5 Jenis Buah yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan ke Angka yang Lebih Ideal

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 05/02/2019
Bagikan sekarang

Buah tak hanya segar dan kaya zat gizi, makanan ini dapat membantu Anda capai berat badan ideal. Ya, nyatanya, beberapa jenis buah ternyata bisa membantu menurunkan berat badan Anda. Berikut ini jenis buah untuk menurunkan berat badan yang bisa dikonsumsi.

Berbagai buah untuk menurunkan berat badan

Kenapa buah bisa membantu menurunkan berat badan? Ini karena buah termasuk makanan rendah kalori tetapi tinggi serat. Oleh karena itu, buah bisa membuat Anda kenyang lebih lama sehingga keinginan untuk makan banyak pun berkurang. Berikut ini ada berbagai buah untuk membantu menurunkan berat badan yang bisa dikonsumsi, yaitu:

1. Apel

apel merah dan apel hijau

Aperl termasuk buah yang rendah kalori dan tinggi serat. Satu buah apel besar dengan berat sekitar 223 gram mengandung 116 kalori dan 5,4 gram serat. Beberapa penelitian menunjukkan fakta bahwa apel bisa membantu menurunkan berat berat badan.

Penelitian yang diterbitkan di PLoS Medicine menemukan fakta bahwa orang yang rutin makan apel kehilangan sekitar 0,56 kg beratnya per hari.  Dari hasil penelitian juga diketahui bahwa apel yang dimakan utuh mampu mengurangi rasa lapar dan mengendalikan nafsu makan. Selain itu, apel juga mengandung banyak air yang membuat perut terasa penuh dan kenyang.

2. Semangka

manfaat semangka

Semangga merupakan buah dengan kadar air yang tinggi. Oleh karena itu, semangka menjadi salah satu buah untuk menurunkan berat badan Anda yang berlebih. Pasalnya, dengan makan beberapa potong semangka saja perut akan terasa kenyang. Dengan begitu, keinginan untuk makan makanan yang lain menjadi berkurang.

Anda bisa menjadikan semangka sebagai camilan sehat setiap kali merasa lapar dan ingin ngemil. Selain sehat dan selangkah lebih dekat ke berat badan yang ideal, semangka juga bisa memuaskan hasrat untuk makan makanan manis.

3. Kiwi

makan kiwi saat hamil

Ketika Anda mencari buah yang padat nutrisi dan bisa membantu menyukseskan diet, kiwi bisa dijadikan pilihan. Kiwi merupakan sumber vitamin C, vitamin E, folat, dan serat yang sangat baik untuk kesehatan. Sebuah penelitian yang melibatkan 41 orang prediabetes menemukan fakta bahwa makan dua buah kiwi per harinya selama 12 minggu membuat lingkar pinggang menurun sebesar 3,1 cm.

Meski mengandung gula, kiwi memiliki tingkat glikemik yang rendah. Oleh sebab itu, makan kiwi tidak membuat gula darah melonjak drastis. Selain itu, kiwi juga kaya akan serat yang bisa membantu menjaga kesehatan usus dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

4. Melon

manfaat melon jingga

Mirip seperti semangka, melon juga mengandung kadar air yang cukup tinggi. Melon juga kaya akan serat, kalium, dan antioksidan seperti vitamin C, beta karoten, dan likopen. Memakan 150 gram melon menghasilkan 46 sampai 61 kalori. Oleh karena itu, meski Anda merasa kenyang tetapi kalori yang Anda asup ke tubuh terbilang rendah. Anda bisa menikmati potongan melon segar secara langsung atau mencampurkannya ke dalam salad buah.

5. Pisang

manfaat pisang

Pisang memang termasuk buah yang padat kalori dibanding buah-buahan lainnya. Akan tetapi, pisang termasuk salah satu buah yang bisa dijadikan alternatif untuk membantu menurunkan berat badan. Pisang memiliki tingkat indeks glikemik yang rendah sampai sedang sehingga bisa membantu mengendalikan kadar insulin dan mengatur berat badan.

Selain itu, pisang juga kaya kandungan kalium, magnesium, mangan, serat, antioksidan, serta berbagai vitamin. Cobalah untuk memasukkan pisang ke dalam menu diet seimbang Anda. Ini karena pisang menjadi alternatif sehat yang bisa membantu Anda untuk mendapatkan berat badan yang ideal.

Namun, Anda tentu saja tak bisa menurunkan berat badan hanya dengan makan buah. Butuh usaha lainnya seperti menjaga pola makan dan olahraga untuk mendapatkan berat badan ideal.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Segudang Manfaat yang Ditawarkan Dari Bermain Golf yang Sayang Dilewatkan

Golf adalah salah satu olahraga yang cukup populer di segala usia. Manfaat dari bermain golf pun cukup banyak, apa saja ya?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi

4 Jenis Olahraga Saat Menopause untuk Menurunkan Berat Badan

Saat menopause, tubuh wanita cenderung mengalami berat badan. Lantas, apa jenis olahraga saat menopause yang disarankan untuk menurunkan berat badan?

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila

Beras Merah vs Beras Shirataki, Mana yang Efektif untuk Diet?

Bagi yang sedang diet, konsumsi beras atau nasi mungkin akan dibatasi. Beras merah atau beras shirataki dapat menjadi pilihan, tapi mana yang lebih efektif?

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Nutrisi, Hidup Sehat 29/03/2020

5 Tips Menurunkan Berat Badan Setelah Menopause

Menopause menyebabkan banyak perubahan pada tubuh, termasuk berat badan. Meski demikian, Anda dapat menurunkan berat badan setelah menopause dengan

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu

Direkomendasikan untuk Anda

cara menurunkan berat badan tanpa olahraga

10 Cara Mudah Turun Berat Badan Tanpa Olahraga

Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020
panduan diet sehat untuk menurunkan berat badan, cara diet sehat, menu diet sehat, makanan diet sehat, diet sehat alami

Cara Diet Turun Berat Badan yang Aman Tanpa Bahayakan Kesehatan

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020
makanan sahur untuk ibu hamil

6 Makanan Kaya Gizi yang Harus Ibu Hamil Penuhi Saat Sahur

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 13/05/2020
sirtfood diet

Kenali Sirtfood Diet yang Bikin Berat Badan Adele Turun

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 12/05/2020