5 Penyebab Payudara Gatal dan Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 7 September 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Payudara gatal mungkin menjadi umum bagi sebagian wanita. Tapi jika gatalnya terjadi terus menerus, hal itu bisa menimbulkan rasa malu dan tidak nyaman di depan umum. Dan jika gatal berlangsung lama hingga menyebar ke bagian tubuh yang lain, ada baiknya Anda cepat menghubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut. Kira-kira apa saja yang menjadi penyebab payudara gatal? Dan bagaimana cara mengatasinya?  

Berbagai penyebab payudara gatal

1. Bra atau pakaian terlalu ketat

Pada kebanyakan kasus, payudara gatal biasanya disebabkan oleh pakaian atau bra yang dipakai. Kain pada pakaian yang digunakan bisa menyebabkan reaksi alergi (contact dermatitis). Apalagi kalau Anda suka memakai bra atau pakaian yang ketat, tak jarang itu bisa membuat bagian payudara lembab, terlebih kalau Anda tinggal di suhu yang panas.

2. Bahan kimia

Selain faktor pakaian dan suhu udara, bahan-bahan kimia seperti parfum, lotion atau krim yang secara langsung mengenai kulit bagian dada juga bisa menjadi penyebab mengapa payudara terasa gatal.

3. Perubahan hormon tubuh

Lalu, hal lain yang menyebabkan payudara Anda gatal adalah perubahan hormonal yang biasa terjadi sebelum menstruasi atau bahkan ketika hamil. Kadang, rasa gatal ini disertai dengan kondisi membengkaknya payudara dan nyeri ketika ditekan. Dalam beberapa kasus, rasa gatal payudara lebih cenderung memengaruhi kedua payudara secara bersamaan.

4. Jamur di payudara

Jamur sering menjadi penyebab gatal pada payudara, salah satu penyakit jamur yang berada di lipatan payudara adalah kandidiasis intertriginosa. Gejalanya terdapat ruam merah yang akan muncul bersamaan dengan gatal. Dibutuhkan obat antijamur dan antihistamin untuk menghilangkan gejala penyakit tersebut.

5. Bekas luka operasi

Bila sebelumnya Anda pernah menjalani operasi pada bagian payudara, bekas luka bedah Anda mungkin menyebabkan gatal. Gatal-gatal di sekitar bekas luka bedah sangat umum terjadi, bahkan terjadi lama setelah operasi.

Cara mengatasi payudara yang gatal

1. Ganti produk

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah coba untuk mengganti sabun, lotion, krim atau parfum yang biasa Anda gunakan sehari-hari. Coba beralih ke produk yang dirancang untuk kulit sensitif. 

2. Pastikan mencuci pakaian dengan bersih

Setelah mengganti beberapa produk yang memicu sensitivitas kulit menjadi meningkat, pastikan kalau Anda mencuci dan membilas pakaian dengan bersih. Gunakan juga deterjen atau produk pembersih untuk kulit sensitif.

3. Pilih bra dengan bahan yang lembut dan menyerap keringat

Dalam memilih dan menggunakan bra, disarankan untuk memilih bra yang terbuat dari kain lembut serta menyerap keringat. Bra dengan busa atau kain renda sangat mudah memicu adanya gatal pada payudara Anda. Disarankan juga untuk melepas dan tidak menggunakan bra sewaktu tidur, guna membuat sirkulasi peredaran darah pada payudara berjalan lancar.

4. Jangan digaruk!

Siapa yang bisa menahan untuk tidak menggaruk kulit yang gatal? Ya, sayangnya menggaruk adalah hal yang sangat tidak dianjurkan, terutama saat payudara Anda gatal. Nyatanya, menggaruk akan menyebabkan gatal menyebar ke bagian lain dan menimbulkan lecet.

Daripada menggaruk, cobalah untuk menekan atau mengusap bagian payudara yang gatal, hal itu bisa menenangkan rasa gatal tanpa meninggalkan bekas merah di kulit.

5. Periksa ke dokter

Jika anda merasa sudah tidak tahan akibat gatal di payudara,  maka langkah tepat yang bisa Anda lakukan adalah dengan berkonsultasi ke dokter. Dokter akan memeriksa dan mengidentifikasi penyebab gatal sehingga nantinya Anda akan diberi krim atau sabun khusus untuk mengobati gatal tersebut.

6. Jaga kebersihan

Hal paling penting untuk mencegah dan mengobati payudara yang terasa gatal adalah menjaga kebersihan dari luar dan dalam tubuh. Utamakan selalu mengganti pakaian dan mandi sebanyak dua kali dalam sehari. Jangan lupa juga untuk rajin membersihkan seluruh ruangan kamar terutama kasur dan sprei, guna mencegah mikroorganisme berpindah ke tubuh.

Kalkulator Masa Subur

Ingin Cepat Hamil? Cari tahu waktu terbaik untuk bercinta dengan suami lewat kalkulator berikut.

Kapan Ya?
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

8 Kesalahan yang Tanpa Disadari Bisa Bikin Kondom Sobek

Kondom ampuh mencegah kehamilan dan penularan penyakit seksual jika digunakan dengan tepat. Tapi hati-hati, kesalahan kecil saja bisa bikin kondom sobek.

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Seksual, Tips Seks 1 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit

6 Trik Sederhana Agar Terbiasa Jalan Kaki Demi Tubuh yang Bugar

Jalan kaki adalah olahraga paling mudah, namun banyak yang malas melakukannya. Yuk, biasakan jalan kaki dengan tips berikut.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Olahraga Lainnya, Kebugaran 1 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit

Jangan Remehkan Bahaya Debu Polusi! Yuk, Lindungi Diri Dengan Cara Ini

Debu polusi yang tampak kecil dan tak berbahaya bisa jadi musuh besar kesehatan Anda. Ini berbagai bahaya polusi udara dan cara mengatasinya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan, Informasi Kesehatan 1 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit

5 Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan Tubuh

Banyak berbagai macam penelitian yang menyatakan bahwa kulit manggis kaya manfaat. Yuk, simak apa saja manfaat kulit manggis yang baik bagi kesehatan.

Ditulis oleh: Novita Joseph
Pengobatan Herbal dan Alternatif, Herbal A-Z 1 Maret 2021 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

minyak daun basil

5 Khasiat Minyak Daun Basil untuk Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 2 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit
sakit perut karena gas dan karena penyakit lain

Tips Membedakan Sakit Perut Karena Gas dan Karena Penyakit Lain

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Monika Nanda
Dipublikasikan tanggal: 2 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit
cara memilih multivitamin yang tepat

Begini Cara Memilih Multivitamin yang Aman dan Sesuai untuk Anda

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 2 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit
kutu bulu mata

Sering Tidak Disadari, Bulu Mata Juga Bisa Kutuan! Apa Gejalanya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Elita Mulyadi
Dipublikasikan tanggal: 1 Maret 2021 . Waktu baca 3 menit