Lebih Baik Pakai Tabir Surya (Sunscreen) Kedaluwarsa Atau Tak Pakai Sama Sekali?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 08/01/2019 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Tabir surya (sunscreen) adalah pelindung kulit nomor satu di bawah sinar matahari. Namun, bagaimana jika tabir surya yang Anda miliki ternyata kedaluwarsa? Padahal hari ini Anda akan berkegiatan di luar ruangan. Lantas mana yang lebih baik, pakai tabir surya kedaluwarsa atau tidak memakainya sama sekali?

Apa yang terjadi saat sunscreen kedaluwarsa?

cara memakai sunscreen

Tabir surya biasanya memberikan perlindungan dengan kandungan bahan aktif yang menyerap atau memantulkan radiasi sinar ultraviolet (UV). Menurut Melanoma Research Foundation, produk yang satu ini biasanya mengandung zink oksida atau titanium oksida yang mampu menghalangi sinar radiasi UVA dan UVB.

Sama seperti produk lainnya, tabir surya juga memiliki tanggal kedaluwarsa. Biasanya, produk tabir surya akan bekerja efektif selama tiga tahun setelah dibuka. Sayangnya, di atas tiga tahun produk ini umumnya tak lagi efektif. Jessica Wu, seorang dokter spesialis kulit dari Los Angeles, Amerika Serikat menyatakan bahwa tabir surya yang kedaluwarsa tak lagi mampu melindungi kulit dari bahaya sinar matahari.

Selain itu, bahan-bahan yang terkandung di dalamnya juga bisa rusak dan menimbulkan iritasi serta alergi jika tetap dipakai. Bahkan, sunscreen yang kedaluwarsa biasanya mulai ditumbuhi jamur atau bakteri yang bisa menginfeksi kulit.

Pakai tabir surya kedaluwarsa vs. tidak pakai, mana lebih baik?

melindungi kulit dari matahari

Sunscreen kedaluwarsa tentu akan kurang efektif dalam menghalangi paparan sinar UV. Produk ini bisa meningkatkan risiko kulit terbakar dan kanker kulit. Akan tetapi, tabir surya dengan tekstur pekat seperti krim dan losion biasanya masih bisa memberikan perlindungan kulit dari sinar matahari bahkan jika telah kedaluwarsa.

Dr. Lauren Ploch, seorang dokter kulit di Amerika Serikat menyatakan bahwa pakai tabir surya yang telah kedaluwarsa lebih baik daripada tidak pakai sama sekali. Apalagi jika bahan aktifnya adalah zink oksida dan titanium oksida.

Hal ini didasarkan pada fakta yang menyatakan bahwa sebenarnya tabir surya yang masih lama kedaluwarsanya pun bisa tak lagi efektif jika disimpan dengan cara yang salah. Bahan-bahan di dalamnya bisa saja rusak meski belum kedaluwarsa. Atas pertimbangan inilah, dr. Lauren menyatakan Anda masih bisa menggunakan tabir surya yang sudah kedaluwarsa.

Akan tetapi, tentu saja hal ini hanya berlaku jika Anda ada dalam kondisi terpaksa. Jangan sampai Anda terus menggunakan tabir surya yang telah kedaluwarsa hanya karena tidak menimbulkan efek negatif pada kulit. Segera beli produk baru agar kulit tetap dapat terlindungi dengan baik.

Pakai baju tertutup untuk memberikan perlindungan tambahan

tanda kurang sinar matahari
Sumber: Verywell

Dikarenakan tabir surya yang kedaluwarsa tidak lagi terlalu efektif melindungi kulit, gunakanlah pakaian tertutup saat keluar ruangan. Pakaian tertutup seperti kemeja, celana, dan rok lengan panjang memang tidak bisa memberikan perlindungan penuh.

Akan tetapi, menggunakan pakaian tertutup cukup berguna untuk menghalau sinar matahari yang langsung menembus kulit.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan topi untuk membantu menghalangi sinar matahari yang langsung menusuk kulit wajah. Anda juga bisa menggunakan kacamata jika perlu untuk membantu memberikan perlindungan tambahan. Jangan lupa, lindungi kulit kaki Anda dengan menggunakan kaus kaki dan sepatu yang tertutup.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

4 Kesalahan Umum Memakai Sunscreen Pada Wajah

Sunscreen wajah bisa melindungi kulit Anda. Namun, kadang masih ada yang melakukan kesalahan saat memakai sunscreen. Ketahui cara mencegahnya di sini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Perawatan Kulit, Hidup Sehat, Kecantikan 07/02/2020 . Waktu baca 5 menit

Benarkah Berbahaya? Ini Fakta Seputar Makanan Kedaluwarsa

Fakta makanan kedaluwarsa patut diketahui untuk membantah mitos yang selama ini beredar. Tak selamanya mengonsumsi makanan kedaluwarsa berbahaya.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Nutrisi, Hidup Sehat 06/01/2020 . Waktu baca 4 menit

Makeup Mengandung SPF Cukup Untuk Melindungi Kulit dari Sinar UV ?

Berbagai produk makeup kini telah dilengkapi dengan SPF untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet. Lantas, perlukah menggunakan sunscreen lagi?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Perawatan Kulit, Hidup Sehat 30/12/2019 . Waktu baca 4 menit

Sudah Pakai Tabir Surya tapi Kulit Masih Menghitam, Kenapa Begitu?

Tabir surya sudah digunakan, tetapi kulit masih saja bisa menghitam? Berikut beberapa kesalahan saat memakai tabir surya yang mungkin jadi penyebabnya.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Hidup Sehat, Kecantikan 14/12/2019 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

tanggal kedaluwarsa

4 Fakta yang Perlu Anda Ketahui Seputar Tanggal Kedaluwarsa

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 10/07/2020 . Waktu baca 4 menit
arti SPF dan PA dalam sunscreen

Apa Arti SPF dan PA pada Tabir Surya?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 12/04/2020 . Waktu baca 4 menit
Konten Bersponsor
mencegah kulit terbakar matahari

Tips Melindungi Kulit dari Cuaca Ekstrem Saat Ibadah Haji

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 23/03/2020 . Waktu baca 5 menit
arti SPF dan PA dalam sunscreen

Waktu Penggunaan Sunscreen yang Tepat Demi Kulit yang Lebih Sehat

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 16/03/2020 . Waktu baca 3 menit