10 Jenis Obat Sinusitis Alami yang Bisa Jadi Pilihan Anda

    10 Jenis Obat Sinusitis Alami yang Bisa Jadi Pilihan Anda

    Kondisi sinus yang sehat seharusnya dipenuhi dengan udara. Namun, saat sinus tersumbat oleh cairan, maka akan ditumbuhi kuman yang akhirnya menyebabkan infeksi. Inilah yang dikenal sebagai penyakit sinusitis. Untuk meredakannya, beberapa obat sinusitis alami dan herbal berikut mungkin bisa Anda manfaatkan.

    Obat sinusitis alami yang mudah Anda temukan di rumah

    Selain obat sinusitis secara medis, beberapa bahan alami atau herbal berikut bisa Anda gunakan untuk mengatasi penyakit pada hidung ini.

    1. Jahe

    Ternyata, manfaat jahe juga termasuk meringankan infeksi sinusitis karena memiliki zat antiradang dan antioksidan alami.

    Zat-zat ini mampu mengurangi pembengkakan di selaput hidung dan meredakan hidung tersumbat.

    Studi menunjukkan jahe bekerja dengan menekan produksi lendir dan meringankan pusing pada kepala.

    Jika ingin mencoba obat sinusitis herbal ini, Anda bisa merebus jahe di dalam air. Air rebusan jahe tersebut bisa digunakan untuk membuat teh jahe yang diminum tiga kali sehari.

    Anda juga bisa menggunakan air rebusan sebagai kompres yang ditempeli pada wajah selama 15 menit. Uap jahe yang dihasilkan mampu meredakan rongga pernapasan dari sumbatan lendir.

    2. Cuka sari apel

    cuka sari apel untuk obat batuk berdahak

    Cuka sari apel ternyata juga sering digunakan sebagai obat sinusitis alami. Pasalnya, bahan alami ini kaya akan vitamin A, E, B1, B2, kalsium, kalium, dan magnesium yang mampu membersihkan rongga sinus dan mengobati gejala sinusitis.

    Cuka sari apel juga diketahui telah lama digunakan untuk membersihkan luka dan mencegah infeksi karena dapat menghalangi pertumbuhan bakteri.

    Pengobatan bisa dilakukan dengan mencampurkan satu sendok makan cuka apel ke dalam secangkir air panas, kemudian tambahkan madu atau lemon untuk menambah cita rasanya.

    Larutan ini paling baik diminum pada pagi dan siang hari. Jangan lupa gunakan sedotan saat minum untuk melindungi enamel atau lapisan gigi.

    Setelah rutin mengonsumsi ini, perhatikan warna lendir Anda akan berubah menjadi lebih jernih. Penipisan lendir inilah yang menandakan infeksi penyebab sinusitis Anda telah membaik.

    3. Madu

    Madu kaya akan nutrisi, seperti mineral dan vitamin, serta memiliki sifat antibakteri yang bisa membantu melawan infeksi bakteri.

    Bukan hanya itu, madu pun dapat menenangkan saluran hidung dan tenggorokan yang iritasi, serta membersihkan lendir berlebih.

    Anda bisa menggunakan madu sebagai obat sinusitis alami dengan mencampurkannya ke dalam air hangat untuk membersihkan saluran hidung yang tersumbat.

    4. Bawang putih

    Bawang putih tidak hanya berguna digunakan sebagai obat sinusitis secara alami, tapi juga bisa mencegah penyakit ini sejak awal.

    Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi bawang putih selama musim dingin mampu menghangatkan tubuh sekaligus menyembuhkan sakit flu.

    Pasalnya, dilansir dari University of Rochester Medical Center, senyawa allicin dalam bawang putih memiliki sifat antibakteri yang mampu membunuh kuman penyebab penyakit.

    Bawang putih terkenal memiliki rasa pedas dan aroma yang tajam. Untuk itu, Anda bisa mengonsumsinya bersama dengan campuran jus tomat dan jus lemon yang dipanaskan dalam panci selama beberapa menit.

    Konsumsi minuman ini selama dua kali sehari hingga infeksi sinus mereda atau hilang.

    5. Kunyit

    Kunyit sebagai obat batuk alami untuk anak

    Kunyit yang sering Anda temukan di antara bumbu dapur ini ternyata memiliki khasiat antiradang yang disinyalir mampu mengobati infeksi terkait sinusitis.

    Selain itu, senyawa utama kurkumin dalam kunyit juga efektif untuk membersihkan saluran pernapasan dan menyembuhkan rongga sinus yang terinfeksi.

    Penelitian menyatakan bahwa kunyit mengandung antibiotik dan antivirus yang baik bagi kesehatan tubuh.

    Anda bisa mengonsumsinya dengan cara mencampurkan beberapa kunyit dan jahe lalu seduh bersama teh panas.

    Konsumsi cairan ini beberapa kali dalam sehari untuk membantu menenangkan saluran hidung Anda yang tersumbat. Minum jamu kunyit juga bisa jadi pilihan obat sinusitis herbal.

    6. Minyak oregano

    Selain dalam bentuk daun kering, ternyata, daun dan bunga oregano juga bisa menghasilkan minyak oregano yang bermanfaat untuk pengobatan sinusitis.

    Kandungan bahan-bahan alami dalam minyak oregano diyakini sangat bermanfaat untuk kesehatan karena memiliki dua senyawa, yaitu carvacol dan timol.

    Senyawa tersebut bersifat antibakteri dan antijamur yang kuat serta mempunyai sifat antiinflamasi yang mampu mengurangi rasa sakit dari pembengkakan di rongga hidung dan membebaskan aliran lendir di saluran pernapasan.

    Untuk dijadikan obat sinusitis herbal, Anda bisa menambahkan beberapa tetes minyak oregano ke dalam semangkuk air mendidih, kemudian tutup mata Anda sembari menghirup aromanya.

    Lakukan hal ini selama beberapa menit dan ulangi prosesnya dua kali sehari selama pagi dan malam hari, hingga keluhan sinusitis berangsur membaik.

    7. Tea tree oil (Melaleuca Alternifolia)

    Sebuah penelitian menemukan fakta bahwa tea tree oil atau minyak pohon teh memiliki sifat antiseptik, antibakteri, dan antiradang.

    Mengingat peradangan dan bakteri di jaringan sinus sering menjadi penyebab penyumbatan, maka minyak ini dianggap mampu untuk meringankan gejala sinusitis.

    Aroma minyak yang dibuat melalui proses penyulingan serta penguapan tanaman ini akan terasa segar, hangat, dan sedikit menyengat.

    Oleh karena itu, minyak ini dapat digunakan sebagai obat sinusitis alami, sehingga dapat membantu mencegah komplikasi infeksi sinus yang mungkin terjadi.

    8. Minyak eukaliptus (Eucalyptus Globulus dan Radiata)

    daun eucalyptus dan ekstrak minyak eukaliptus yang berguna untuk usir bau mulut dan kesehatan gigi dan mulut

    Minyak eukaliptus dikenal sebagai obat dekongestan (pereda hidung tersumbat dan gangguan pernapasan atas) yang baik karena kandungan antibakteri dan antivirusnya yang cukup kuat.

    Penelitian tahun 2009 menemukan fakta bahwa cineole, yang merupakan komponen utama minyak ini, adalah pengobatan yang efektif dan aman untuk sinusitis yang tidak mengandung antibiotik.

    Menurut National Association for Holistic Aromatherapy (NAHA), kandungan 1,8 cineole membantu membersihkan udara dari bakteri dan mikroba lainnya, mengurangi lendir di saluran napas, dan menjadi penekan batuk secara alami.

    Faktanya, banyak obat yang mengandung eukaliptus karena kandungan di dalamnya yang sangat bermanfaat.

    Minyak ini bisa membantu mencegah serta menghilangkan gejala flu, sinusitis, dan bronkitis. Sifat antiradangnya ampuh meredakan pembengkakan pada bagian dalam hidung dan mengobati masalah pernapasan.

    9. Minyak daun mint (Mentha piperita)

    Senyawa utama dari minyak daun mint adalah menthol. Menthol menghasilkan sensasi dingin dan membantu melegakan napas.

    Minyak ini memiliki aroma segar dan mint yang cukup tajam. Sifat dekongestan tersebut membuat minyak ini menjadi salah satu pilihan obat alami untuk meredakan penyumbatan pernapasan, termasuk pada sinusitis.

    Akan tetapi, karena sensasi dinginnya yang cukup kuat, minyak ini tidak dianjurkan untuk digunakan pada anak dengan usia di bawah tiga tahun.

    10. Minyak rosemary (Rosmarinus Officinalis ct. Verbenon)

    Minyak rosemary merupakan minyak yang memiliki kandungan hidrogen tertinggi dari semua minyak esensial, sehingga terasa lebih hangat.

    Minyak ini digunakan sebagai stimulan bagi kekebalan tubuh. Aromanya yang kuat, segar, dan menghangatkan membuatnya berfungsi untuk meringankan masalah pernapasan, seperti bronkitis, sinusitis, serta flu.

    Sifat mukolitik, dekongestan, dan ekspektorannya membuat minyak ini mampu meringankan lendir berlebih.

    Namun, bagi Anda yang sedang hamil dan memiliki tekanan darah tinggi atau gangguan kejang, penggunaan minyak ini sebagai obat alami bisa menjadi salah satu pantangan sinusitis karena berpotensi memberikan efek yang tidak diinginkan.

    Benarkah humidifier bisa jadi obat alami sinustis?

    cara membersihkan humidifier

    Selain bahan-bahan alami di atas, humidifier juga bisa digunakan untuk membantu meredakan gejala sinus.

    Udara yang kering bisa membuat membran mukosa mengalami iritasi dan membuat sinus kering.

    Humidifier bisa membantu menjaga sinus tetap lembap, sehingga tekanan pada sinus bisa berkurang.

    Humidifier bekerja dengan meningkatkan kadar air di udara. Saat terhirup, udara yang lembap juga bisa membantu melembapkan lapisan sinus dan mengencerkan lendir.

    Anda bisa meletakan humidifier di tempat yang sering Anda tempati, seperti kamar. Sebagai contoh, Anda bisa nyalakan humidifier saat akan tidur, sehingga Anda tidak akan mengalami hidung tersumbat saat bangun tidur.

    Untuk mendapatkan pengobatan sinusits yang tepat, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis THT. Cari dokter spesialis THT terdekat dari lokasi Anda dan booking melalui platform Hello Sehat.

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    Exploring Aromatherapy | NAHA. (2022). Retrieved 15 August 2022, from https://naha.org/index.php/explore-aromatherapy/safety/

    Garlic – Health Encyclopedia – University of Rochester Medical Center. (2022). Retrieved 15 August 2022, from https://www.urmc.rochester.edu/encyclopedia/content.aspx?contenttypeid=19&contentid=Garlic

    How to relieve sinus pressure with 10 home remedies. (2022). Retrieved 15 August 2022, from https://www.allinahealth.org/healthysetgo/heal/ten-home-remedies-to-relieve-sinus-pain-and-pressure

    Improve Your Sinuses Today: What to Eat to Avoid Inflammation. (2022). Retrieved 15 August 2022, from https://www.pacificcollege.edu/news/blog/2015/03/24/improve-your-sinuses-today-what-to-eat-to-avoid-inflammation

    Oil of oregano: Can it treat sinusitis?. (2022). Retrieved 15 August 2022, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/acute-sinusitis/expert-answers/oil-of-oregano/faq-20058486

    Sinusitis | Sinus Infection Symptoms, Diagnosis, Treatment & Management. (2022). Retrieved 15 August 2022, from https://www.aaaai.org/Conditions-Treatments/Allergies/Sinusitis

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Reikha Pratiwi Diperbarui Oct 19
    Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita