Anda kadang mungkin bingung, atau bahkan iri, melihat seseorang yang hobi banyak makan tapi berat badannya tidak bertambah. Pada kebanyakan orang, hal ini bisa menunjukkan bahwa mereka memiliki metabolisme yang cepat. Namun pada yang lainnya, berat badan yang tidak kunjung bertambah atau justru semakin berkurang meski sudah makan banyak bisa menandakan sesuatu yang salah pada tubuhnya. Apa saja penyebab seseorang sudah banyak makan tapi tetap kurus?

Berbagai hal yang jadi penyebab sudah banyak makan tapi tetap kurus

Tidak semua penyebab badan kurus meski sudah banyak makan berasal dari penyakit. Berikut adalah sejumlah hal yang bisa menyebabkannya.

1. Pola makan yang tidak tepat

Pola makan yang tidak tepat seringnya dikaitkan dengan masalah kenaikan berat badan. Padahal, efeknya juga bisa pada angka timbangan yang stagnan atau bahkan perlahan berkurang.

Salah satu faktor penyebabnya adalah makanan yang Anda makan tidak memiliki cukup kalori untuk menambah berat badan, atau tidak mendapatkan asupan makanan yang tepat, seperti lemak atau karbohidrat. Pola makan yang tidak teratur pun ikut berperan dalam hal ini.

Jika Anda ingin berat badan Anda bertambah, konsumsi makanan yang sehat, teraturm dan porsi yang tepat. Konsumsilah makanan yang tinggi protein dan karbohidrat, serta lemak yang cukup.

2. Olahraga terlalu berlebihan

Jika Anda sudah makan banyak tapi tetap kurus, ini mungkin karena rutinitas olahraga Anda yang terlalu keras.

Ketika Anda terus mendapatkan asupan makanan, tapi membalasnya dengan terus-terusan melakukan olahraga dengan intensitas tinggi, tubuh Anda tidak akan memiliki cadangan kalori yang cukup untuk dijadikan energi.

Jika Anda menghabiskan energi yang lebih banyak ketimbang energi yang Anda dapat dari makanan, maka Anda akan sulit untuk meningkatkan berat badan.

Sebaiknya Anda catat apa saja yang sudah Anda konsumsi dalam sehari. Hal ini akan membantu Anda untuk menyeimbangkan energi yang masuk dengan energi yang Anda keluarkan.

3. Stress

Beberapa orang yang kurus meski sudah makan banyak punya perut buncit. Salah satu hal yang bisa menyebabkan orang kurus bisa berperut buncit adalah tingginya tingkat hormon kortisol dalam darah.

Hormon kortisol akan meningkat ketika kita stres. Hormon kortisol merupakan salah satu pemicu pematangan sel lemak jahat, yang memicu penumpukan lemak perut.

4. Penyakit kronis

Penyakit kronis bisa menjadi penyebab kenapa Anda sudah makan banyak tapi tetap kurus, atau bahkan berat badan Anda menurun. 

Beberapa masalah kesehatan yang menyebabkan badan tetap kurus meski sudah makan banyak, antara lain:

  • Malnutrisi
  • Kanker
  • Gangguan pada kelenjar tiroid (hipertiroidisme dan hipotiroidisme)
  • Diabetes
  • Penyakit hati, jantung, ginjal, atau paru-paru.
  • Kondisi peradangan jangka panjang, seperti rheumatoid arthritis atau lupus.
  • Masalah gigi dan mulut
  • Gangguan pada sistem pencernaan, seperti penyakit tukak lambung, penyakit celiac, peradangan pada bagian usus.
  • Mengalami infeksi virus, bakteri, atau parasit, yaitu HIV dan AIDS, tuberkulosis (TBC), dan diare.
  • Demensia, orang yang mengalami demensia sering kali susah menyampaikan kebutuhan makanannya.
  • Sulit menelan (disfagia)

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca