Manfaat Bekerja di Coworking Space bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 26/03/2020 . 3 mins read
Bagikan sekarang

Sekarang ini muncul sebuah tren bekerja di coworking space. Selain karena sebuah tren, ternyata ada alasan yang membuat coworking menjadi semakin dikenal. Dari berbagai keuntungannya, apakah ada manfaat yang berhubungan dengan kesehatan saat bekerja di coworking space?

Apa itu coworking space?

Ruang kerja bersama atau lebih dikenal dengan coworking space merupakan lingkungan kantor yang dapat dipakai siapa saja, seperti mereka yang bekerja mandiri. 

Tren bekerja bersama ini berkembang pesat. Sebanyak 7.800 tempat bekerja bersama tersebar di seluruh dunia pada 2015 dengan tingkat pertumbuhan sebesar 83% dari 2012-2013 dan 36% dari 2014-2015.

Para profesional dari berbagai bidang, terutama yang mandiri seperti freelancer (pekerja lepas) atau yang bekerja di luar kantor, memanfaatkan ruang kerja bersama ini sebagai tempat bekerja.

Coworking space menawarkan para pekerja lepas kesempatan untuk bersosialisasi, mendapat atau merasakan keuntungan dari infrastruktur sebuah kantor, dan jadi tidak terisolasi.

Interaksi dan dukungan sosial di coworking space

Individu yang memanfaatkan ruang kerja bersama tentu memiliki fleksibilitas dalam tempat di mana mereka bekerja. Namun terdapat kekurangan dari fleksibilitas ini yaitu terisolasi. Perasaan terisolasi akan dirasakan ketika seseorang membutuhkan dukungan, ingin dimengerti dan aspek sosial, dan emosional lainnya.

1. Interaksi sosial

Interaksi sosial di coworking space memiliki bentuk yang berbagai macam. Misalkan, seseorang hanya duduk bersebelahan lalu terlibat dalam percakapan seperti pada umumnya.

Contoh lebih baiknya yaitu seperti saat para pekerja lepas berkumpul untuk menambah jaringan, bertukar pikiran, atau berkolaborasi. 

2. Dukungan sosial

Sebuah penelitian dilakukan untuk membandingkan dukungan sosial yang didapat antara coworking space dan lingkungan kantor tradisional.

Hasilnya menunjukkan efek yang sama dan sekaligus berbeda dari dukungan sosial dari rekan kerja di lingkungan kantor tradisional dan rekan kerja di ruang kerja bersama.

Coworking space adalah kantor bagi para pekerja lepas profesional. Alasan utama orang-orang bekerja di tempat ini adalah kesempatan untuk dapat berinteraksi sosial yang dapat menghilangkan perasaan terisolasi. Dapat disimpulkan kesehatan mental para pekerja meningkat.

Apakah coworking space dapat memberi manfaat kesehatan fisik?

Sebuah penelitian lain membandingkan coworking space dengan bekerja di rumah. Hasilnya menemukan, ruang kerja bersama sebagai tren baru jauh lebih baik terutama dibandingkan dengan bekerja dari rumah.

Apa keuntungan dari coworking bisa mengalahkan nyamannya bekerja di rumah yang sudah lebih dulu menjadi pilihan tempat bekerja?

  1. Pengelola ruang kerja biasanya selalu memiliki penawaran menarik yang tak hanya untuk menambah wawasan, tapi juga meningkatkan kebugaran. Workshop dan pelatihan untuk menambah kemampuan belum tentu Anda dapatkan ketika bekerja di rumah atau bahkan bekerja di kantor pada umumnya.
  2. Peralatan pendukung kerja yang lebih baik. Pengelola ruang kerja bersama juga sering menawarkan lingkungan kerja yang lebih ergonomis sehingga dapat meningkatkan kesehatan. 

Anda lebih cenderung suka bekerja di lingkungan seperti apa? Pada dasarnya, semua lingkungan kerja memiliki keuntungan dan kekurangannya masing-masing.

Bagi yang memerlukan privasi dan kurang suka dengan keramaian, ruang kerja bersama mungkin bukan pilihan yang tepat. Sebaliknya, bagi para ekstrovert, coworking space mungkin cenderung menjadi pilihan utama saat mencari lokasi untuk bekerja.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Tips Mengonsumsi Susu untuk Penderita Intoleransi Laktosa

Seseorang yang intoleransi laktosa umumnya akan mengalami gangguan pencernaan sesudah mengonsumsi produk susu. Berikut cara aman menghindarinya.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Hidup Sehat, Tips Sehat 24/04/2020 . 4 mins read

Cara Praktis Menakar Porsi Makan untuk Menjaga Berat Badan

Saat mengatur porsi makan, Anda mungkin terkendala cara menakar bahan makanan yang tepat. Berikut langkah yang bisa Anda lakukan.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Nutrisi, Hidup Sehat 17/04/2020 . 6 mins read

Apakah Pengidap Thalassemia Bisa Sembuh Total?

Thalassemia merupakan penyakit keturunan yang sulit diobati. Meski demikian, para ahli terus mencari cara untuk mengobati thalassemia hingga sembuh total.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Hidup Sehat, Tips Sehat 10/04/2020 . 5 mins read

Memilih Obat Tidur yang Aman untuk Ibu Hamil dan Janin

Untuk membantu ibu hamil yang sesah tidur, obat dapat menjadi solusinya. Namun, Anda perlu memilih obat tidur yang aman dan tidak berisiko pada kehamilan.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 01/04/2020 . 4 mins read

Direkomendasikan untuk Anda

mencium bau hujan

Ini Penjelasan Ilmiah Mengapa Beberapa Orang Suka Bau Hujan

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Dipublikasikan tanggal: 15/05/2020 . 4 mins read
hubungan poliamori

Mengenal Hubungan Poliamori, Saat Cinta Anda Tak Hanya untuk Satu Orang

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rena Widyawinata
Dipublikasikan tanggal: 13/05/2020 . 4 mins read
pengaruh tbc pada ibu hamil

Apa Pengaruh TBC pada Ibu Hamil dan Janin?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 11/05/2020 . 4 mins read
memilih terapis seks

Jangan Asal Pilih, Begini Cara Menentukan Terapis Seks yang Cocok untuk Anda

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 28/04/2020 . 6 mins read