Katanya, Dark Chocolate Bisa Meningkatkan Daya Ingat, Apa Benar?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Cokelat bisa dibilang camilan favorit hampir semua orang dari segala usia. Cokelat memiliki berbagai jenis salah satunya dark chocolate atau cokelat hitam. Dark chocolate memiliki rasa yang pahit, tapi dibalik rasa itu cokelat hitam memiliki segudang manfaat. Manfaat dark chocolate ini ternyata memengaruhi fungsi kognitif otak, termasuk meningkatkan daya ingat serta kemampuan berpikir logis.

Dark chocolate mampu meningkatkan daya ingat dan mood

manfaat dark chocolate

Penelitian menunjukkan bahwa dark chocolate baik untuk kesehatan otak Anda. Penelitian lain menemukan bahwa secara teratur mengonsumsi cokelat hitam dapat meningkatkan daya ingat, kesehatan otak, meningkatkan mood, dan kekebalan tubuh.

Penelitian tersebut menemukan fakta bahwa orang dewasa muda yang mengonsumsi dark chocolate, punya daya ingat jangka pendek yang baik jika dibandingkan dengan orang yang makan cokelat putih biasa.

Sementara itu, cokelat juga baik bagi memori jangka panjang. Hal ini dibuktikan dalam penelitian yang melibatkan orang dewasa berusia 50-69 tahun. Para peserta yang minum suplemen kakao dengan flavanol tinggi selama tiga bulan, punya hasil tes daya ingat yang lebih tinggi daripada orang yang minum suplemen kakao dengan flavanol rendah.

Dark chocolate juga dapat meningkatkan fungsi kognitif pada orangtua

Penelitian lain, menunjukan bahwa dark chocolate dapat meningkatkan fungsi kognitif pada orang tua yang memiliki penurunan fungsi kognitif. Penelitian lainnya juga menunjukan bahwa konsumsi dark chocolate yang tinggi flavanol dapat membantu meningkatkan aliran darah ke otak jadi lebih lancar.

Bukti peningkatan aliran darah otak, kadar oksigen, atau fungsi saraf diukur dengan tes pencitraan atau tes aktivitas listrik di otak setelah konsumsi minuman cokelat hitam. Akan tetapi, karena perubahan ini tidak secara rutin dikaitkan dengan peningkatan kinerja pada tugas-tugas kognitif, sulit untuk menghubungkan hasil langsung ke fungsi otak yang lebih baik.

Namun, masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai hal ini. Karena penelitian ini tidak dapat menjelaskan banyak variabel lain yang dapat memengaruhi fungsi otak.

Mengapa dark chocolate baik daya ingat?

Cokelat hitam atau dark chocolate mengandung zat flavanols yang memiliki sifat sebagai antioksidan. Karena tingginya zat ini, dark chocolate mampu membantu meningkatkan kemampuan kognitif dan daya ingat.

Sebuah penelitian baru yang diterbitkan dalam Frontiers in Nutrition menganalisis bukti hingga saat ini bahwa flavanol dapat bermanfaat bagi fungsi otak manusia. Flavanols adalah bentuk flavonoid, zat nabati yang memiliki efek anti-peradangan dan antioksidan.

Sebuah penelitian melaporkan bahwa cokelat hitam dapat mengurangi peradangan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan mood Anda.

Ketika Anda mengonsumsi dark chocolate, zat flavanols akan terakumulasi di dalam bagian otak yang disebut dengan hippocampus. Hippocampus adalah bagian otak yang berperan dalam pembelajaran dan penyimpanan serta pengolahan memori jangka panjang.

Nah, dalam bagian otak tersebut zat flavanols memainkan perannya sebagai antioksidan dan memaksimalkan kerja saraf, sehingga membantu meningkatkan daya ingat.

Meski terbukti baik, tapi berapa banyak cokelat yang boleh dimakan?

Banyaknya dark chocolate yang seharusnya dikonsumsi per hari masih banyak diperdebatkan. Banyak penelitian berpendapat bahwa mengonsumsi 500 – 750 miligram (mg) per hari baik untuk kesehatan.

Dark chocolate memiliki berbagai persentase kakao, yang dapat membingungkan. Saat Anda memilih dark chocolate, pilihlah yang memiliki kandungan kakao setidaknya 65 persen atau lebih tinggi.

Dark chocolate dengan persentase lebih tinggi mengandung konsentrasi antioksidan dan nutrisi yang lebih tinggi dibandingkan dengan cokelat dengan persentase kakao yang lebih rendah.

Semakin tinggi kandungan kakao dalam cokelat, semakin tinggi pula kandungan flavonoidnya. Seratus gram dark chocolate mengandung 46-61 mg catechin yang merupakan salah satu tipe flavonoid.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca