7 Kesalahan yang Membuat Kulit Rentan Rusak Selama Bulan Puasa

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 02/05/2020 . 4 menit baca
Bagikan sekarang

Kondisi klit cenderung berbeda selama waktu puasa dengan hari biasa. Selama bulan puasa, ada batasan untuk Anda mengonsumsi makanan serta minuman. Asupan nutrisi yang terbatas ini tentu dapat berdampak pada kesehatan kulit, terutama kulit wajah. Selain karena batasan makan dan minum, berikut beberapa kesalahan yang dapat semakin membuat kulit rentan rusak saat bulan puasa.

Penyebab kulit yang menjadi rusak saat puasa

Kulit rentan kering dan rusak saat bulan puasa karena mengalami dehidrasi. Hilangnya kelembapan kulit adalah salah satu pemicu penuaan dini, meski tidak secara langsung mengubah kondisi kulit. Namun lama kelamaan, kulit yang terus berkurang kelembapannya akan tampak memiliki garis-garis halus dan keriput, Inilah yang membuat seseorang tampak lebih tua.

1. Kurang asupan air di dalam tubuh

Dehidrasi juga bisa terjadi pada kulit wajah dan bisa menjadi penyebab kulit menjadi rusak saat Anda puasa. Sama seperti tubuh, kulit dehidrasi artinya asupan air di dalam tubuh tidak tercukupi dengan baik.

Walaupun saat puasa Anda tidak diperbolehkan untuk minum di siang hari, pergunakan waktu malam hari sampai sahur untuk mencukupi kebutuhan air di dalam tubuh.

2. Terlalu sering membersihkan kulit

Membersihkan wajah adalah hal yang wajib untuk Anda lakukan. Apalagi kalau setiap hari aktivitas yang dilakukan selalu di luar ruangan. Namun, perhatikan pula untuk membersihkan wajah dengan cara yang benar dan tepat.

Dikutip dari WebMD, kotoran, minyak, serta polusi yang menumpuk di kulit bisa membuat kulit menjadi rusak. Tidak hanya itu saja, hal lain yang bisa terjadi adalah peradnagan serta timbulnya jerawat.

Hal utama yang perlu diperhatikan adalah dengan membersihkan wajah cukup dua kali dalam sehari. Apabila lebih dari itu bisa menyebabkan kulit menjadi rusak saat puasa. Penyebabnya adalah kandungan dari facial wash atau pembersih wajah yang cenderung menghilangkan kelembapan alami pada kulit.

3. Tidak menggunakan pelembap

Setiap orang mempunyai jenis kulit yang berbeda-beda. Agar saat puasa kulit tidak menjadi rusak, maka pilihlah produk moisturizer atau pelembap yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Pelembap untuk kulit kering yang bagus adalah yang punya kandungan shea butter, panthenol, dimethicone, atau sodium PCA.

Sedangkan pelembap untuk pemilik kulit berminyak adalah yang diperkaya dengan kandungan oil-free atau berbahan dasar air.

4. Tidak pakai sunscreen

Tidak hanya pelembap. Anda juga membutuhkan penggunaan sunscreen untuk mencegah kulit rusak di bulan puasa. Selain membuat kulit rusak, melupakan tabir surya bisa membuat kulit menjadi lebih mudah keriput serta muncul noda hitam. Pilih produk yang mempunyai perlindungan UVA, UVB, serta broad spectrum.

5. Melupakan eksfoliasi kulit

Bagi sebagian orang, melakukan eksfoliasi kulit adalah hal yang dihindari karena bisa membuat kulit jadi kemerahan. Padahal, manfaat utama eksfoliasi adalah membantu kulit teregenerasi kembali dan mencegah terjadinya kulit rusak saat puasa.

Anda bisa memilih apakah akan menggunakan eksfoliator chemical atau eksfoliator physical. Namun, yang perlu diperhatikan kembali adalah tidak menggunakannya terlalu sering karena bisa membuat lapisan kulit menjadi tipis serta dehidrasi.

6. Menggunakan skincare yang mengandung alkohol

Kandungan alkohol di suatu produk perawatan kulit wajah tidak selalu berbahaya. Namun, bagi sebagian jenis kulit bisa menambah tingkat kulit wajah yang sering serta dehidrasi. Maka dari itu hal ini bisa menjadi penyebab kulit rusak saat puasa.

Apalagi, kalau Anda mempunyai jenis kulit sensitif. Perhatikan kembali produk skincare Anda apabila terdapat kandungan seperti methanol, ethanol, SD alcohol, atau benzyl alcohol.

Baiknya, pilihlah produk pembersih wajah dengan kadar pH rendah yang membuat kulit jadi terasa lembut. Selain itu, Anda juga bisa memilih produk dengan kandungan gliserin agar tetap terhidrasi.

7. Jangan lupakan kulit tubuh Anda

Selain kulit wajah, perhatikan pula kulit tubuh di area lainnya agar tidak rusak saat puasa. Agar tetap lembap dan tidak bersisik, coba untuk pilih produk sabun mandi yang mempunyai ekstra kelembapan. Ditambah dengan mengaplikasikan body lotion atau body butter setiap hari.

Agar tetap lembap dan sehat, jangan lupa untuk terus merawat kulit Anda selama bulan Ramadan, ya!

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Penyebab Masalah Kulit Saat Karantina dan Cara Merawatnya

Meskipun kulit aman dari polusi, faktor lainnya di rumah bisa memicu masalah kulit. Ini sederet tips merawat kulit saat karantina.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Perawatan Kulit, Hidup Sehat 27/04/2020 . 6 menit baca

Mana yang Lebih Baik: Eksfoliasi Pakai Chemical Peeling atau Scrub?

Mungkin Anda bingung lebih baik pilih chemical peeling atau scrub untuk perawatan kulit. Ternyata perawatan kulit perlu menyesuaikan kondisi kulit Anda.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Perawatan Kulit, Hidup Sehat 26/03/2020 . 4 menit baca

4 Trik Mengatasi Kulit Kering di Bawah Mata

Mengatasi kulit kering di bawah mata dapat dilakukan dengan perawatan dan konsumsi asupan bernutrisi untuk menjaga kelembapan kulit.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Hidup Sehat, Tips Sehat 22/03/2020 . 4 menit baca

4 Langkah Skincare Malam yang Ampuh Atasi Bekas Jerawat Membandel

Skincare routine di malam hari ini berguna untuk menghilangkan bekas jerawat. Agar hasil optimal, jangan lupa mengoleskan gel penghilang bekas jerawat.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Perawatan Kulit, Hidup Sehat 21/02/2020 . 4 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

skin fasting adalah

Menilik Skin Fasting, Tren ‘Puasa’ Skincare agar Kulit Lebih Cantik

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 28/06/2020 . 5 menit baca
perbedaan hydrating dan moisturizing

Apa Bedanya Skincare yang Hydrating dan Moisturizing untuk Kulit Anda?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 08/05/2020 . 4 menit baca
skincare bulan puasa

Apa Saja Produk Skincare yang Anda Butuhkan Saat Puasa?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 07/05/2020 . 4 menit baca
glass skin

5 Langkah Wujudkan Kulit Bening Bercahaya ala Glass Skin

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 03/05/2020 . 4 menit baca