home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Kenali 10 Tanda-Tanda Saat Akan Datang Bulan

Kenali 10 Tanda-Tanda Saat Akan Datang Bulan

Sebelum haid, biasanya wanita merasakan tanda-tanda menstruasi beberapa hari sebelumnya. Meskipun tanda-tanda haid yang dirasakan berbeda-beda, tapi secara umum biasanya wanita mengalami gejala berikut.

Tanda-tanda menstruasi akan segera datang

Sebelum haid, beberapa wanita mengalami gejala PMS. Namun, tidak semua perempuan mengalami PMS sehingga menyulitkan mereka untuk “meramal” kapan tamu bulanan akan berkunjung.

Meski begitu, terdapat beberapa tanda-tanda menstruasi yang umum dirasakan oleh para wanita, antara lain sebagai berikut.

1. Kram perut

Kram perut adalah tanda-tanda akan haid yang paling khas. Kondisi ini biasanya muncul 1 sampai 2 hari menjelang jadwal menstruasi.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena kram perut ini biasanya akan hilang saat Anda sudah haid atau hanya muncul di hari pertama saja.

2. Muncul jerawat

Selain kram, munculnya jerawat adalah tanda-tanda menstruasi yang paling mudah dikenali. Jerawat muncul karena kadar hormon tubuh yang meningkat menjelang menstruasi.

Hal ini menyebabkan kulit wajah memproduksi minyak (sebum) secara berlebihan. Timbunan minyak inilah yang kemudian menyumbat pori dan menghasilkan jerawat.

3. Payudara terasa padat dan nyeri saat disentuh

Jika payudara terasa bengkak, lebih berat, dan terasa nyeri terutama di sisi terluarnya, ini adalah ciri-ciri haid Anda akan datang sebentar lagi.

Perubahan payudara diakibatkan oleh naiknya hormon prolaktin, yaitu hormon yang meningkatkan produksi susu.

4. Kecapekan tapi susah tidur

Ketika tamu bulanan sebentar lagi datang, Anda akan jadi lebih susah tidur malam meski badan sudah kecapekan berat.

Terjadinya kondisi ini merupakan kombinasi dari berbagai penyebab, seperti: perubahan hormon menjelang menstruasi, stres fisik karena badan lelah. dan stres emosional dari aktivitas harian.

Usahakan untuk membuat kamar tidur senyaman mungkin saat tanda-tanda menstruasi yang satu ini muncul.

5. Sembelit atau diare

Beberapa wanita bisa mengeluhkan gangguan pencernaan seperti sembelit atau diare selama beberapa hari sebagai ciri-ciri datang bulan. Hal ini karena naiknya hormon menjelang menstruasi.

Peningkatan hormon prostaglandin dapat memicu usus berkontraksi sehingga menyebabkan diare, sedangkan peningkatan hormon progesteron bisa memicu sembelit.ciri perut kembung

6. Perut kembung

Sudah makan teratur, tapi perut tetap saja terasa kembung dan bergas? Bisa jadi itu adalah ciri-ciri haid akan datang.

Untuk mengatasinya, coba kurangi asupan makanan yang tinggi garam dan ganti dengan memperbanyak makan buah dan sayur, serta olahraga secara teratur.

7. Sakit kepala

Beberapa wanita mengalami tanda-tanda seperti sakit kepala berat menjelang menstruasi.

Ternyata, ini ada hubungannya dengan perubahan kadar hormon estrogen tubuh yang dapat mengganggu kondisi otak. Akibatnya, terjadilah sakit kepala saat haid.

8. Mood swing

Selain perubahan fisik, menstruasi juga bisa mengubah suasana hati Anda menjadi tidak stabil atau mood swing.

Menjelang menstruasi, Anda mungkin jadi cepat marah atau tiba-tiba menangis, padahal sebelumnya sedang gembira.

9. Nafsu makan meningkat

Beberapa orang mengalami tanda-tanda menstruasi berupa nafsu makan yang meningkat.

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh International Journal of Nutrition and Metabolism, peningkatan hormon saat haid pada wanita muda dapat menyebabkan keinginan makan yang lebih tinggi.

10. Sensitif terhadap suara, cahaya dan sentuhan

Menurut Jurnal Archives of Gynecology and Obstetrics, beberapa wanita yang mengalami premenstrual syndrome, merasakan lebih sensitif terhadap suara, cahaya dan sentuhan saat menjelang haid.

Hal ini membuatnya merasa lebih mudah gelisah saat berada di tempat yang berisik, mudah silau dengan cahaya, dan tidak nyaman saat disentuh oleh orang lain.

Jika tanda-tanda menstruasi ini sudah Anda rasakan, persiapkan pembalut terutama saat Anda bepergian ke luar rumah.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Farage, M. A. (2008, July 1). Cognitive, sensory, and emotional changes associated with the menstrual cycle: a review. PubMed. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/18592262/. Accessed March 16, 2021

Signs your period is coming | Symptoms of your first period. (n.d.). Planned Parenthood | Official Site. https://www.plannedparenthood.org/learn/teens/puberty/whats-periods. Accessed March 16, 2021

Dysmenorrhea: Painful periods. (2020, December). value is what Coveo indexes and uses as the title in Search Results.–> ACOG. https://www.acog.org/womens-health/faqs/dysmenorrhea-painful-periods. Accessed March 16, 2021

Balaha, M. H. (2010, April 23). The phenomenology of premenstrual syndrome in female medical students: A cross sectional study. PubMed Central (PMC). https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2984319/. Accessed March 16, 2021

 

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Indah Fitrah Yani
Tanggal diperbarui 3 minggu lalu
x