Berenang Ternyata Ampuh Mengatasi Rasa Sedih dan Kecewa Karena Patah Hati

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 06/09/2017
Bagikan sekarang

Tak selamanya tidur atau mendengarkan lagu galau mempan untuk menyingkirkan rasa sedih dan kecewa. Jika saat ini Anda sedang berjuang mati-matian untuk mengembalikan mood yang terpuruk akibat patah hati, kenapa tidak berenang saja? Penasaran apa hubungannya berenang dengan mengatasi rasa sedih? Cari tahu di artikel ini.

Berlama-lama menanggung kesedihan dan kecewa meningkatkan risiko kematian akibat penyakit jantung

Meski normal bagi setiap manusia untuk memiliki kesedihan dan amarah terhadap sesuatu yang tidak berjalan semestinya, tanggapan emosional ini dapat membuat seseorang menjadi lesu, putus asa, tak berdaya, tidak bersemangat, bahkan menarik diri dari lingkungan. Oleh karena itu banyak orang yang memilih menghindar dari situasi yang bisa memicu kesedihan agar tidak mengalami efek-efek tersebut. Banyak pula yang memilih untuk tidak mengacuhkan gejolak emosi ini karena sering tidak tahan menghadapi kesedihannya.

Namun, memendam emosi dapat membahayakan kesehatan Anda. Kesedihan dan rasa kecewa yang tidak diatasi dapat berujung pada depresi klinis. Selain itu, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Psychosomatic Research menemukan bahwa orang yang suka memendam emosi mengalami peningkatan risiko kematian dini akibat penyakit jantung koroner.

Orang yang terbiasa memendam emosinya akan membawa pikiran negatif dalam tubuh yang dapat mengganggu keseimbangan hormon. Hal ini kemudian meningkatkan risiko penyakit yang berhubungan dengan peradangan dan kerusakan sel, seperti kanker, osteoporosis, dan sindrom iritasi usus (IBS).

Kenapa berenang bisa menjadi cara mengatasi rasa sedih?

Menurut Aimee C. Kimball seorang psikolog  sekaligus kepala pelatihan mental di Center for Sports Medicine di University of Pittsburgh Medical Center, berenang dapat mengurangi rasa sedih, kecemasan dan depresi secara signifikan. Mengapa hal ini bisa terjadi? Ketika Anda sedang berenang, tubuh Anda akan melepaskan endorfin, senyawa alami di dalam otak yang bisa memunculkan perasaan bahagia, bahkan euforia. Zat endorfin ini yang akan mengatasi rasa sedih, menghilangkan stres, dan meningkatkan perasaan senang.

Kegiatan berenang ini bisa menghentikan hormon stres yang menghasilkan respon fight-or-flight, mengubah rasa cemas karena sedih menjadi perasaan yang lebih rileks dan tenang. Secara sederhana, berenang bisa merangsang suatu senyawa kimia di otak yang mendorong pertumbuhan sel saraf. Olahraga seperti berenang mampu mempengaruhi serotonin yang menghasilkan atrial natriuretic peptide (ANP). ANP adalah untuk mengatur keseimbangan elektrolit dalam tubuh, namun baru-baru ini ditemukan bahwa ANP membantu menghilangkan stres dengan cara mengendalikan respons otak terhadap kecemasan dan stres.

Selain itu, berenang membutuhkan pernapasan dalam yang berpola, dan dikombinasikan dengan peregangan otot dan relaksasi. Kombinasi ketiganya telah menjadi unsur penting dari banyak metode pelatihan relaksasi lainnya, seperti yoga yang juga ampuh mengusir stres dan kesedihan.

Berenang membuat tubuh Anda terasa lebih baik, sehingga ini pada akhirnya juga bisa membuat pikiran Anda lebih baik. Secara perlahan tapi pasti, berenang bisa membantu mengatasi rasa sedih yang Anda rasakan. Berenang juga bisa menjadi olahraga pilihan untuk Anda yang tidak suka mengeluarkan banyak keringat atau membuat lutut Anda sakit.

You are already subscribed to notifications.

Baca Juga:

Sumber

The Impact of Atrial Natriuretic Peptide on Anxiety, Stress, and Craving in Patients with Alcohol Dependence - https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/24166646

How Swimming Reduces Depression.

https://psychcentral.com/blog/archives/2010/08/04/how-swimming-reduces-depression/. Accessed 04/07/2017.

How To Turn Negative Emotions Into Your Greatest Advantage.

http://www.huffingtonpost.com/2013/10/29/how-to-turn-negative-emot_n_4158113.html. Accessed 04/07/2017.

10 Things I Do Every Day to Beat Depression. http://www.everydayhealth.com/columns/therese-borchard-sanity-break/10-things-i-do-every-day-to-beat-depression/. Accessed 04/07/2017.

Exercise and Pharmacotherapy in the Treatment of Major Depressive Disorder. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2702700/. Accessed 04/07/2017.

Yang juga perlu Anda baca

10 Tips Mencegah Ibu Hamil Stres Selama Pandemi COVID-19

Virus COVID-19 memang mengkhawatirkan dan terkadang membuat ibu hamil stres. Berikut tips mencegah stres pada ibu hamil selama COVID-19.

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Coronavirus, COVID-19 02/05/2020

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Mengatasi Patah Hati?

Mengatasi patah hati adalah hal yang kompleks. Ada harapan yang pupus dan pertanyaan-pertanyaan yang tidak terjawab. Begini cara mengatasinya.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu

Benarkah Ibu Rumah Tangga Rentan Stres? Apa Alasannya?

Banyak orang berpikir menjadi ibu rumah tangga itu enak dan mudah. Namun, ibu rumah tangga pun disebut rentan mengalami stres. Benarkah?

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila

Mengenal Neustress, Jenis Stres yang Mungkin Anda Alami Tanpa Sadar

Stres yang Anda alami dapat bersifat positif, negatif, atau netral. Stres yang netral tersebut adalah neustress. Apa yang terjadi saat neustress?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu

Direkomendasikan untuk Anda

Saat Teman Sedang Sedih dan Berduka, Lakukan 4 Hal Ini

Saat Teman Sedang Sedih dan Berduka, Lakukan 4 Hal Ini

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 27/05/2020
Apa Bedanya Stres dan Depresi? Kenali Gejalanya

Apa Bedanya Stres dan Depresi? Kenali Gejalanya

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 26/05/2020
4 Cara Jitu Mengubah Hati Sedih Kembali Jadi Senang

4 Cara Jitu Mengubah Hati Sedih Kembali Jadi Senang

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 24/05/2020
Begini Cara Mengatasi Stres Karena PHK Akibat dari Pandemi COVID-19

Begini Cara Mengatasi Stres Karena PHK Akibat dari Pandemi COVID-19

Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 04/05/2020