Ini Berbagai Pilihan Sumber Protein yang Baik Dikonsumsi saat Sahur

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 18/04/2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Sahur merupakan salah satu momen yang cukup penting selama bulan puasa berlangsung. Bagi orang yang menjalankannya, mereka akan makan untuk bersiap diri menahan lapar sepanjang hari. Maka itu, menyiapkan menu makanan untuk sahur ternyata cukup penting, terutama asupan protein Anda. Apa saja sumber protein yang baik dikonsumsi saat sahur? 

Pilihan sumber protein saat sahur

Mata mengantuk dan tubuh terasa lemas saat sahur karena harus memaksakan diri untuk bangun ternyata tidak boleh menjadi alasan untuk melewatkan momen ini. 

Pasalnya, sahur adalah satu-satunya kesempatan Anda untuk melewati puasa dengan tubuh yang sehat dan bugar sambil menjalani aktivitas sehari-hari. 

Menu makanan yang dipilih pun tidak boleh sembarangan atau sekadar minum air untuk melepas dahaga saat terbangun. Ada beberapa asupan nutrisi dan vitamin yang perlu Anda jaga agar Ramadhan kali ini dilalui dengan baik. 

protein untuk penderita diabetes

Salah satunya adalah protein. Protein berfungsi untuk memproduksi dan memelihara setiap sel di dalam tubuh Anda. Bahkan, senyawa ini juga memperkuat sel dan tubuh Anda. 

Oleh karena itu, memilih sumber protein saat sahur cukup penting agar tubuh tetap sehat dan dalam kondisi yang baik. Begini, protein terbuat dari asam amino dan menempel pada rantai di sel. 

Protein juga disebut sebagai makronutrien yang artinya Anda membutuhkan nutrisi ini dalam jumlah yang besar untuk menjaga kesehatan, terutama saat ramadhan. 

Selain itu, protein juga membuat tubuh merasa kenyang, mencerna makanan dengan lambat, sehingga membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan membantu menstabilkan gula darah. 

Berikut ini beberapa sumber protein yang bisa Anda pilih sebagai menu saat sahur. 

1. Telur

telur setengah matang

Salah satu sumber protein yang diperlukan dalam menu saat sahur adalah telur. Selain protein, Anda juga dapat memperoleh vitamin dan mineral ketika makan telur saat telur dan mengurangi rasa lapar dan memperlama rasa kenyang. 

Hal ini dibuktikan melalui penelitian dari International Journal of Food Sciences and Nutrition. Di dalam penelitian tersebut terdapat 31 peserta pria dan wanita yang dipilih secara acak. 

Mereka diminta untuk mengonsumsi menu makanan berupa telur dadar, kentang, dan roti lapis berisi ayam. Hasilnya, peserta yang mengonsumsi telur dadar memiliki rasa kenyang lebih lama dibandingkan mereka yang makan makanan karbohidrat empat jam kemudian.

Dari sini, para ahli berpendapat bahwa makan telur, terutama saat makan siang, dapat mengurangi konsumsi kalori karena lebih mengenyangkan. 

Oleh karena itu, mungkin sudah saatnya untuk memikirkan kreasi olahan telur yang dapat dikonsumsi saat sahur untuk tubuh yang lebih bugar saat puasa. 

2. Biji kacang polong

kacang polong
Sumber: Eat Drink Paleo

Selain telur, sumber protein lainnya yang baik dikonsumsi saat sahur adalah biji-bijian dari tumbuhan polong alias kacang polong.

Begini, kacang polong mengandung protein nabati, serat, vitamin B, zat besi, folat, kalsium, dan seng. Makanan yang kaya akan nutrisi ini juga disebut-sebut rendah lemak, sehingga dapat menjadi pengganti daging dan produk susu. 

Jenis makanan satu ini memiliki kalori yang rendah, tetapi dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Hal ini dikarenakan tubuh mencerna karbohidrat pada kacang-kacangan secara perlahan. 

Setelah berhasil dicerna, energi dari kacang akan ditransfer ke otak dan sistem saraf agar tubuh tetap sehat. Makan lebih banyak kacang-kacangan terutama saat sahur membantu menurunkan gula dan tekanan darah, tekanan jantung, dan risiko penyakit diabetes. 

Oleh karena itu, biji kacang polong dapat dipilih sebagai menu saat sahur yang kaya akan protein agar Anda dapat menjalani ibadah puasa tanpa merasa terlalu lapar. 

3. Produk olahan susu

Kebanyakan orang saat sahur, terutama anak-anak, memilih untuk mengonsumsi sereal dan susu atau produk olahan susu lainnya, seperti yogurt atau keju. Faktanya, produk olahan susu memang dapat menjadi pilihan sumber protein yang Anda konsumsi saat sahur. 

Produk olahan susu mengandung segudang nutrisi dan vitamin, seperti:

Maka itu, makanan yang satu ini juga dapat mempertahankan rasa kenyang lebih lama dan memuaskan nafsu makan Anda. Cobalah untuk menyediakan satu produk olahan susu atau susu setiap sahur agar dapat menjalani ibadah puasa dengan lancar.

4. Protein dari daging

Sumber: The Washington Post

Bagi Anda yang terbiasa mengonsumsi makanan padat saat sahur mungkin daging adalah sumber protein yang tepat untuk menjalani ibadah ini. 

Entah itu ikan, daging ayam atau sapi, Anda bisa memilih mana pun yang disukai. Pasalnya, ikan dikenal sebagai makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Namun, usahakan untuk tidak menggoreng ikan karena dapat membuat Anda cepat haus. 

Sementara itu, daging ayam menawarkan nutrisi yang menghasilkan energi untuk memudahkan Anda ketika berpuasa sepanjang hari. Cobalah untuk mengonsumsi ayam bersama sayuran agar kebutuhan nutrisi dan vitamin tetap terpenuhi. 

Walaupun demikian, usahakan menghindari konsumsi daging dalam kemasan saat sahur, seperti sosis, kornet, atau daging asap. Hal ini dikarenakan produk tersebut mengandung garam yang lebih tinggi, sehingga dapat menyebabkan Anda lebih cepat haus

Selain mendapatkan sumber protein yang baik saat sahur, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan nutrisi lainnya, seperti serat, mineral, dan vitamin. Jalankan puasa dengan tubuh sehat dan bugar lewat pola makan sahur dan berbuka yang bergizi, ya.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

4 Jenis Makanan yang Wajib Ada Saat Sahur (Beserta Porsinya)

Makan sahur memberikan cadangan energi untuk aktivitas Anda seharian. Berapa seharusnya porsi makan sahur, dan apa saja makanan yang wajib dikonsumsi?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Hari Raya, Ramadan 08/05/2020 . Waktu baca 3 menit

4 Tips Mencegah Maag Kambuh Saat Puasa

Puasa menjadi tantangan tersendiri untuk Anda yang memiliki maag. Namun, jangan khawatir, berikut tips-tips mencegah maag saat puasa.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hari Raya, Ramadan 07/05/2020 . Waktu baca 3 menit

7 Resep Smoothies untuk Sahur yang Bikin Kenyang Seharian

Bulan puasa kali ini ingin menyiapkan menu sahur yang praktis tapi kaya nutrisi? Silakan contek resep smoothies untuk sahur yang enak dan bergizi berikut.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hari Raya, Ramadan 06/05/2020 . Waktu baca 5 menit

Enak dan Mudah Dibuat, Bolehkah Makan Nasi Goreng Saat Sahur?

Ada berbagai menu makanan favorit saat sahur, salah satunya termasuk nasi goreng. Namun, sebenarnya bolehkah makan nasi goreng untuk sahur?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Hari Raya, Ramadan 05/05/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Konten Bersponsor
protein untuk penderita kanker

4 Manfaat Penting Protein bagi Penderita Kanker

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 27/05/2020 . Waktu baca 4 menit
minum madu saat sahur

Rutin Minum Madu Saat Sahur Bisa Memberikan 5 Kebaikan Ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 17/05/2020 . Waktu baca 4 menit
menu sahur anak kos

7 Menu Sahur Sehat dan Praktis Andalan Anak Kos

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 15/05/2020 . Waktu baca 5 menit
makanan sahur untuk ibu hamil

6 Makanan Kaya Gizi yang Harus Ibu Hamil Penuhi Saat Sahur

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 13/05/2020 . Waktu baca 5 menit