home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Cara Aman Supaya Haid Selesai Lebih Cepat

5 Cara Aman Supaya Haid Selesai Lebih Cepat

Beberapa wanita memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur setiap bulannya. Entah itu datang lebih cepat, lebih lambat, atau berlangsung lebih lama dari biasanya. Hal ini tentu membuat Anda jadi kerepotan, apalagi kalau ditambah dengan kram perut yang menyiksa dan mengganggu aktivitas. Anda pun jadi bertanya-tanya mengenai cara menghentikan atau mempercepat haid selesai. Apa benar ada cara amannya?

Cara aman mempercepat haid selesai lebih awal

Ada beberapa alasan tertentu yang membuat kaum wanita ingin memperpendek periode menstruasinya, misalnya tidak ingin rencana liburan terganggu. Mungkin, hal itu juga yang ada di benak Anda.

Pada dasarnya, tidak ada cara instan untuk mengurangi jumlah hari menstruasi Anda setiap bulan. Akan tetapi, ada beberapa metode yang dapat meningkatkan kecepatan aliran darah menstruasi sehingga siklusnya jadi lebih pendek dari biasanya.

Berbagai cara aman mempercepat haid selesai tersebut adalah:

1. Orgasme

pingsan setelah orgasme

Dee Fenner, seorang direktur kandungan dari University of Michigan, mengatakan bahwa orgasme saat berhubungan seks atau masturbasi adalah salah satu kunci utama mempercepat haid selesai lebih awal.

Ini karena kontraksi otot rahim saat orgasme dapat mendorong aliran darah menstruasi lebih cepat keluar dari rahim.

Tak hanya itu, sensasi klimaks saat orgasme juga dapat membantu meredakan kram perut dan gejala PMS yang sering kali mengganggu wanita setiap bulannya.

2. Olahraga rutin

olahraga saat berpuasa

Tak hanya menjaga kebugaran tubuh, olahraga rutin ternyata juga dapat mempercepat haid selesai, lho.

Kontraksi otot-otot tubuh saat olahraga dapat membantu melancarkan aliran darah menstruasi sehingga periode menstruasi Anda akan lebih pendek daripada sebelumnya.

Bagi Anda yang sering mengalami nyeri haid dan gejala PMS lainnya, olahraga juga bisa menjadi solusi mengatasinya.

Pilihlah olahraga kardio atau jenis olahraga lainnya yang sesuai dengan kemampuan Anda. Yang terpenting, lakukan secara rutin dan konsisten untuk membuktikan hasilnya.

3. Konsumsi vitamin C

kebutuhan vitamin c

Lancar atau tidaknya siklus menstruasi Anda ternyata berhubungan dengan apa yang Anda konsumsi setiap hari. Khususnya kebutuhan vitamin C harian, apakah sudah tercukupi?

Memenuhi kebutuhan vitamin C setiap hari dapat membantu menurunkan kadar progesteron, yaitu hormon yang berfungsi untuk menebalkan jaringan dinding rahim.

Jika kadar progesteronnya turun, maka jaringan dinding rahim akan lebih mudah meluruh sehingga masa menstruasi Anda jadi lebih cepat selesai.

Selain dengan makanan sumber vitamin C, Anda juga dapat mengonsumsi suplemen vitamin C yang lebih praktis.

Namun, pastikan untuk selalu mematuhi aturan minum dan dosis yang tertera pada kemasan. Terlalu banyak konsumsi vitamin C dapat menimbulkan efek samping berupa sakit perut, diare, dan insomnia.

4. Hindari pakai tampon

pembalut atau tampon

Meski dapat menggantikan fungsi pembalut, pemakaian tampon justru menghalangi aliran darah menstruasi keluar dari vagina dan memperpanjang periode menstruasi Anda.

Sementara itu, jika Anda memilih menggunakan pembalut, darah menstruasi yang keluar justru lebih cepat terserap pada permukaan pembalut.

Ada baiknya, segera ganti tampon dengan pembalut supaya menstruasi Anda lebih cepat selesai. Dengan begitu, periode menstruasi Anda bulan ini jadi lebih singkat dan ringan.

5. Pil KB

kelebihan kekurangan pil kb

Sebagian wanita sering menggunakan pil KB atau alat kontrasepsi hormonal lainnya untuk meringankan kram perut yang mengganggu.

Nyatanya, pil KB ini juga bisa Anda manfaatkan untuk mempersingkat masa menstruasi, lho.

National Women’s Health Network menyatakan bahwa mempercepat haid menggunakan alat kontrasepsi tergolong aman untuk dilakukan. Namun memang, ada beberapa efek samping dan risiko yang perlu Anda perhatikan.

Menurut American Cancer Society, penggunaan alat kontrasepsi jangka panjang dapat meningkatkan risiko kanker pada wanita.

Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter sebelum Anda memilih pil KB untuk mempercepat haid selesai lebih awal. Ingat, ada banyak jenis pil KB dan tidak semuanya cocok untuk kondisi kesehatan Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

How to Stop or Speed Up Your Period. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322958.php. Accessed 5/10/2018.

Can I Make My Period End Faster? https://www.healthline.com/health/womens-health/how-to-make-your-period-end-faster. Accessed 5/10/2018.

PSA: This Trick Will Make Your Period End Faster. https://www.womenshealth.com.au/orgasms-make-period-end-faster. Accessed 5/10/2018.

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Adelia Marista Safitri
Tanggal diperbarui 08/03/2021
x