home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Waspadai Sejak Dini, Ini 6 Gejala Diabetes yang Khusus Dialami Wanita

Waspadai Sejak Dini, Ini 6 Gejala Diabetes yang Khusus Dialami Wanita

Gejala diabetes yang terjadi pada pria maupun wanita umumnya sama, tetapi terdapat beberapa gejala yang hanya dialami oleh wanita. Pasalnya, kadar gula darah yang tinggi dan tidak terkendali dapat memengaruhi fungsi dan kesehatan seksual wanita. Penting untuk mendeteksi gejala diabetes pada wanita sedari dini sehingga Anda bisa mengendalikan penyakit ini lebih awal dan mencegah komplikasi yang berbahaya.

Beragam gejala diabetes pada wanita

Diabetes melitus adalah penyakit metabolik yang terjadi ketika kadar gula dalam darah terlalu tinggi (hiperglikemia).

Gula darah atau glukosa seharusnya diserap oleh sel-sel tubuh dengan bantuan hormon insulin untuk dibakar menjadi energi.

Namun, pada penyakit diabetes tipe 2, hormon insulin tidak dapat berfungsi secara optimal sehingga glukosa tidak bisa digunakan dan menumpuk di dalam darah.

Begitu pula pada diabetes tipe 1 yang membuat tubuh sulit memproduksi insulin untuk mengatur kadar gula darah.

Produksi insulin yang bermasalah ini dikarenakan ada masalah dengan organ pankreas.

Kondisi ini dapat menyebabkan gejala diabetes secara umum seperti kelelahan, sering buang air kecil, luka sulit sembuh, cepat lapar dan haus, atau penglihatan buram.

Selain dari gejala umum, terdapat beberapa gejala khas yang terjadi pada wanita seperti disebutkan di bawah ini.

1. Disfungsi seksual

Pasangan mengalami masalah disfungsi seksual

Kadar gula darah yang terlalu tinggi bisa mengganggu fungsi saraf (neuropati diabetik) di sekitar vagina dan pembuluh darah yang melewati vagina.

Kentalnya pembuluh darah akibat konsentrasi gula yang tinggi pun menghambat aliran darah ke arah vagina.

Kondisi tersebut dapat memengaruhi respons wanita dalam menerima rangsangan seksual ataupun mencapai puncak kepuasan seksual alias orgasme.

Di samping itu, gejala seperti nyeri saat berhubungan seks bisa terjadi pada wanita dengan diabetes akibat berkurangnya produksi cairan lubrikasi alami.

Lebih jauh, gangguan pada fungsi seksual ini akan memengaruhi kondisi psikologis wanita dengan diabetes sehingga menurunkan libido atau hasrat seksual.

2. Infeksi jamur vagina

penyebab vagina hitam

Meskipun bisa terjadi pada setiap wanita secara umum, wanita dengan diabetes berisiko lebih tinggi mengalami infeksi jamur vagina.

Gejala diabetes pada wanita ini terjadi karena kadar gula darah yang tinggi menyebabkan glukosa ikut terbuang ke dalam cairan ekskresi seperti urine.

Urine yang mengandung glukosa menciptakan lingkungan yang kondusif bagi jamur Candida untuk berkembang di sekitar vagina.

Infeksi jamur pada vagina selanjutnya menyebabkan sejumlah gangguan, mulai dari vagina gatal dan kemerahan, iritasi kulit kelamin, keputihan, hingga nyeri saat berhubungan seks.

3. Perubahan siklus menstruasi

saat menstruasi tidak boleh tidur siang

Tingginya kadar gula darah juga bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang memengaruhi siklus mentruasi.

Menurut CDC, periode menstruasi yang lebih panjang dan berat dapat menjadi gejala pada wanita dengan diabetes.

Selama masa menstruasi, keinginan untuk menyantap makanan pun bisa sulit untuk dikendalikan. Akibatnya, kadar gula darah bisa meningkat drastis.

Maka dari itu, cobalah untuk lebih waspada jika mengalami perubahan siklus menstruasi disertai kenaikan kadar gula darah tinggi karena dapat menjadi gejala penyakit diabetes.

4. Sindrom ovarium polikistik

gejala radang panggul

Sindrom ovarium polikistik (PCOS) adalah kondisi yang menujukkan terdapatnya banyak kista di sekeliling ovarium (indung telur).

Setiap kisat ini mengandung sel telur yang belum matang dengan sempurna.

Kondisi yang menyebabkan PCOS bisa berasal dari jumlah hormon androgen yang berlebih atau resistensi insulin yang merupakan penyebab dari diabetes tipe 2.

Gejala diabetes ini akan lebih umum dialami pada wanita yang mengalami kelebihan berat badan.

Meski begitu, PCOS tidak selalu menjadi ciri pasti terdapatnya penyakit diabetes pada wanita.

Pada beberapa kasus, PCOS menandakan kondisi prediabetes. Kondisi ini menunjukkan Anda berisiko tinggi terkena penyakit gula darah tinggi, tapi belum mengalami diabetes.

Oleh karena itu, sindrom ovarium polikistik dapat menjadi alarm bagi Anda untuk mencegah penyakit diabetes.

5. Infeksi saluran kemih

infeksi saluran kemih gejala diabetes pada wanita

Gejala penyakit gula darah tinggi pada wanita ini juga berkaitan dengan urine yang mengandung kadar gula yang tinggi.

Kondisi ini memungkinkan pertumbuhan bakteri di sekitar saluran kemih.

Pada kondisi normal, sistem imun dapat bekerja optimal menangkal infeksi, tetapi kadar gula yang tinggi menurunkan fungsinya sehingga tubuh lebih rentan mengalami infeksi.

Alhasil, saat bakteri masuk ke dalam saluran kemih, infeksi saluran kemih (ISK) pun dapat terjadi.

Gejala yang umum dialami saat terkena ISK di antaranya adalah nyeri saat buang air kecil, urine berwarna keruh, nyeri di pusat panggul yaitu di sekitar kelamin, atau urine berdarah.

6. Tingginya kadar gula darah saat hamil

Wanita cek diabetes

Kadar gula darah yang terus melonjak naik saat hamil dapat menjadi ciri diabetes gestasional pada wanita. Kondisi diabetes ini terjadi secara spesifik di masa kehamilan.

Namun, menurut American Diabetes Association, wanita yang mengalami jenis diabetes ini biasanya tidak mengalami keluhan fisik apapun, meskipun kadar gula darahnya sudah tinggi.

Cara paling tepat mendeteksi gejala diabetes pada wanita ini adalah dengan melakukan skrining (pemeriksaan awal) untuk gula darah menjelang dan selama masa kehamilan.

Terlambat mendeteksi penyakit diabetes pada wanita bisa memperbesar peluang terjadinya komplikasi. Pasalnya, wanita lebih berisiko mengalami komplikasi diabetes dibandingkan pria.

Hal tersebut disebabkan oleh perubahan hormon saat menstruasi, melahirkan, dan menopause yang membuat pasien sulit mengontrol kadar gula darah.

Akan tetapi, Anda bisa menekan risiko komplikasi dengan mengenali gejala diabetes pada wanita lebih awal sehingga bisa mengendalikan penyakitnya lebih cepat.

health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Anger, J., Lee, U., Ackerman, A. L., Chou, R., Chughtai, B., Clemens, J. Q., … & Chai, T. C. (2019). Recurrent uncomplicated urinary tract infections in women: AUA/CUA/SUFU guideline. The Journal of urology202(2), 282-289. Retrieved 10 May 2021, from https://www.cua.org/index.php/system/files/Guidelines/rUTI-guideline.pdf

American Diabetes Association. (2021). Sex and Diabetes. Retrieved 10 May 2021, from https://www.diabetes.org/diabetes/complications/sex-diabetes

CDC. (2018). Diabetes and Women. Retrieved 10 May 2021, from https://www.cdc.gov/diabetes/library/features/diabetes-and-women.html

Diabetes.co.uk. (2019). Diabetes Symptoms in Women. Retrieved 10 May 2021, from https://www.diabetes.co.uk/diabetes-symptoms-in-women.html

Cleveland Clinic. (2020). The Link Between Diabetes and Sexual Dysfunction. Retrieved 10 May 2021, from https://health.clevelandclinic.org/the-link-between-diabetes-and-sexual-dysfunction/

Planned Parenthood. (2021). What is a Yeast Infection? | Symptoms, Signs and Causes. Retrieved 10 May 2021, from https://www.plannedparenthood.org/learn/health-and-wellness/vaginitis/what-yeast-infection

Office on Women’s Health. (n.d.). Polycystic ovary syndrome. Retrieved 10 May 2021, from https://www.womenshealth.gov/a-z-topics/polycystic-ovary-syndrome

Diabetes.co.uk. (2019). Sexual Dysfunction in Women. Retrieved 10 May 2021, from https://www.diabetes.co.uk/sexual-dysfunction-in-women.html

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Fidhia Kemala Diperbarui 4 minggu lalu
Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.
x