home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

4 Manfaat Yoga untuk Diabetesi yang Sayang Jika Dilewatkan

4 Manfaat Yoga untuk Diabetesi yang Sayang Jika Dilewatkan

Gaya hidup sehat adalah salah satu pondasi penting bagi perawatan diabetes. Nah, jika Anda memiliki diabetes, salah satu aspek yang harus Anda terapkan selama menjalani gaya hidup sehat adalah rutin berolahraga. Namun, tidak semua jenis olahraga itu cocok dan aman dilakukan para diabetesi (orang dengan penyakit diabetes). Bagi Anda yang masih bingung memilih olahraga apa yang aman, yoga bisa jadi plihan yang tepat. Yuk, ketahui tipe yoga yang cocok untuk diabetes serta manfaatnya di bawah ini.

Manfaat yoga untuk diabetes

Penyakit diabetes membuat insulin yaitu hormon yang mengatur kadar gula dalam darah, tidak bekerja dengan normal.

Bila dibiarkan, gula darah yang semakin tinggi berisiko menimbulkan gejala yang parah, bahkan memicu komplikasi diabetes yang fatal.

Nah, untuk itu para diabetesi perlu menjaga kadar gula darahnya tetap normal, salah satunya dengan cara olahraga.

Selain jogging, senam, atau bersepeda santai, Anda bisa menjajal yoga sebagai latihan fisik rutin untuk mengendalikan diabetes.

Beberapa manfaat yoga untuk diabetes adalah sebagai berikut:

1. Menurunkan stres

Supaya gejala diabetes tidak sering kambuh dan semakin parah, Anda perlu mengurangi stres. Penyakit apa pun itu akan semakin bertambah parah jika stres terus saja muncul.

Menurut laman Diabetes Education Online, stres dapat mengurangi kadar insulin sehingga gula darah berisiko meningkat.

Tak hanya itu, pelepasan hormon epinefrin dan kortisol saat stres juga menyebabkan tubuh tidak dapat menggunakan insulin dengan baik. Akibatnya, gula darah pun meninggi.

Oleh karena itu, penting bagi penderita diabetes untuk mengelola stresnya dengan baik agar tidak terjadi kenaikan kadar gula darah yang signifikan.

Untungnya, yoga dapat merangsang pelepasan hormon endorfin yang dapat membuat suasana hati jadi lebih baik dan mengurangi tingkat stres.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Penyakit diabetes erat kaitannya dengan penyakit jantung. Seseorang yang mengidap diabetes memiliki risiko lebih tinggi untuk menderita gangguan jantung dan pembuluh darah.

Gerakan, latihan pernapasan, dan latihan kefokusan dari yoga bisa mengurangi stres, mengendalikan tekanan darah, dan kadar kolesterol dalam tubuh.

Semua manfaat tersebut tentu akan meningkatkan kesehatan jantung. Itu artinya, risiko untuk terkena penyakit jantung akibat diabetes akan menurun berkat yoga.

3. Mengendalikan berat badan

Menjaga berat badan tetap ideal merupakan bagian dari misi pasien diabetes agar tubuhnya tetap sehat.

Semakin berat badan Anda, semakin besar pula risiko untuk terkena komplikasi diabetes.

Nah, setiap gerakan yoga dapat membantu membakar energi. Dengan demikian, Anda bisa mengendalikan berat badan.

4. Meningkatkan kebugaran jasmani dan keseimbangan tubuh

Yoga melatih koneksi antara pikiran, pernapasan, dan gerak tubuh yang butuh konsentrasi tinggi. Hal ini dapat mengurangi kecemasan dan stres sehingga meningkatkan kesehatan jiwa.

Selain itu, berbagai pose yoga juga meningkatkan kekuatan otot, fleksibilitas, dan keseimbangan tubuh.

Keseimbangan tubuh yang baik menurunkan risiko terjatuh dan cedera. Diabetesi harus menghindari luka karena proses penyembuhannya membutuhkan waktu yang cukup lama.

Jenis yoga yang cocok untuk diabetes

Yoga adalah olahraga yang memiliki banyak varian dan jenis. Lalu, bagaimana cara menentukan tipe yoga yang sesuai untuk penderita diabetes?

Tipsnya adalah pilih pose yoga yang sederhana dan minim risiko. Berikut adalah beberapa rekomendasi yang bisa Anda coba di rumah:

1. Vajrasana

Vajrasana adalah pose yoga yang sangat sederhana dan mudah dilakukan. Anda hanya perlu duduk bersimpuh di atas kaki yang dilipat, dengan posisi kedua jari kaki lurus ke belakang.

Pastikan Anda duduk dengan posisi leher, kepala, dan punggung yang tegak. Letakkan kedua tangan di atas paha Anda. Tahan posisi ini dan tarik napas panjang, kemudian hembuskan.

Manfaat dari pose vajrasana ini adalah memperlancar aliran darah, pencernaan, serta melatih kelenturan otot untuk penderita diabetes.

2. Mandukasana

Pose lain yang bisa Anda jajal adalah mandukasana. Dalam bahasa Sansekerta, ‘manduka’ memiliki arti ‘katak’. Ya, pose ini memang menyerupai bentuk seekor katak.

Mulailah dengan membungkukkan badan dan bertumpu pada kedua siku dan lutut Anda. Setelah itu, lebarkan kedua lutut Anda sehingga posisi kepala dan dada semakin bungkuk.

Tahan posisi ini dan tarik napas dalam-dalam sebanyak 5 kali.

3. Sarvangasana

Pose yoga selanjutnya yang bisa dicoba untuk pasien diabetes adalah sarvangasana. Pose ini sedikit sulit dibanding pose-pose sebelumnya.

Anda akan memposisikan tubuh menyerupai sikap lilin. Pertama-tama, tidur telentang dengan kaki dan tangan diluruskan.

Secara perlahan, mulailah angkat kedua kaki Anda hingga tegak lurus. Kemudian, angkatlah bagian punggung Anda perlahan hingga lurus mengikuti kedua kaki.

Agar tubuh Anda tidak oleng, Anda bisa menahan bagian pinggang dengan kedua tangan.

Bagi Anda yang belum pernah mencoba yoga, sebaiknya lakukan pose sarvangasana secara bertahap dalam beberapa kali seminggu.

Pasalnya, melakukan gerakan ini pada tubuh yang masih kaku berisiko menyebabkan cedera.

health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

New Mindfulness and Yoga Sessions for People with Diabetes – Diabetes UK. (2020). Retrieved June 30, 2021, from https://www.diabetes.org.uk/in_your_area/scotland/news/mindfulness-yoga

Diabetes and Exercise – Diabetes UK. (2020). Retrieved June 30, 2021, from https://www.diabetes.org.uk/guide-to-diabetes/managing-your-diabetes/exercise 

Diabetes and Heart Disease – Diabetes UK. (2021). Retrieved June 30, 2021, from https://www.diabetes.org.uk/guide-to-diabetes/complications/cardiovascular_disease 

Exercise & Type 1 – American Diabetes Association. (n.d.). Retrieved June 30, 2021, from https://www.diabetes.org/healthy-living/fitness/exercise-and-type-1 

Mann, D. (2017). How Yoga Can Help Manage Type 2 Diabetes – OG Yoga. Retrieved June 30, 2021, from https://www.ogyoga.org/resources/2017/9/1/how-yoga-can-help-manage-type-2-diabetes 

Neithercott, T. (2012). Adding Yoga to Your Fitness Regimen – Diabetes Forecast. Retrieved June 30, 2021, from http://archives.diabetesforecast.org/2012/oct/adding-yoga-to-your-fitness-regimen.html 

Blood Sugar and Stress – Diabetes Education Online. (2021). Retrieved June 30, 2021, from https://dtc.ucsf.edu/types-of-diabetes/type2/understanding-type-2-diabetes/how-the-body-processes-sugar/blood-sugar-stress/ 

Vajrasana – The Art of Living. (2021). Retrieved June 30, 2021, from https://www.artofliving.org/yoga/yoga-poses/vajrasna-adamintine-pose

Top 5 Health Benefits of Mandukasana (frog pose) – Shwaasa Yoga Center. (n.d.). Retrieved June 30, 2021, from https://shwaasa.org/yoga/top-5-health-benefits-of-mandukasana-frog-pose

How to do Sarvangasana? Check Steps, Precautions & Benefits – The Yoga Institute. (2020). Retrieved June 30, 2021, from https://theyogainstitute.org/how-to-do-sarvangasana/ 

Hegde, S., Adhikari, P., Kotian, S., Pinto, V., D’Souza, S., & D’Souza, V. (2011). Effect of 3-Month Yoga on Oxidative Stress in Type 2 Diabetes With or Without Complications: A controlled clinical trial. Diabetes Care, 34(10), 2208-2210. https://doi.org/10.2337/dc10-2430

Innes, K., & Selfe, T. (2016). Yoga for Adults with Type 2 Diabetes: A Systematic Review of Controlled Trials. Journal Of Diabetes Research, 2016, 1-23. https://doi.org/10.1155/2016/6979370


Foto Penulis
Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui 3 minggu lalu
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x