home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Studi: Pria Dapat Mendeteksi Wanita yang Sedang Terangsang Lewat Bau

Studi: Pria Dapat Mendeteksi Wanita yang Sedang Terangsang Lewat Bau

Tahukah Anda bahwa ternyata dengan cara tertentu para pria dapat ‘mendeteksi’ wanita yang sedang terangsang secara seksual? Yang dimaksud ‘mendeteksi’ di sini adalah mengetahui bahwa wanita di dekat mereka sedang terangsang melalui baunya. Bagaimana kondisi ini dapat terjadi?

Pria dapat ‘mendeteksi’ wanita yang terangsang melalui bau

mandi bersama pasangan

Kebanyakan orang mungkin memiliki cara tersendiri untuk mengetahui apakah pasangannya sedang ingin bercinta atau dalam kata lain bergairah.

Akan tetapi, menurut penelitian dari University of Kent di Inggris, ada satu cara yang dapat dilakukan pria untuk mengetahui apakah wanita terangsang atau tidak yaitu melalui bau.

Terdengar tidak masuk akal, tetapi pada kenyataannya memang benar adanya. Faktanya, manusia dapat berkomunikasi dan mendeteksi emosi, seperti rasa sedih atau takut, melalui aroma. Selain itu, gairah seksual pun juga termasuk dalam keadaan fisik emosional tersebut.

Dalam penelitian yang diterbitkan oleh jurnal Archives of Sexual Behaviour terdapat tiga eksperimen yang dilakukan.

Pada setiap uji coba, sekelompok pria diminta untuk mencoba mendeteksi apakah wanita terangsang atau tidak melalui sampel keringat. Sampel keringat tersebut berasal dari wanita yang gairah seksualnya sedang tinggi dan tidak terangsang sama sekali.

Hasilnya, kebanyakan pria berpendapat bahwa aroma wanita yang terangsang lebih menarik bagi mereka. Aroma tersebut bahkan meningkatkan gairah para pria tersebut.

tanda payudara terangsang

Dari penelitian tersebut terlihat bahwa aroma yang muncul dalam situasi tertentu diperlukan oleh dua orang. Hal ini bertujuan agar mereka lebih sadar atas hubungan seksual antara satu sama lain.

Menurut ketua dari tim peneliti University of Kent, dr. Arnaud Wisman, pria yang mengikuti penelitian ini menunjukkan bahwa indra penciumannya lebih sensitif. Sensitivitas tersebut ternyata juga berlaku pada tanda-tanda gairah seksual dari wanita.

Sinyal-sinyal yang dikeluarkan oleh wanita dihasilkan bersama dengan ekspresi visual dan auditori dari apa yang wanita rasakan dan lihat. Kemudian, hasil dari sinyal tersebut ternyata meningkatkan gairah seksual bagi pria yang merasa tertarik.

Sebenarnya, sinyal kimia dari emosi manusia dapat dideteksi dan secara tidak sadar bertindak ketika emosinya dirangsang. Entah itu, rangsangan seksual, jijik, atau empati yang ternyata bisa tercium oleh orang lain.

Akan tetapi, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk melihat fungsi dari indra penciuman terhadap gairah seksual seseorang dalam komunikasi manusia.

Tanda-tanda wanita sedang terangsang

Suami istri paruh baya mengalami perubahan gairah seksual

Penelitian dari pria yang dapat mendeteksi apakah wanita terangsang atau tidak mungkin dapat membantu pasangan yang akan melakukan hubungan intim. Dengan begitu, antara keduanya terjadi komunikasi yang baik dan tidak terjadi pemaksaan dari salah satu pihak.

Aroma dari keringat wanita mungkin menjadi salah satu faktor penentu apakah mereka sedang bergairah atau tidak. Akan tetapi, ternyata banyak tanda lainnya yang terasa oleh wanita ketika mereka terangsang, seperti:

  • denyut nadi dan detak jantung bertambah cepat
  • tekanan darah naik
  • pembuluh darah melebar, termasuk pembuluh darah menuju alat kelamin
  • vagina dan vulva menjadi basah
  • bagian vulva, seperti bibir vagina dan klitoris membengkak akibat pasokan darah
  • payudara terasa penuh dan ereksi pada puting

merangsang payudara

Walaupun beberapa hal di atas mungkin tidak dapat dilihat dengan mata telanjang, setidaknya hal tersebut dapat terlihat dari fisik wanita.

Sementara itu, ketika gairah seksual wanita meningkat, biasanya mereka lebih sulit berkonsentrasi. Hal ini mungkin dikarenakan rangsangan seksual mengaktifkan perubahan di otak dan mendorong aktivitas otak yang berfokus pada jenis kelamin tertentu.

Walaupun demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memahami bagaimana otak bekerja ketika wanita sedang terangsang, baik ketika berhubungan seks maupun tidak.

Mendeteksi apakah wanita sedang terangsang atau tidak melalui aroma yang dihirup pria mungkin dapat menjadi penentu kepekaan indra penciuman pria.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Ferguson, S. (2019). Everything you need to know about female arousal. Healthline. Retrieved 6 March 2020, from https://www.healthline.com/health/healthy-sex/female-arousal

Miller, O. (2020). Men can smell when a woman is sexually aroused: study. Medical Xpress. Retrieved 6 March 2020, from https://medicalxpress.com/news/2020-03-men-woman-sexually-aroused.html

Wisman, A., & Shrira, I. (2020). Sexual Chemosignals: Evidence that Men Process Olfactory Signals of Women’s Sexual Arousal. Archives Of Sexual Behavior. doi: 10.1007/s10508-019-01588-8 Retrieved 6 March 2020.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Nabila Azmi Diperbarui 08/05/2020
Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro