3 Cara Makan Buah yang Ternyata Salah

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Anda pasti sudah tahu bahwa buah adalah sumber vitamin, mineral, kalium, asam folat, serat dan antioksidan anti-kanker yang baik. Orang yang makan buah sebagai bagian dari keseluruhan pola makan sehatnya pada umumnya memiliki risiko penyakit kronis yang lebih rendah. Namun, ada beberapa informasi penting yang harus Anda ingat sebelum mengonsumsi buah.

Kesalahan umum yang sering dilakukan saat makan buah

1. Tidak mencuci buah

Anda mungkin tidak mau membeli buah organik adalah harganya. Namun, versi organik dari apel, anggur, atau buah lainnya bisa mengandung pestisida dalam jumlah lebih rendah. Dengan memilih buah organik, Anda tidak hanya bisa menyerap nutrisi ekstra, tetapi juga membatasi paparan terhadap bahan kimia berbahaya dan tidak terduga.

Namun tentu saja paparan pestisida juga bisa Anda hindari tanpa membeli buah organik. Yang penting, pastikan Anda selalu mencuci bersih buah-buahan sebelum mengonsumsinya.

2. Selalu mengupas kulit buah

Jika menyangkut buah, kulitnya sering kali merupakan bagian terbaik yang mengandung vitamin dan antioksidan. Kulit apel, misalnya, penuh dengan mineral, serat, vitamin C, dan vitamin A. Para peneliti bahkan beranggapan bahwa makan kulit buah bisa mengurangi ancaman obesitas dan mencegah kanker.

Meskipun Anda tidak suka kulit buah, cobalah untuk mencucinya secara menyeluruh dan kemudian menikmatinya, karena Anda sendiri sudah tahu tujuan Anda makan buah, bukan?

3. Memilih jus buah dibanding makan buah langsung

Hampir semua orang berpikir bahwa jus lebih mudah dikonsumsi daripada buah itu sendiri. Ya, ini memang benar, tetapi lihatlah nutrisi dalam sebotol jus apel dan apel mentah, maka Anda akan mengabaikan kemudahan dari jus. Jus dalam kemasan tidak mengandung serat buah, malah sebaliknya, dipenuhi dengan pengawet dan gula tambahan.

Anda lebih baik makan buah utuh atau minum smoothie buatan sendiri, sehingga Anda bisa menjadi sehat, aman, dan bebas dari kekhawatiran tentang bahan kimia tambahan dalam jus.

Makan buah baik bagi kesehatan, tetapi memakannya dengan cara yang cerdas dan tepat akan jauh lebih baik. Anda bisa mempertimbangkan saran-saran ini dan menerapkannya dalam diet sehat Anda untuk mendapatkan manfaat penuh dari buah.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Juli 26, 2017 | Terakhir Diedit: September 6, 2017

Sumber
Yang juga perlu Anda baca