Operasi jantung adalah prosedur yang memiliki risiko fatal bila tidak dilakukan dengan benar. Oleh karena itu, selalu pastikan untuk berkonsultasi dengan tim dokter yang menangani Anda tentang detail jalannya operasi, termasuk apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama hingga setelahnya. Sementara berdiskusi, Anda juga dapat meminta mereka untuk melakukannya di siang hari. Pasalnya, sebuah studi menemukan bahwa operasi jantung di siang hari lebih aman daripada di waktu-waktu lainnya. Kenapa?

Operasi jantung lebih sukses dan jauh lebih aman di siang hari ketimbang pagi-pagi

Operasi besar seperti operasi jantung pada umumnya dilakukan di pagi hari. Meski begitu, laporan yang berasal dari University of Lille, Perancis, justru menyatakan hal berbeda: operasi jantung lebih efektif jika dilakukan di siang hari.

Penelitian ini melibatkan hampir 600 orang pasien dengan gangguan fungsi jantung yang kemudian dibagi menjadi dua kelompok berdasarkan jadwal operasinya, yaitu pagi dan siang hari. Setelah itu, para peneliti memantau kondisi pasien selama kurang lebih 500 hari setelah operasi.

Dari penelitian tersebut diketahui bahwa risiko komplikasi jantung pascaoperasi (seperti stroke dan gagal jantung) menurun hingga 50 persen pada kelompok pasien yang melakukan operasi jantung di siang hari.

komplikasi setelah operasi

Mengapa demikian?

Setiap organ tubuh Anda memiliki jadwal-jadwal tertentu saat organ tersebut bekerja lebih maksimal atau justru beristirahat. Hal ini berkaitan dengan jam biologis tubuh, yang disebut juga dengan ritme sirkadian. Jam biologis mengikuti segala perubahan pada aktivitas fisik, mental, dan perilaku manusia dalam siklus 24 jam.  Jam biologis seseorang bisa menentukan siklus tidur, produksi hormon, suhu tubuh, rasa lapar, dan berbagai fungsi tubuh lainnya — termasuk kerja jantung.

Ritme sirkadian dipengaruhi oleh kondisi cahaya di lingkungan sekitar Anda. Hasil laboratorium menyatakan bahwa kerja sel jantung lebih efektif selama siang hari. Para ahli juga menyebutkan bahwa otot-otot jantung bekerja lebih baik di siang hari, yang dapat meningkatkan peluang sukses operasi. Selain itu, pemulihan sel jantung juga lebih baik di siang hari ketimbang di pagi atau malam hari.

Akan tetapi, hal ini tetap harus diteliti dan diuji lebih lanjut. Pasalnya, masih banyak faktor lain yang memengaruhi keberhasilan operasi jantung. Mereka juga menyatakan bahwa peluang kesuksesan operasi juga berhubungan dengan gen dalam tubuh. Gen tertentu yang dimiliki beberapa pasien membuat sel jantungnya bekerja lebih baik ketika di siang hari.

Selalu konsultasikan dulu dengan dokter Anda

Meski memang penelitian ini menyatakan bahwa siang hari adalah waktu yang tepat, tapi tentu saja hal ini kembali dengan kondisi masing-masing pasien dan tim dokter Anda yang mengetahui jadwal terbaik bagi Anda.

Maka dari itu, untuk mengetahui kapan jadwal operasi jantung yang terbaik untuk Anda, diskusikan dan konsultasikan hal ini pada dokter Anda.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca