Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya
ask-doctor-icon

Tanya Dokter Gratis

Kirimkan pertanyaan atau pendapatmu di sini!

7 Cara Aman Supaya Haid Selesai Lebih Cepat

    7 Cara Aman Supaya Haid Selesai Lebih Cepat

    Setiap wanita pasti berharap memiliki siklus haid yang normal karena bisa menandakan tubuh yang sehat. Siklus haid normal umumnya terjadi secara teratur dalam periode dan untuk waktu yang sama. Namun, terkadang Anda mungkin berharap haid bisa selesai lebih cepat. Agar haid bisa cepat selesai, ada beberapa cara aman yang bisa Anda lakukan. Berikut penjelasannya.

    Cara aman agar haid lebih cepat selesai

    penyebab telat haid 1 bulan pada remaja

    Ada beberapa alasan tertentu yang mungkin membuat Anda ingin memperpendek periode menstruasi, misalnya tidak ingin acara tertentu Anda terganggu.

    Hal ini umumnya dialami oleh Anda yang memiliki siklus haid tidak teratur atau sering mengalami gejala menstruasi yang parah, seperti kram perut dan nyeri haid.

    Pada dasarnya, mempercepat haid selesai merupakan hal yang bisa dan aman untuk dilakukan, tetapi perlu cara yang tepat.

    Tidak ada cara instan untuk mengurangi jumlah hari menstruasi Anda setiap bulan.

    Namun, ada beberapa metode yang dapat meningkatkan kecepatan aliran darah menstruasi, sehingga siklus haid menjadi lebih pendek dari biasanya.

    Berbagai cara aman agar haid cepat selesai adalah sebagai berikut.

    1. Orgasme

    Meski belum terbukti secara medis, orgasme saat berhubungan seks atau masturbasi adalah salah satu cara yang dipercaya bisa mempercepat haid.

    Ini karena kontraksi otot rahim saat orgasme dapat mendorong aliran darah menstruasi lebih cepat keluar dari rahim.

    Tak hanya itu, sensasi klimaks saat orgasme juga bisa membantu meredakan kram perut dan gejala PMS yang sering kali mengganggu wanita saat sedang haid.

    2. Olahraga rutin

    olahraga saat berpuasa

    Kontraksi otot-otot tubuh saat olahraga dapat membantu melancarkan aliran darah menstruasi sehingga periode menstruasi Anda akan lebih pendek daripada sebelumnya.

    Bagi Anda yang sering mengalami nyeri haid dan gejala PMS lainnya, olahraga juga bisa membantu meredakan gejala tersebut.

    Pilihlah olahraga kardio atau jenis olahraga lainnya sesuai dengan kemampuan Anda. Yang terpenting, lakukan secara rutin dan konsisten untuk membuktikan hasilnya.

    3. Konsumsi vitamin C

    Memenuhi kebutuhan vitamin C setiap hari dapat membantu menurunkan kadar progesteron, yaitu hormon yang berfungsi untuk menebalkan jaringan dinding rahim.

    Dilansir dari Cleveland Clinic, jika kadar progesteronnya turun, maka jaringan dinding rahim akan lebih mudah meluruh, sehingga masa menstruasi bisa lebih cepat selesai.

    Selain dengan makanan sumber vitamin C agar haid cepat selesai, Anda juga dapat mengonsumsi suplemen vitamin C yang lebih praktis.

    Namun, pastikan untuk selalu mematuhi aturan minum dan dosis yang tertera pada kemasan.

    4. Minum cukup air

    Memenuhi kebutuhan cairan tubuh juga bisa membantu meringankan gejala menstruasi, seperti kram perut dan sakit punggu.

    Namun, bukan hanya itu, kadar air yang cukup di dalam tubuh juga bisa mencegah darah agar tidak menebal, sehingga akan keluar lebih lancar saat sedang haid.

    5. Hindari pakai tampon

    Meski dapat menggantikan fungsi pembalut, pemakaian tampon justru menghalangi aliran darah menstruasi keluar dari vagina dan memperpanjang periode menstruasi Anda.

    Sebaliknya, jika Anda memilih menggunakan pembalut, darah menstruasi yang keluar bisa lebih cepat keluar dan terserap pada permukaan pembalut.

    Maka itu, ganti tampon dengan pembalut supaya menstruasi Anda lebih cepat selesai. Dengan begitu, periode menstruasi Anda bisa lebih singkat dan ringan.

    6. Pil KB

    kelebihan kekurangan pil kb

    Selain untuk meringankan kram perut, Anda juga bisa menggunakan pil KB untuk mencegah terjadinya haid.

    Satu strip pil KB kombinasi terdiri dari pil yang mengandung hormon dan pil tanpa hormon (placebo). Haid umumnya akan terjadi saat Anda sedang mengonsumsi pil KB tanpa hormon.

    Ini karena hormon tersebut berfungsi mencegah pembentukan dinding rahim yang akan menjadi darah haid jika tidak terjadi pembuahan pada sel telur.

    Oleh karena itu, untuk menunda haid, Anda bisa melewatkan pil placebo dan langsung mengonsumsi pil kB yang mengandung hormon.

    Namun, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter sebelum Anda memilih pil KB karena ada banyak jenis pil KB dan tidak semuanya cocok untuk kondisi kesehatan Anda.

    7. Obat anti peradangan

    Obat anti peradangan atau obat anti-inflamasi non steroid (OAINS), seperti ibuprofen, berfungsi untuk mengurangi prostaglandin di dalam tubuh.

    Selain bisa memperparah peradangan, zat ini juga bisa memicu terjadinya menstruasi.

    Oleh sebab itu, jika Anda bingung minum apa agar haid lebih cepat selesai selain minum pil kb, obat ini bisa menjadi salah satu pilihan yang aman.

    Meski begitu, pastikan untuk tetap minum sesuai dengan anjuran dokter atau aturan pemakaian obat yang ada pada kemasan obat.

    Kesimpulan

    Itu adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membuat haid lebih cepat selesai. Namun, perlu diingat untuk melakukan konsultasi ke dokter terlebih dahulu atau menggunakan obat-obatan sesuai dengan aturan pemakaian agar tetap aman.


    Pernah alami gangguan menstruasi?

    Gabung bersama Komunitas Kesehatan Wanita dan dapatkan berbagai tips menarik di sini.


    Kalkulator Masa Subur

    Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

    Kalkulator Masa Subur

    Kalkulator Masa Subur

    Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

    Kalkulator Masa Subur

    Berapa lama siklus haid Anda?

    (hari)

    28

    Berapa lama Anda haid?

    (hari)

    7

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    Bruinvels, G., Burden, R., McGregor, A., Ackerman, K., Dooley, M., Richards, T., & Pedlar, C. (2022). Sport, exercise and the menstrual cycle: where is the research?. Retrieved 30 August 2022, from http://dx.doi.org/10.1136/bjsports-2016-096279

    Can High Doses of Ibuprofen Delay or Halt Your Period?. (2022). Retrieved 30 August 2022, from https://health.clevelandclinic.org/can-high-doses-of-ibuprofen-delay-or-halt-your-period/

    How to Make Your Period End Faster: What the Science Says. (2022). Retrieved 30 August 2022, from https://flo.health/menstrual-cycle/health/period/how-to-make-your-period-end-faster

    How To Stop Your Period: 6 Safe Ways. (2022). Retrieved 30 August 2022, from https://health.clevelandclinic.org/how-to-stop-your-period/

    Menstrual Suppression | National Women’s Health Network. (2022). Retrieved 30 August 2022, from https://nwhn.org/menstrual-suppression/

    Periods. (2022). Retrieved 30 August 2022, from https://www.nhs.uk/conditions/periods/

    Using Birth Control to Regulate or Skip Your Period | National Women’s Health Network. (2022). Retrieved 30 August 2022, from https://nwhn.org/bc-period-skip/

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Reikha Pratiwi Diperbarui 2 weeks ago
    Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita
    Next article: