Stres Sudah Hilang, Tapi Kok Sekarang Malah Sakit? Ini Penyebabnya

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 06/09/2017 . 3 menit baca
Bagikan sekarang

Tuntutan pekerjaan, masalah yang terjadi di rumah, atau jadwal ujian sekolah yang semakin dekat bisa membuat stres dan depresi orang yang mengalaminya. Pernahkah Anda sedang mengalami masalah kantor atau rumah yang membuat Anda stres dan tertekan, kemudian setelah melewatinya Anda menjadi jatuh sakit? Penyakit datang bukan saat Anda stress, tapi justru di masa pemulihan setelahnya. Apa yang menyebabkan tubuh sakit setelah Anda berhasil melewati stres dan rasa tertekan?

Penyakit baru datang setelah stres reda

Coba perhatikan ketika Anda sedang ditimpa masalah dan beban yang cukup berat kemudian Anda merasa tertekan. Ketika itu, Anda malah memiliki kekuatan penuh untuk menghadapi semua masalah. Namun saat semuanya berlalu, Anda malah merasa sakit, entah itu migrain, terserang flu, atau berbagai penyakit lainnya.

Ya, kebanyakan orang akan merasakan tubuh sakit saat masalah itu sudah terlewati dan tingkat stres mereka menurun. Tidak percaya? Hal ini bahkan telah dibuktikan dalam beberapa penelitian. salah satunya penelitian yang dilakukan pada tahun 2015 di Taiwan menemukan bahwa ruang gawat darurat rumah sakit yang ada di sana justru penuh ketika hari libur atau akhir pekan ketimbang hari kerja.

Hampir sama dengan penelitian tersebut, para peneliti dari Albert Einstein College of Medicine menyatakan bahwa para peserta yang mengikuti penelitian tersebut sebagian besar tidak mengalami migrain ketika merasa stres. Malah migrain mereka datang ketika stres dan rasa tertekan perlahan-lahan berkurang.  

Jika dilihat dari kedua penelitian tersebut, memang bisa disimpulkan apabila tubuh sakit justru setelah rasa stres tersebut hilang. Kondisi ini disebut dengan efek the let down, di mana tubuh malah merasakan sakit akibat sisa-sisa respon stres yang baru saja muncul.

Lalu apa yang menyebabkan tubuh sakit ketika stres sudah berkurang?

Jadi begini, selama Anda tertekan ketika menghadapi masalah, tubuh Anda mengalami stres yang akut. Kondisi ini akan membuat tubuh melepaskan hormon glukokortikoid, katekolamin, dan adrenalin.

Semua hormon ini berfungsi untuk merespon rangsangan stres yang Anda alami yang kemudian mengubah beberapa fungsi tubuh, seperti mempercepat detak jantung, meningkatkan tekanan darah, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ya, ketika itu Anda akan lebih kuat sebab tubuh mengeluarkan semua pasukannya untuk mempertahankan kondisinya agar tidak kalah dengan rangsangan yang datang.

Namun saat masalah terselesaikan dan Anda tidak lagi merasa stres atau depresi, maka tubuh akan menarik semua pasukannya kembali, sehingga sistem kekebalan tubuh Anda langsung menurun saat itu. Selain itu, ketika tingkat stres berkurang, prostaglandin yang juga berfungsi untuk merespon stres masih tertinggal di dalam tubuh. Sementara prostaglandin cenderung menghasilkan respon peradangan pada tubuh dan dapat memicu rematik atau sakit kepala. Sistem kekebalan yang tidak kuat serta respon peradangan yang muncul, membuat tubuh sakit dengan mudah saat itu.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Sudah Benarkah Cara Cuci Tangan Anda?

Cuci tangan bukan sekadar gosok, bilas, dan keringkan. Ada cara cuci tangan yang baik untuk benar-benar efektif bunuh kuman.

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hidup Sehat, Tips Sehat 22/06/2020 . 4 menit baca

Apakah Anda Termasuk Orang yang Cukup Bersih? Cek Dulu di Sini!

Selama ini Anda sudah mahir menjaga kebersihan diri atau belum? Ini dia tips-tips supaya tubuh selalu bersih dan bebas dari penyakit.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Hidup Sehat, Tips Sehat 22/06/2020 . 5 menit baca

7 Hal yang Paling Sering Ditanyakan Tentang Kolesterol

Kadar kolesterol tinggi bisa menghantui siapa pun. Pelajari sekarang juga apa itu kolesterol dan semua pertanyaan seputar kolesterol yang sering diajukan.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 22/06/2020 . 5 menit baca

4 Penyebab Kanker Kembali Lagi Setelah Sembuh

Setelah melakukan pengobatan yang cukup panjang dan kanker dinyatakan sembuh, rasanya sangat melegakan. Namun, bagaimana kalau kanker kembali muncul?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Hidup Sehat, Tips Sehat 21/06/2020 . 6 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

gejala penyakit yang diacuhkan

8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 03/07/2020 . 4 menit baca
mengatasi mimpi buruk

Sering Mimpi Buruk? Ini Cara Mengatasinya

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 02/07/2020 . 5 menit baca
mitos fakta cacingan

Mengungkap Mitos dan Fakta Seputar Masalah Cacingan

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 29/06/2020 . 5 menit baca
kacang almond

Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 5 menit baca