Lebih Baik Pakai Tabir Surya (Sunscreen) Kedaluwarsa Atau Tak Pakai Sama Sekali?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Tabir surya (sunscreen) adalah pelindung kulit nomor satu di bawah sinar matahari. Namun, bagaimana jika tabir surya yang Anda miliki ternyata kedaluwarsa? Padahal hari ini Anda akan berkegiatan di luar ruangan. Lantas mana yang lebih baik, pakai tabir surya kedaluwarsa atau tidak memakainya sama sekali?

Apa yang terjadi saat sunscreen kedaluwarsa?

cara memakai sunscreen

Tabir surya biasanya memberikan perlindungan dengan kandungan bahan aktif yang menyerap atau memantulkan radiasi sinar ultraviolet (UV). MenurutĀ Melanoma Research Foundation, produk yang satu ini biasanya mengandung zink oksida atau titanium oksida yang mampu menghalangi sinar radiasi UVA dan UVB.

Sama seperti produk lainnya, tabir surya juga memiliki tanggal kedaluwarsa. Biasanya, produk tabir surya akan bekerja efektif selama tiga tahun setelah dibuka. Sayangnya, di atas tiga tahun produk ini umumnya tak lagi efektif. Jessica Wu, seorang dokter spesialis kulit dari Los Angeles, Amerika Serikat menyatakan bahwa tabir surya yang kedaluwarsa tak lagi mampu melindungi kulit dari bahaya sinar matahari.

Selain itu, bahan-bahan yang terkandung di dalamnya juga bisa rusak dan menimbulkan iritasi serta alergi jika tetap dipakai. Bahkan, sunscreen yang kedaluwarsa biasanya mulai ditumbuhi jamur atau bakteri yang bisa menginfeksi kulit.

Pakai tabir surya kedaluwarsa vs. tidak pakai, mana lebih baik?

melindungi kulit dari matahari

Sunscreen kedaluwarsa tentu akan kurang efektif dalam menghalangi paparan sinar UV. Produk ini bisa meningkatkan risiko kulit terbakar dan kanker kulit. Akan tetapi, tabir surya dengan tekstur pekat seperti krim dan losion biasanya masih bisa memberikan perlindungan kulit dari sinar matahari bahkan jika telah kedaluwarsa.

Dr. Lauren Ploch, seorang dokter kulit di Amerika Serikat menyatakan bahwa pakai tabir surya yang telah kedaluwarsa lebih baik daripada tidak pakai sama sekali. Apalagi jika bahan aktifnya adalah zink oksida dan titanium oksida.

Hal ini didasarkan pada fakta yang menyatakan bahwa sebenarnya tabir surya yang masih lama kedaluwarsanya pun bisa tak lagi efektif jika disimpan dengan cara yang salah. Bahan-bahan di dalamnya bisa saja rusak meski belum kedaluwarsa. Atas pertimbangan inilah, dr. Lauren menyatakan Anda masih bisa menggunakan tabir surya yang sudah kedaluwarsa.

Akan tetapi, tentu saja hal ini hanya berlaku jika Anda ada dalam kondisi terpaksa. Jangan sampai Anda terus menggunakan tabir surya yang telah kedaluwarsa hanya karena tidak menimbulkan efek negatif pada kulit. Segera beli produk baru agar kulit tetap dapat terlindungi dengan baik.

Pakai baju tertutup untuk memberikan perlindungan tambahan

tanda kurang sinar matahari
Sumber: Verywell

Dikarenakan tabir surya yang kedaluwarsa tidak lagi terlalu efektif melindungi kulit, gunakanlah pakaian tertutup saat keluar ruangan. Pakaian tertutup seperti kemeja, celana, dan rok lengan panjang memang tidak bisa memberikan perlindungan penuh.

Akan tetapi, menggunakan pakaian tertutup cukup berguna untuk menghalau sinar matahari yang langsung menembus kulit.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan topi untuk membantu menghalangi sinar matahari yang langsung menusuk kulit wajah. Anda juga bisa menggunakan kacamata jika perlu untuk membantu memberikan perlindungan tambahan. Jangan lupa, lindungi kulit kaki Anda dengan menggunakan kaus kaki dan sepatu yang tertutup.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca