Punya Istri Cerewet Ternyata Baik untuk Kesehatan Suami, Ini Bukti Ilmiahnya

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 08/01/2018
Bagikan sekarang

Banyak yang beranggapan bahwa memiliki rumah tangga dengan istri yang cerewet itu merepotkan. Eits, tunggu dulu. Sebagai suami, Anda justru patut bersyukur memiliki istri yang cerewet. Pasalnya, para periset menemukan bahwa memiliki istri cerewet bisa membuat suami hidup lebih sehat. Bagaimana bisa?

Manfaat memiliki istri cerewet, menurut penelitian

Dilansir dari Healthline, para periset menggunakan data dari National Social Life, Health, and Aging Project untuk meneliti hubungan jenis kelamin dengan kualitas kesehatan. Penelitian ini melibatkan 1.228 pasangan suami istri (pasutri) yang telah menikah lebih dari lima tahun dengan usia responden berkisar dari 57 sampai 85 tahun. Ternyata, di akhir penelitian menunjukkan bahwa terdapat 389 responden yang mengalami diabetes.

Fakta mengejutkan dari Dr. Hui Liu, seorang profesor sosiologi dari Michigan State University, menemukan bahwa pria yang rumah tangganya kurang bahagia justru cenderung terhindar dari penyakit diabetes. Kalaupun mengidap diabetes, pria akan lebih mampu untuk mengendalikannya.

Hal ini disebabkan karena para istri yang senang mengomel cenderung mengatur perilaku hidup yang lebih sehat untuk suami dan keluarganya. “Apakah suami sudah cukup berolahraga?”, “Apakah anggota keluarga mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi gula?”, “Sudahkah suami cukup makan sayur dan buah?”, dan sederet pertanyaan lainnya yang menggambarkan perhatian istri terhadap suami.

Hasil penelitian ini tidak berlaku sebaliknya. Para istri akan terhindar dari risiko diabetes bila mereka memang memiliki rumah tangga yang bahagia. Menurut Dr. Hui Liu, ini disebabkan karena wanita mungkin lebih sensitif terhadap kualitas hubungan asmaranya daripada pria. Jika rumah tangganya baik dan bahagia, hal tersebut akan mendorong wanita untuk menjalani gaya hidup yang lebih sehat dalam keluarga.

Memiliki istri cerewet, hidup suami menjadi lebih sehat

Menurut Dr. Karen Ruskin, Syd.D., seorang terapis pernikahan dan keluarga dari Sharon, Massachusetts, setiap omelan dari istri sebenarnya belum tentu menjadi tanda ketidakbahagiaan. Bahkan, ucapan atau omelan istri merupakan bukti dari seberapa besar rasa kepeduliannya terhadap Anda. Selain itu, saat istri menjadi cerewet juga bisa menjadi tanda munculnya rasa frustasi yang dirasakan ketika para suami tidak kooperatif terhadap apa yang mereka inginkan.

Misalnya saja, saat istri meminta atau menyuruh sesuatu secara berulang-ulang, para suami sering menangkapnya sebagai suatu omelan sehingga langsung melabeli para istri dengan kata ‘istri cerewet’. Padahal, mungkin saja ucapan istri ini menggambarkan cara mereka untuk berkomunikasi dengan Anda sebagai pasangannya.

Ambil contoh lain, untuk suami yang terkena diabetes, istri yang cerewet akan lebih mampu mengingatkan suami untuk mengendalikan kadar gula darah. Ini menandakan bahwa para istri melakukan pemantauan yang lebih baik terhadap kesehatan suami. Beruntungnya, hidup Anda dan keluarga menjadi lebih sehat.

Meskipun demikian, pasutri tetap harus pintar mengendalikan emosi

Walaupun omelan istri bisa membuat suami menjadi lebih sehat, namun bukan berarti para istri bisa semena-mena memarahi suami tanpa sebab. Omelan yang tidak berdasar dapat menjadi hal yang sangat mengganggu, hingga memancing permusuhan dan tekanan emosional. Tentunya, Anda harus bisa membedakan mana omelan yang memiliki tujuan yang baik dan mana omelan yang hanya sekedar melampiaskan emosi.

Untuk para istri, cobalah untuk menyampaikan kemauan Anda dengan cara yang lebih lembut. Bila memang harus dengan omelan, sampaikan pula maksud dan tujuan Anda agar tidak menimbulkan salah paham. Tekankan bahwa apa yang Anda lakukan hanyalah untuk kebaikan dan kesehatan suami maupun keluarga.

Sebaliknya, untuk para suami, ajak istri Anda untuk berdiskusi dengan baik. Jangan buru-buru melabeli ‘istri cerewet’ sebelum Anda tahu pasti alasan mengapa istri mengomel. Jangan lupa untuk berterima kasih saat istri Anda memperhatikan kesehatan Anda, meski lewat omelan.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"

Yang juga perlu Anda baca

Berbagai Manfaat Daun Kale, Si Hijau yang Kaya Zat Gizi

Tak heran jika kale kini naik daun di kalangan para pecinta kesehatan. Sayuran hijau ini mengandung segudang manfaat, termasuk untuk kanker payudara.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Nutrisi, Hidup Sehat 28/05/2020

Cara Diet Turun Berat Badan yang Aman Tanpa Bahayakan Kesehatan

Mau punya berat badan ideal? Diet sehat jawabannya. Namun, agar diet yang Anda lakukan tidak sia-sia, simak dulu panduan lengkap berikut ini.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari

Apa Bedanya Stres dan Depresi? Kenali Gejalanya

Stres dan depresi tidak sama, keduanya memiliki perbedaan mendasar. Maka jika penanganannya keliru, depresi bisa berakibat fatal. Cari tahu, yuk!

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri

5 Penyebab Mulut Anda Terasa Pahit Saat Puasa

Penyebab mulut terasa pahit saat puasa biasanya tidak berbahaya. Bisa jadi, mulut terasa pahit karena Anda lalai melakukan hal yang satu ini! Apa ya?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hari Raya, Ramadan 19/05/2020

Direkomendasikan untuk Anda

warna rambut

Warna Rambut Sesuai Karakteristik Diri, yang Manakah Anda?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 31/05/2020
gerimis bikin sakit

Benarkah Gerimis Lebih Bikin Sakit Daripada Hujan?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 31/05/2020

Mengapa Perlu Matikan Lampu Saat Tidur?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 29/05/2020
resep membuat bakwan

4 Resep Membuat Bakwan di Rumah yang Enak Tapi Sehat

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020