Cara Aman Memasang Tampon Saat Sedang Haid

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 21 Juni 2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Apa yang Anda gunakan untuk menyerap darah saat menstruasi? Sebagian besar wanita di Indonesia biasanya memakai pembalut, namun tahukah Anda bahwa tampon juga bisa jadi pilihan, terutama jika Anda wanita yang aktif bergerak? Bagaimana cara pakai tampon?

Apa itu tampon?

Tampon adalah sejenis “pembalut” berbentuk silinder yang terbuat dari kapas lembut. Gunanya sama seperti pembalut, yaitu untuk menyerap aliran darah yang keluar saat sedang menstruasi. Bedanya, jika pembalut dipasang di permukaan celana dalam untuk menampung darah yang keluar, tampon justru dimasukkan ke dalam lubang vagina untuk “menyumbat” vagina sekaligus menyerap darah haid.

Dengan bentuk silindernya, tampon akan mudah dimasukkan ke dalam vagina, karena didesain mengikuti bentuk vagina wanita. Pada ujung bentuk tampon, terdapat sebuah benang yang berguna sebagai penahan yang ditarik ketika tampon selesai digunakan. Selain itu, dalam kemasan tampon Anda bisa mendapatkan aplikator, guna membantu kemudahan ketika pakai tampon bagi pemula.

Umumnya, di Indonesia masih tidak terlalu banyak wanita yang menggunakan tampon saat menstruasi. Masyarakat lebih memilih pembalut, karena dirasa lebih praktis dan nyaman saat digunakan.

Bagaimana cara pakai tampon?

  1. Pertama, yang harus Anda lakukan adalah memastikan tangan Anda bersih. Cuci tangan dahulu sebelum memegang atau menggunakan tampon. Gunakan yang tampon yang kemasannya masih tersegel dengan baik.
  2. Tarik benang penahan pada tampon. Gunanya untuk memastikan benang benar-benar kuat dan tidak akan lepas.
  3. Tahap selanjutnya, Anda bisa memposisikan tubuh senyaman dan serileks mungkin. Beberapa wanita memilih untuk jongkok pada saat cara pakai tampon dilakukan. Anda juga bisa mengangkat sebelah kaki dan menahannya pada pijakan yang kuat, seperti tembok atau bangku, contohnya.
  4. Lalu, setelah menemukan posisi yang tepat dan nyaman, buka bibir vagina (labia) Anda dengan salah satu tangan. Sementara sebelahnya lagi memegang tampon. Posisikan ujung benang tampon ada di posisi bawah. Dorong tampon ke lubang vagina.
  5. Setelah dirasa tampon masuk ke dalam vagina, dorong dan pastikan lagi dengan jari Anda bahwa seluruh bagian tampon telah masuk dengan sempurna. Jangan lupa juga memastikan ujung benang tampon berada dalam posisinya yaitu menggantung di luar vagina.

Kapan tampon harus diganti?

Anda tidak disarankan untuk menggunakan tampon jika tidak sedang haid atau jika laju darah menstruasi Anda sangat sedikit. Sebaikny,a Anda mengganti tampon setiap 3 sampai 5 jam sekali. Satu buah tampon sebaiknya tidak digunakan lebih dari 6 jam. Jadi, hindari penggunaan tampon selama Anda tidur di malam hari.

Jika Anda memang ingin menggunakan tampon selama tidur, jangan lupa pasang alarm dan langsung ganti tampon Anda saat bangun. Menggunakan tampon terlalu lama bisa meningkatkan risiko toxic shock syndrome yang bersifat fatal.

Sakitkah pakai tampon?

Saat membaca cara pakai tampon di atas, mungkin banyak dari Anda yang bertanya-tanya, “apakah pakai tampon itu sakit?”

Seperti yang diketahui, vagina adalah bagian sensitif dari wanita yang rentan pada tiap sentuhan. Namun seberapa rileks dan santai tubuh Anda saat memasang tampon tentu akan menentukan tingkat kenyamanan Anda.

Tampon akan lebih mudah dimasukkan ketika menstruasi sedang “deras-derasnya.” Anda bisa menggunakan tampon pada hari pertama menstruasi berlangsung. Gunakan tampon dengan jenis serapan yang super.

Ingat, memakai tampon tidak seharusnya terasa sakit. Kalau Anda merasakan sakit atau adanya ketidaknyamanan saat memasang atau memakai tampon, mungkin itu karena Anda tegang. Tubuh yang tegang akan berdampak pada vagina yang menutup dan sulit dipasangi tampon.

Kemungkinan lainnya, tampon yang telah masuk tidak sampai penuh terdorong ke dalam vagina, sehingga ada bagian yang mengganjal di lubang vagina. Jika Anda ingin memperbaiki posisi tampon yang dirasa kurang nyaman, baiknya gunakan tampon baru.

Memang sulit jika pertama kali pakai tampon, tapi seiring rileksnya tubuh dan berjalannya waktu, Anda pasti bisa nyaman dan bisa menggunakan tampon dengan baik. Selamat mencoba!

Kalkulator Masa Subur

Ingin Cepat Hamil? Cari tahu waktu terbaik untuk bercinta dengan suami lewat kalkulator berikut.

Kapan Ya?
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Apakah Tremor Bisa Disembuhkan? Apa Saja Pengobatannya?

Dalam beberapa kasus, tremor bisa sembuh tapi bisa juga tidak. Tremor jenis apa yang bisa disembuhkan dan seperti apa pengobatannya? Cek di sini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Kesehatan Otak dan Saraf, Penyakit Saraf Lainnya 27 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

7 Masalah Pada Kaki yang Umum Terjadi Seiring Bertambahnya Usia

Penyakit kaki merupakan masalah kesehatan yang banyak dikeluhkan oleh lansia. Selain nyeri telapak kaki karena asam urat, ini dia penyebab lainnya.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Kesehatan Lansia, Perawatan Lansia 27 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

3 Fakta Tentang Hati (Liver) Manusia yang Ternyata Menakjubkan

Sebagai organ vital manusia, hati (liver) berperan penting dalam menjaga kesehatan. Cari tahu fakta tentang hati manusia berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Kesehatan Pencernaan, Penyakit Hati (Liver) 27 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

7 Trik Jitu Agar Tak Mudah Tergoda Makan Junk Food

Anda tidak bisa berhenti makan junk food? Tenang, ada siasat khusus untuk menghindari godaan makan makanan tak sehat. Intip caranya di sini, yuk.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Tips Makan Sehat, Nutrisi 27 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

obat kuat alami

11 Pilihan Obat Kuat Alami yang Bikin Pria Lebih Tahan Lama di Ranjang

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 27 Januari 2021 . Waktu baca 9 menit
menelan sperma

Apakah Bisa Hamil Jika Kita Menelan Sperma?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 27 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
telat haid

Telat Haid

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 27 Januari 2021 . Waktu baca 13 menit
radiasi wi-fi

Benarkah Radiasi dari Wi-Fi Bisa Memicu Kanker Anak?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 27 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit