Perkembangan Terbaru COVID-19 di Indonesia, 4 Orang Positif

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 10/06/2020 . 3 menit baca
Bagikan sekarang

Baca semua artikel berita seputar coronavirus (COVID-19) di sini.

Pemerintah mengumumkan dua kasus baru positif COVID-19. Dengan demikian, total ada 4 orang positif COVID-19 di Indonesia. Informasi ini dikabarkan oleh Kementerian Kesehatan Jumat (6/3), empat hari setelah konfirmasi kasus pertama. 

Dua orang kasus 3 dan 4 ini berada dalam satu pesta dansa yang sama dengan kasus 1, kasus 2, dan warga negara Jepang yang menjadi orang pertama yang menularkan.

“Kami melakukan penelusuran, pencarian, kemudian mengidentifikasi orang-orang yang kontak dengan kasus pertama. Lalu kami mendapatkan dua orang konfirm sebagai kasus 3 dan 4,” kata juru bicara tim penanganan COVID-19 Indonesia Achmad Yurianto dalam jumpa pers di Jakarta seperti dilansir dari kantor berita Antara.

Update Jumlah Sebaran COVID-19
Negara: Indonesia
Data Harian

62,142

Terkonfirmasi

28,219

Sembuh

3,089

Meninggal Dunia
Peta Penyebaran

Tercatat 4 orang positif COVID-19 di Indonesia

positif covid-19 indonesia

Seperti kasus pertama, dua orang ini juga menjalani pengobatan di ruang isolasi Rumah Sakit Pusat Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Jakarta Utara. Total ada 4 orang positif COVID-19 di Indonesia yang dirawat di RSPI.

Senin (2/3) Presiden Jokowi mengumumkan dua kasus pertama positif COVID-19 di Indonesia. Dua orang tersebut adalah seorang perempuan berusia 64 tahun dan putrinya berusia 31 tahun. Mereka tertular virus SARS-CoV-19 dari kawannya warga negara Jepang yang diketahui positif setelah tiba di Malaysia. 

Data website Kemenkes update (5/3) pemerintah Indonesia setidaknya telah melakukan tes pada 388 orang dengan hasil 371 negatif, 15 dalam proses, dan 2 positif. Dengan terkonfirmasinya dua kasus baru, berarti ada total 4 kasus pasien positif COVID-19 di Indonesia.

COVID-19

Dari pasien suspek yang sedang menunggu hasil tes, empat di antaranya telah meninggal dunia. Yakni satu orang di Rumah Sakit Umum Pusat Kariadi Semarang (23/2), satu orang di RSBP Batam (22/2), satu orang di Rumah Sakit Dr Hafiz Cianjur (3/3), dan hari ini di RSPI Sulianti Saroso.

Per hari ini COVID-19 telah menginfeksi lebih dari 98 ribu orang di 93 negara dan memakan korban meninggal hingga lebih dari 39 ribu jiwa. Kabar baiknya lebih dari 55 ribu orang telah pulih.

Tim medis COVID-19 masih bergantung pada pengobatan dan penanganan tanda gejala. Hingga kini vaksin COVID-19 dan obatnya belum berhasil ditemukan.

Setelah pengumuman 4 orang yang positif COVID-19 di Indonesia, kemungkinan penambahan pasien positif masih akan terjadi. Karena itu, Anda perlu tetap waspada dengan rajin mencuci tangan dan menjaga daya tahan tubuh.

Bantu dokter dan tenaga medis lain mendapatkan alat pelindung diri (APD) dan ventilator untuk melawan COVID-19 dengan berdonasi melalui tautan di bawah ini.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Rasa Aman Palsu, Alasan Mengapa Banyak Orang Berkerumun Saat Pandemi

Meski bahaya penularan COVID-19 masih tinggi, banyak orang sudah mulai berkerumun. Ternyata, ini disebabkan oleh rasa aman palsu saat pandemi. Apa itu?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Coronavirus, COVID-19 30/06/2020 . 4 menit baca

Olahraga di Luar Rumah Saat Pandemi? Perhatikan Hal-hal Ini

Olahraga yang dilakukan di luar rumah bisa bermanfaat bagi kebugaran dan kesehatan mental. Tapi apakah aman olahraga di luar rumah saat pandemi COVID-19?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Coronavirus, COVID-19 30/06/2020 . 4 menit baca

Jamur Cordyceps Militaris Bantu Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Jamur Cordyceps militaris, sebagai suplemen yang memiliki potensi untuk meningkatkan sistem imun tubuh dalam melawan virus penyebab penyakit.

Ditulis oleh: Maria Amanda
Hidup Sehat, Tips Sehat 29/06/2020 . 5 menit baca

5 Ventilator Buatan Anak Bangsa yang Jadi Solusi Penanganan COVID-19 di Indonesia

Kurangnya ketersediaan ventilator dalam penanganan COVID-19 mendorong peneliti untuk berinovasi. Berikut lima ventilator buatan peneliti Indonesia.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Coronavirus, COVID-19 29/06/2020 . 6 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

covid-19 menular lewat ac

Benarkah Ruangan Ber-AC Tingkatkan Risiko Penularan COVID-19?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 03/07/2020 . 5 menit baca

Menghadapi Masa Transisi dari Terapi Langsung ke Terapi Online Selama Pandemi

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 03/07/2020 . 5 menit baca
pelacakan kontak covid-19

Pelacakan Kontak Dapat Menekan Angka Penyebaran Kasus COVID-19

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 02/07/2020 . 5 menit baca
tinggal sendiri selama pandemi

Tinggal Sendiri Selama Pandemi, Apa yang Harus Diperhatikan?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 02/07/2020 . 6 menit baca