home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

7 Manfaat Humidifier (Pelembap Udara) bagi Kesehatan Tubuh dan Lingkungan

7 Manfaat Humidifier (Pelembap Udara) bagi Kesehatan Tubuh dan Lingkungan

Humidifier merupakan alat yang berguna untuk menjaga kelembapan udara di dalam ruangan. Itu sebabnya, alat ini dapat bermanfaat untuk melegakan saluran pernapasan. Ada segudang manfaat yang ditawarkan dengan menggunakan humidifier, seperti mengurangi iritasi pada saluran pernapasan (bronkial), membantu pernapasan, serta meringankan rasa sakit pada tenggorokan. Yuk, cari tahu apa saja manfaat humidifier di bawah ini.

Mengenal beragam manfaat penggunaan humidifier

Humidifier sudah tidak asing lagi dijumpai di banyak tempat, terutama di rumah-rumah dengan udara yang kering atau cukup sering memasang AC. Alat ini sendiri membantu menambah atau menyeimbangkan tingkat kelembapan udara di dalam ruangan.

Tak hanya itu, berikut adalah beberapa manfaat humidifier yang perlu Anda ketahui.

1. Mengatasi kulit kering dan bibir pecah-pecah

Apakah Anda sering mengalami kulit kering? Bibir pecah-pecah? Atau malah keduanya? Kulit kering dan bibir yang pecah-pecah mungkin sering membuat Anda jengkel. Pasalnya, kondisi ini bisa membuat tidak nyaman, tidak sedap dipandang, hingga menyebabkan sakit terutama pada bibir yang mengelupas.

Tak hanya melembapkan udara sekitar, rupanya humidifier juga dapat berfungsi sebagai salah satu cara mengatasi kulit kering dan bibir pecah-pecah. Oleh karena fungsinya yang dapat melembapkan udara, hal ini juga dapat secara langsung membantu menjaga kelembapan kulit Anda.

Anda bisa meletakkan alat ini di area-area yang sering digunakan keluarga untuk berkumpul, misalnya di ruang keluarga ataupun di kamar tidur. Anda juga bisa menyimpan alat ini di kantor.

2. Meredakan kulit gatal

Kulit kering akibat kelembapan udara yang rendah bisa berujung pada rasa gatal. Jika dibiarkan, mungkin akan muncul keinginan menggaruk yang tak henti sampai akhirnya menyebabkan lecet. Hal ini tentu akan mengganggu penampilan Anda.

Lagi-lagi, manfaat humidifier yang mampu menjaga kelembapan udara dapat membuat kulit Anda menjadi lebih lembap pula. Dengan begitu, gatal yang dirasakan pun bisa mereda secara perlahan.

Tak hanya itu, humidifier juga bisa untuk meredakan kulit kering akibat beberapa kondisi kesehatan seperti psoriasis, gangguan tiroid, pengobatan jerawat, dan produk kosmetik tertentu.

3. Mengobati gejala pilek, flu, atau alergi

Manfaat humidifier lainnya yakni bisa mengurangi gatal pada hidung, saluran hidung, sinus, mulut, tenggorokan, bahkan mata. Maka dari itu, humidifier banyak digunakan pada penderita pilek, flu, atau alergi.

Selain ampuh untuk mengobati masalah pada bagian hidung dan tenggorokan, humidifier juga berfungsi sebagai pencegahan dengan cara membatasi perkembangan virus dan bakteri yang tumbuh di udara yang kering.

4. Manfaat humidifier untuk asma

Banyak orang dengan asma, baik anak-anak maupun orang dewasa, yang menggunakan humidifier untuk mencegah risiko serangan asma kambuh, terutama bila asma disertai dengan infeksi pernapasan.

Akan tetapi, sebaiknya orang dengan asma berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter bila berencana untuk menggunakan humidifier di rumah.

Pasalnya, humidifier bisa saja menghasilkan kelembapan udara yang terlalu tinggi yang dapat memicu berkembangnya alergen. Sebagaimana disebutkan dalam Mayo Clinic, hal itu justru dapat memperburuk gejala asma.

5. Menghambat penularan penyakit

Pemakaian humidifier ternyata juga memberikan manfaat untuk mengurangi risiko penularan penyakit. Bagaimana bisa?

Sebuah studi yang terdapat dalam jurnal National Academy of Sciences mengkaji hubungan antara tingkat kelembapan udara dan seberapa lama virus influenza mampu bertahan hidup.

Dari hasil penelitian tersebut, ternyata virus influenza mampu bertahan hidup lebih lama dan mudah tersebar pada tempat yang kelembapan udaranya rendah.

Oleh karena itu, pemakaian humidifier memberikan manfaat untuk mencegah penularan penyakit, terutama selama musim flu berlangsung. Dengan adanya humidifier, Anda bisa memperkecil peluang tertular virus penyakit, serta menciptakan lingkungan yang tidak ideal bagi virus untuk bertahan hidup.

6. Mengurangi dengkuran saat tidur

Apakah Anda sering ngorok alias mendengkur saat tidur? Jika iya, salah satu faktor yang mungkin menyebabkan Anda mendengkur adalah hidung tersumbat. Apalagi jika Anda memiliki masalah pernapasan, seperti sinusitis atau asma.

Hidung yang tersumbat bisa jadi berakibat dari peradangan. Radang lebih mudah terjadi di dalam hidung jika udara di sekitar Anda terlalu kering.

Nah, memakai humidifier bisa menjadi solusi bagi Anda yang mengalami masalah mendengkur saat tidur. Udara yang lebih lembap akan mengurangi sumbatan dalam hidung, sehingga saluran pernapasan Anda menjadi lebih lega.

7. Manfaat humidifier untuk lingkungan

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, penggunaan humidifier juga bisa membantu menjaga lingkungan sekitar. Sebagai contoh, tanaman hias di dalam rumah yang dilengkapi dengan humidifier bisa menjadi lebih sehat karena tingkat kelembapan udara yang baik.

Selain itu, alat pelembap udara juga bisa mencegah dinding rumah berjamur sekaligus membuat wallpaper atau cat dinding lebih tahan lama. Pasalnya, udara yang kering di dalam rumah bisa memengaruhi pertumbuhan jamur serta kondisi wallpaper dan cat hingga terkelupas.

Kini Anda telah mengetahui berbagai manfaat humidifier untuk kesehatan. Meski demikian, untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti agar humidifier tidak cepat rusak dan bekerja dengan maksimal, yaitu:

  • Pakai hygrometer atau alat pengukur kelembapan udara. Udara ideal adalah yang memiliki kelembapan 30-40 persen.
  • Gunakan air matang untuk humidifier. Hindari air keran biasa.
  • Pastikan bagian luar alat humidifier tetap kering dan tidak ada air yang menetes keluar.
  • Bersihkan saringan atau filter humidifier untuk mencegah bakteri dan lumut berkembang.
  • Setelah selesai memakai, simpan humidifier dalam keadaan bersih dan kering.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Humidifier: Air Moisture Eases Skin, Breathing Symptoms – Mayo Clinic. (2019). Retrieved December 10, 2020, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/common-cold/in-depth/humidifiers/art-20048021

How You Can Tell If You Need a Humidifier – Cleveland Clinic. (2019). Retrieved December 10, 2020, from https://health.clevelandclinic.org/how-you-can-tell-if-you-need-a-humidifier/

COPD Humidifiers During Winter – Lung Health Institute. (2017). Retrieved December 10, 2020, from https://lunginstitute.com/blog/copd-humidifiers-winter-keeping-air-home-clean/

Defeating the Dry Winter Air – Rush University Medical Center. (n.d.). Retrieved December 10, 2020, from https://www.rush.edu/health-wellness/discover-health/benefits-humidifiers

Vaporizer or Humidifier: Which Is Best? – Children’s Hospital of Philadelphia. (2015). Retrieved December 10, 2020, from https://www.chop.edu/news/vaporizer-or-humidifier-which-best

7 strategies to fight winter breathing problems – Harvard Health Publishing. (2019). Retrieved December 10, 2020, from https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/7-strategies-to-fight-winter-breathing-problems#:~:text=The%20cold%20temperatures%20can%20trigger,a%20little%20harder%20to%20breathe.

9 ways to banish dry skin – Harvard Health Publishing. (n.d.). Retrieved December 10, 2020, from https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/9-ways-to-banish-dry-skin

Humidifiers and Indoor Allergies – American Academy of Allergic, Asthma, and Immunology. (n.d.). Retrieved December 10, 2020, from https://www.aaaai.org/conditions-and-treatments/library/allergy-library/humidifiers-and-indoor-allergies

Snoring – Mayo Clinic. (2017). Retrieved December 10, 2020, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/snoring/symptoms-causes/syc-20377694

Shaman, J., Kohn, M. (2009). Absolute humidity modulates influenza survival, transmission, and seasonality. Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America. https://doi.org/10.1073/pnas.0806852106

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh Karinta Ariani Setiaputri
Tanggal diperbarui 06/12/2020
x