home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

4 Manfaat Yoga untuk Diabetesi yang Sayang Jika Dilewatkan

4 Manfaat Yoga untuk Diabetesi yang Sayang Jika Dilewatkan

Gaya hidup sehat adalah salah satu fondasi penting bagi perawatan diabetes. Nah jika Anda memiliki diabetes, salah satu aspek yang harus Anda terapkan selama menjalani gaya hidup sehat adalah rutin berolahraga. Namun, tidak semua jenis olahraga itu cocok dan aman dilakukan para diabetesi (orang dengan penyakit diabetes). Bagi Anda yang masih bingung memilih olahraga apa yang aman, yoga bisa jadi plihannya. Yuk, ketahui manfaat yoga untuk diabetes berikut ini.

Manfaat yoga untuk diabetes

Penyakit diabetes membuat insulin yaitu hormon yang mengatur kadar gula dalam darah, tidak bekerja dengan normal. Bila dibiarkan, gula darah akan semakin penumpuk menimbulkan gejala yang parah dan komplikasi. Nah, untuk itu para diabetesi perlu menjaga kadar gula darahnya tetap normal, salah satunya dengan cara olahraga.

Selain jogging, senam, atau bersepeda santai, diabetesi bisa menjajal yoga sebagai latihan fisik rutin. Beberapa manfaat yoga untuk diabetes, antara lain:

1. Menurunkan stres

Supaya gejala diabetes tidak sering kambuh dan semakin parah, Anda perlu mengurangi stres. Penyakit apa pun itu akan semakin bertambah parah jika stres terus saja muncul.

Sama seperti olahraga lainnya, yoga dapat merangsang pelepasan hormon (endorfin) yang dapat membuat suasana hati jadi lebih baik dan mengurangi tingkat stres.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Penyakit diabetes rentan dengan penyakit jantung. Gerakan, latihan pernapasan, dan latihan kefokusan dari yoga bisa mengurangi stres, mengendalikan tekanan darah, dan kadar kolesterol dalam tubuh. Semua manfaat tersebut tentu akan meningkatkan kesehatan jantung. Itu artinya, risiko penyakit jantung pada diabetesi akan menurun.

3. Mengendalikan berat badan

Menjaga berat badan tetap ideal merupakan bagian dari misi diebetesi agar tubuhnya tetap sehat. Setiap gerakan yoga dapat membakar energi sehingga bisa mengendalikan berat badan.

4. Meningkatkan kebugaran jasmani dan keseimbangan tubuh

Yoga melatih koneksi antara pikiran, pernapasan, dan gerak tubuh yang butuh konsentrasi tinggi. Hal ini dapat mengurangi kecemasan dan stres sehingga meningkatkan kesehatan jiwa. Selain itu berbagai pose yoga juga meningkatkan kekuatan otot, fleksibilitas, dan keseimbangan tubuh.

Keseimbangan tubuh yang baik menurunkan risiko terjatuh dan cedera. Diabetesi harus menghindari luka karena proses penyembuhannya membutuhkan waktu yang cukup lama.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

How Yoga Can Help Manage Type 2 Diabetes. https://www.everydayhealth.com/hs/type-2-diabetes-guide-healthy-habits/how-yoga-can-help/. Accessed on January 10, 2018.

Seven yoga poses for diabetes. https://www.medicalnewstoday.com/articles/317381.php. Accessed on January 10, 2018.

Associations of Mindfulness with Glucose Regulation and Diabetes. https://www.ingentaconnect.com/content/png/ajhb/2016/00000040/00000002/art00011. ccessed on January 10, 2018.

 


Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Aprinda Puji
Tanggal diperbarui 21/01/2021
x