Psst, Bantal Tidur Ini Bisa Mencegah Munculnya Kerutan di Wajah

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: | Oleh

Tanggal tayang Maret 20, 2018
Bagikan sekarang

Setiap orang pasti senang tidur dengan menggunakan bantal. Namun, ternyata posisi tidur yang buruk dan penggunaan bantal yang tidak tepat ternyata dapat menyebabkan munculnya kerutan di wajah. Lalu bagaimana cara menghindari kerutan di wajah karena salah posisi tidur atau salah memilih bantal? Perhatikan ulasan di bawah ini, ya.

Mengapa bisa muncul kerutan di wajah?

Kerutan di wajah ternyata dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Para ahli mengategorikan kerutan mejadi 4 kelompok, yaitu kerutan ekspresional (kerutan yang disebabkan oleh eksprei wajah), kerutan atrofik (disebabkan oleh atrofi atau kerusakan pada bagian luar kulit), kerutan gravitasi (yang disebabkan akibat penekanan pada wajah, terutama saat tidur) dan yang terakhir adalah kerutan elastotik, yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Ekspresi pada wajah dibentuk oleh gerakan 43 otot dan dapat meghasilkan 100 ribu variasi ekspresi wajah. Kulit wajah ternyata akan bereaksi terhadap segala gerakan pada wajah Anda seperti tersenyum, mengernyitkan dahi, maupun ekspresi-ekspresi wajah lainnya. Ekspresi-ekspresi yang terus menerus terjadi, ternyata lama-kelamaan dapat membuat munculnya kerutan di wajah Anda. Awalnya, kerutan-kerutan tersebut hanya muncul bila Anda berekspresi. Namun, seiring waktu kerutan-kerutan tersebut dapat menetap pada wajah Anda.

Apa hubungannya kerutan di wajah dengan posisi tidur?

Tidak hanya akibat ekspresi wajah saja, posisi tidur dan penggunaan bantal ternyata juga dapat menimbulkan munculnya kerutan di wajah. Posisi tidur yang miring ke salah satu sisi, misalnya, akan menyebabkan wajah tertekan ke sisi bantal. Pada usia muda, kerutan-kerutan tersebut umumnya bisa hilang di pagi hari, yaitu beberapa jam setelah Anda bangun tidur. Namun, seiring dengan bertambahnya usia, kerutan-kerutan akibat posisi tidur tersebut ternyata dapat menetap dan bersifat permanen pada wajah Anda.

Seiring berjalannya waktu, garis-garis penuaan dan kerutan di wajah juga akan menjadi semakin dalam dan akan membuat wajah tampak mengalami penuaan.

Benarkah ada bantal khusus anti kerut?

Saat ini, para peneliti telah menemukan jenis bantal khusus yang dapat mencegah timbulnya kerutan pada wajah Anda. Ketika Anda tidur pada posisi miring, maka wajah Anda (terutama bagian pinggir dahi, pipi, mata, dan mulut) akan tertekan pada bantal. Penekanan yang terjadi secara terus-menerus ini ternyata mampu menciptakan kerutan pada daerah mata, pinggir dahi, dan bibir Anda.

Namun, pada bantal anti kerut (juga dikenal sebagai beauty pillow), tekanan akan disebarkan, sehingga penekanan pada setiap bagian akan menjadi sama. Penekanan akan dibagi oleh bantal, hingga ke bagian dahi dan dagu Anda. Selain itu, tingkat penekanan juga akan mengalami penurunan, sehingga tidak akan terjadi kerutan pada saat Anda tidur.

Bantal anti kerut (beauty pillow)

Hal ini bisa terjadi karena struktur bantal tersebut yang unik, sehingga ketika Anda berbaring di atasnya, wajah Anda tidak menekan bantal dan menjadi berkerut. Bahkan, berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, penggunaan bantal seperti ini ternyata benar-benar dapat mengurangi kerutan pada wajah Anda, terutama kerutan pada daerah pinggir dahi, mata, dan sekitar bibir anda.

Tips menjaga keremajaan kulit

Selain menggunakan bantal khusus, masih ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah munculnya kerutan di wajah atau tanda-tanda penuaan lainnya. Berikut adalah tips-tipsnya.

  • Cobalah untuk tidur dengan posisi terlentang agar wajah tidak tertekan.
  • Berhenti merokok karena ternyata rokok sangat berperan dalam menciptakan munculnya kerutan di wajah.
  • Lindungi diri Anda terhadap sinar matahari berlebihan. Oleh karena itu, selalu gunakan sunblock saat Anda beraktivitas di luar ruangan, di mana Anda akan kena sinar matahari langsung dalam waktu yang lama.
  • Gunakan krim yang mengandung bahan-bahan alami seperti lidah buaya atau yang kerap disebut aloe vera. Bahan alami ini ternyata dapat mencegah terjadinya kerusakan pada kulit akibat sinar ultraviolet dari matahari. Penggunaan krim yang mengandung bahan ini dapat digunakan sebelum, saat, maupun sesudah paparan terhadap sinar matahari. Selain itu, lidah buaya juga memiliki kemampuan untuk menyejukkan kulit, sehingga dapat menimbulkan rasa nyaman dan segar setelah kena sinar matahari.
  • Rajin menggunakan krim wajah setiap hari bisa membantu meningkatkan regenerasi kulit wajah, menjaga agar tetap kenyal, dan mencegah munculnya kerutan di wajah.
  • Makan makanan yang kaya antioksidan seperti buah-buahan dan sayuran. Kandungan antioksidan sangat baik untuk mencegah terjadinya penuaan pada wajah Anda.
  • Olahraga rutin membuat Anda merasa bahagia dan membantu mencegah penurunan kekuatan otot pada tubuh Anda. Selain itu, olahraga juga bisa menjaga kesehatan kulit.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

7 Cara Menjaga Tubuh Agar Tetap Fit Saat Puasa

Jangan sampai karena puasa Anda jadi lemas, lesu, dan mudah sakit. Simak rutinitas yang bisa dilakukan agar tetap fit saat puasa.

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Risky Candra Swari
Hari Raya, Ramadan Mei 9, 2020

Kenapa Kita Sering Ngantuk Saat Puasa?

Penelitian menunjukkan bahwa pukul 14.00 sampai 16.00 adalah waktunya kantuk menyerang saat kita berpuasa. Kenapa sering ngantuk saat puasa?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh dr. Angga Maulana
Hari Raya, Ramadan Mei 7, 2020

4 Tips Mencegah Maag Kambuh Saat Puasa

Puasa menjadi tantangan tersendiri untuk Anda yang memiliki maag. Namun, jangan khawatir, berikut tips-tips mencegah maag saat puasa.

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Novita Joseph
Hari Raya, Ramadan Mei 7, 2020

Benarkah Ekspresi Wajah Tidak Selalu Mencerminkan Isi Hati?

Ekspresi wajah bisa menunjukkan perasaan. Namun, ekspresi wajah tidak selalu mencerminkan isi hati orang sesungguhnya. Benarkah demikian?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh Ihda Fadila
Hidup Sehat, Psikologi Mei 6, 2020

Direkomendasikan untuk Anda

5 Penyebab Mulut Anda Terasa Pahit Saat Puasa

5 Penyebab Mulut Anda Terasa Pahit Saat Puasa

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Ajeng Quamila
Tanggal tayang Mei 19, 2020
Rutin Minum Madu Saat Sahur Bisa Memberikan 5 Kebaikan Ini

Rutin Minum Madu Saat Sahur Bisa Memberikan 5 Kebaikan Ini

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Karinta Ariani Setiaputri
Tanggal tayang Mei 17, 2020
3 Buah Selain Kurma yang Baik untuk Berbuka Puasa

3 Buah Selain Kurma yang Baik untuk Berbuka Puasa

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Monika Nanda
Tanggal tayang Mei 14, 2020
5 Fungsi Antiseptik Cair Selain untuk Mandi

5 Fungsi Antiseptik Cair Selain untuk Mandi

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh Willyson Eveiro
Tanggal tayang Mei 12, 2020