Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Serba-serbi Vaksin Zifivax, Efikasi Hingga Penggunaan

Serba-serbi Vaksin Zifivax, Efikasi Hingga Penggunaan

Vaksin Zifivax menjadi vaksin berikutnya yang mendapat izin penggunaan darurat oleh BPOM. Vaksin ini juga termasuk ke dalam salah satu opsi vaksin booster di Indonesia. Seperti apa efikasi dan efek samping Zifivax ini? Berikut pembahasan detailnya.

Apa itu vaksin Zifivax?

Vaksin Zifivax merupakan vaksin hasil pengembangan Anhui Zhifei Longcom Biopharmaceutical. Vaksin ini memakai platform rekombinan protein sub-unit.

Universitas Padjadjaran (Unpad) menyebut bahwa platform vaksin ini didapatkan dari spike glikoprotein atau bagian kecil virus. Inilah yang akan memicu kekebalan tubuh ketika disuntikan ke tubuh manusia.

Lebih lanjut, penelitian Annals of the National Institute of Hygiene menjelaskan bahwa jenis platform tersebut tentu berbeda dengan jenis vaksin Sinovac yang didapatkan dari virus yang dimatikan atau diinaktivasi.

Peneliti utama uji klinis fase III vaksin Zifivax Unpad, dr. Rodman Tarigan, Sp.A(K), M.Kes, menjelaskan perbedaan platform vaksin dapat menjadi salah satu faktor yang membedakan angka efikasi vaksin.

Perbedaan juga tampak pada vaksin dengan platform mRNA seperti Pfizer atau Moderna yang mempunyai efikasi lebih tinggi, yakni di atas 90 persen.

Efikasi Zifivax

efikasi vaksin

Mengutip dari laman resmi Unpad, proses uji klinis fase III pada vaksin Zifivax yang telah dilakukan menunjukkan hasil angka efikasi hingga sebesar 81,51 persen.

Rodman menyebutkan bahwa proses uji klinis itu mengikutsertakan sebanyak 2.000 relawan di Jakarta dan 2.000 relawan di Bandung.

Para relawan tidak hanya berasal dari kelompok usia 18-59 tahun, bahkan juga dari kelompok usia 60 tahun ke atas. Rodman menuturkan untuk kelompok 60 tahun ke atas efikasi mencapai 87,58 persen, sedangkan untuk kelompok 18-59 tahun angka efikasi mencapai 81,51 persen.

Angka efikasi Zifivax tersebut menunjukkan bahwa vaksin ini melampaui rekomendasi dari World Health Organization (WHO), yakni di atas 50 persen. Vaksin ini juga diketahui ampuh menghadapi varian COVID-19 yang lebih berat, seperti varian Delta. Efikasi Zifivax terhadap varian Delta, yaitu 77,47 persen.

Efek samping vaksin Zifivax

risiko tidak vaksin covid-19
Dokumen Pemprov DKI Jakarta/@dkijakarta

Mengutip dari laman Sekretariat Kabinet RI, efek samping Zifivax berdasarkan dari hasil uji klinis, dapat ditoleransi dengan baik. Efek samping yang paling umum dari vaksin termasuk rasa sakit di tempat suntikan, sakit kepala, kelelahan, demam, nyeri otot (mialgia), batuk, mual, dan diare tingkat 1 – tingkat 2.

Proses pemberian vaksin sendiri dilakukan sebanyak tiga kali dengan jarak masing-masing selama satu bulan. Selama masa jarak penyuntikkan dilihat berapa derajat efek samping atau sakit yang ditimbulkan.

Secara umum, vaksin Zifivax tidak menghasilkan kejadian ikutan pasca-imunisasi (KIPI) yang berat. KIPI pada vaksin hampir serupa dengan vaksin Sinovac, yakni rasa nyeri di bekas suntikan, kelelahan, sakit kepala, nyeri otot, hingga demam.

Penggunaan Zifivax sebagai booster dan primer

positif covid-19 setelah vaksin

Zifivax kini telah memperoleh izin penggunaan darurat (Emergency Use Authorization/EUA) untuk booster vaksin COVID-19 dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI bersama empat vaksin lain.

Zifivax sendiri memperoleh persetujuan EUA sebagai booster heterologous. Artinya, pemberian vaksin dosis ketiga akan berbeda dari pemberian vaksin dosis pertama dan kedua atau vaksin primer.

Vaksin Zifivax bisa disuntikkan pada individu yang sebelumnya sudah disuntik menggunakan vaksin Sinovac dan Sinopharm sebagai vaksin primer.

Selain itu, melihat angka efikasi yang baik, Zifivax diharapkan dapat dipakai menjadi vaksin primer pada vaksinasi COVID-19, di samping sebagai vaksin booster.

Melalui penelitian Annals of the National Institute of Hygiene, vaksin rekombinan ini mempunyai tiga kali proses vaksinasi dengan jarak masing-masing satu bulan. Maka diharapkan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh lebih lama apabila dibandingkan vaksin pada dua kali penyuntikan.

Vaksin Zifivax halal?

halal vaksin covid-19

Mengutip dari laman resmi Unpad, baik Sinovac dan Zifivax telah melewati proses yang halal. Hal tersebut ditambah dengan fakta, Anhui adalah perusahan vaksin yang memproduksi vaksin meningitis yang telah digunakan bagi jemaah haji asal Indonesia.

Pada uji klinis fase III Zifivax sendiri selain di Indonesia, sudah dilakukan di sejumlah negara lainnya, yaitu Uzbekistan, Ekuador, Tiongkok, dan Pakistan. Bahkan angka efikasi dari setiap negara peserta uji klinis tersebut mempunyai nilai yang hampir serupa, yaitu sekitar 81 persen.

Meski angka efikasinya lebih rendah dibandingkan dari vaksin seperti Pfizer dan Moderna. Namun, vaksin Zifivax bisa dipertimbangkan melihat dari KIPI yang muncul.

Hal tersebut diungkapkan Rodman yang menyebutkan bahwa efikasi vaksin seperti Moderna memang tinggi, tetapi KIPI yang muncul juga cukup tinggi. Zifivax sendiri, menurutnya, efikasi lebih tinggi dari Sinovac, tetapi KIPI yang muncul tidak jauh berbeda dengan Sinovac.

Verifying...


Lawan COVID-19 bersama!

Ikuti informasi terbaru dan cerita para pejuang COVID-19 di sekitar kita. Ayo gabung komunitas sekarang!


Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Jamkhande, A., Khairnar, M. R., Gavali, N., Patil, Y., Kapare, S. S., & Bhosale, K. P. (2021). A review of approved covid-19 vaccines. Roczniki Państwowego Zakładu Higieny, 245–252. https://doi.org/10.32394/rpzh.2021.0177  

BPOM Issues Emergency Use Authorization for Zifivax Vaccine. (2021). Cabinet Secretariat of The Republic of Indonesia. Retrieved January 11, 2022, from https://setkab.go.id/en/bpom-issues-emergency-use-authorization-for-zifivax-vaccine/

Firdaus, A. (2022). Vaksin Zifivax peroleh izin penggunaan darurat untuk booster. Antara News. Retrieved January 11, 2022, from https://www.antaranews.com/berita/2633921/vaksin-zifivax-peroleh-izin-penggunaan-darurat-untuk-booster 

Maulana, A. (2021). Selain Efikasi Tinggi, Ini Keunggulan Vaksin Zifivax Berdasarkan Hasil Uji Klinis Unpad. Retrieved January 11, 2022, from https://www.unpad.ac.id/2021/10/selain-efikasi-tinggi-ini-keunggulan-vaksin-zifivax-berdasarkan-hasil-uji-klinis-unpad/

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Ilham Fariq Maulana Diperbarui Mar 22
Ditinjau secara medis oleh dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa