hendak diserang orang jahat dan dapat mengunci gerakannya kemudian melemparnya.

4. Brazilian jiu jitsu

Brazilian jiu jitsu merupakan sebuah seni bela diri yang berasal dari teknik gulat Brazil dan dikombinasi dengan gerakan olahraga judo dari Jepang. Teknik dalam olahraga bela diri ini unik dan cukup menguras tenaga. Tekniknya fokus pada teknik cekikan dan mengunci di lantai yang berguna untuk melumpuhkan lawan. Seni beladiri ini berfungsi untuk wanita melepaskan diri dari tangan lawan ketika ia berada di posisi bawah atau terancam dengan posisi tubuh menghadap ke atas.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca