home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

8 Pilihan Makanan untuk Bantu Meningkatkan Gairah Seks Wanita

8 Pilihan Makanan untuk Bantu Meningkatkan Gairah Seks Wanita

Saat sedang asyik-asyiknya berhubungan seksual, kadang wanita kerap kesulitan mencapai klimaks atau orgasme. Menariknya, ternyata ada jenis makanan tertentu yang diklaim dapat membantu agar wanita bisa lebih cepat klimaks. Namun, apakah makanan pembangkit gairah seksual wanita ini benar efektif? Simak penjelasannya di bawah ini, ya!

Ragam makanan agar wanita cepat klimaks (orgasme)

Gairah seks yang rendah adalah hal yang umum terjadi dan bisa dialami oleh siapa pun.

Hanya saja, dibandingkan dengan pria, wanita cenderung lebih sering mengalami penurunan gairah seksual.

Menurunnya gairah seksual wanita dapat diakibatkan oleh berbagai hal, mulai dari naik-turunnya hormon, efek samping pil KB, kurang tidur, kelelahan, maupun sudah menginjak usia menopause.

Meskipun begitu, gairah seks yang menurun bukanlah akhir dari segalanya.

Menyantap makanan sehat yang kaya nutrisi tertentu diklaim dapat membantu mengembalikan panasnya gairah seks di ranjang bersama pasangan.

posisi seks mudah

Para pakar kesehatan turut mengungkapkan bahwa makanan ternyata punya pengaruh yang signifikan pada kesehatan kehidupan seks yang lebih baik dan intim.

Itu sebabnya, penting untuk memperhatikan asupan nutrisi makanan sehari-hari.

Berikut ini beberapa daftar makanan yang bisa jadi cara untuk membantu meningkatkan gairah seksual agar wanita cepat klimaks (orgasme):

1. Ikan berlemak

manfaat salmon untuk kulit

Ikan berlemak seperti salmon, tuna, dan sarden merupakan sumber utama dari omega-3.

Selain mengurangi peradangan pada tubuh dan meningkatkan kesehatan jantung, makanan dengan kandungan omega-3 juga membantu menaikkan kadar dopamin di otak yang bisa menjadi perangsang seks untuk wanita.

Tak sampai di situ, penelitian yang dipublikasikan di jurnal Aging Cell menunjukkan bahwa menyantap makanan yang mengandung asam lemak omega-3 dapat memperpanjang usia reproduksi ibu.

Ini artinya, omega-3 bisa dibilang baik untuk kesehatan reproduksi Anda.

2. Cokelat

bercak putih pada cokelat

Cokelat punya kandungan afrodisiak dan magnesium yang bisa membuat Anda jadi lebih rileks.

Afrodisiak adalah kandungan zat yang bisa meningkatkan gairah seksual seseorang.

Selain itu, cokelat hitam mengandung senyawa phenylethylamine yang bertugas melepaskan hormon endorfin untuk meningkatkan hasrat seksual.

Artinya, cokelat mungkin bisa jadi salah satu pilihan makanan agar wanita lebih cepat klimaks. Dampak coklat terhadap seksualitas wanita telah diuji oleh sejumlah penelitian.

Salah satunya menyebutkan bahwa konsumsi coklat dapat meningkatkan skor FSFI (Female Sexual Function Index) atau indeks fungsi seksual pada wanita.

3. Bayam

manfaat bayam hijau

Tak banyak yang tahu bahwa bayam merupakan salah satu sumber makanan yang bisa meningkatkan gairah seksual wanita karena diperkaya oleh magnesium.

Magnesium punya fungsi utama untuk melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah ke area intim menjadi lebih lancar dan membuat wanita mudah bergairah.

Selain bayam, makanan berupa sayuran hijau lainnya yang mengandung folat juga dapat meningkatkan gairah seksual wanita agar cepat klimaks.

Sayuran hijau yang bisa jadi pilihan makanan pembangkit gairah seksual wanita, seperti:

4. Tiram

Tiram termasuk salah satu makanan yang dapat wanita santap agar cepat klimaks.

Ini karena tiram mengandung seng yang sangat tinggi sehingga bisa membantu meningkatkan gairah seksual dengan merangsang produksi hormon testosteron.

Selain itu, tiram bisa mengoptimalkan fungsi sistem saraf karena kandungan asam lemak omega-3 yang cukup tinggi.

Tak sampai di situ, tiram mengandung dopamine, yaitu hormon yang muncul saat orgasme dan dikenal bisa meningkatkan gairah seksual.

5. Apel

buah apel

Jika ingin yang lebih sehat dan segar, apel bisa jadi pilihan salah satu jenis makanan untuk membantu wanita agar lebih cepat klimaks.

Hal ini telah dibuktikan melalui penelitian yang dipublikasikan di jurnal Archives of Gynecology and Obstetrics.

Penelitian yang melibatkan 7.030 wanita di Italia ini menunjukkan bahwa makan apel secara teratur berhubungan dengan seksualitas wanita.

Namun, studi tersebut tidak membuktikan apakah apel terbukti efektif sebagai makanan agar wanita cepat klimaks (orgasme).

Oleh karena itu, dibutuhkan penelitian lanjutan untuk membuktikan hal ini.

6. Ginseng

manfaat ginseng buat pria

Salah satu herbal yang mungkin bermanfaat sebagai makanan agar wanita cepat klimaks adalah ginseng.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Psychiatry Research membuktikan adanya pengaruh ginseng untuk melawan disfungsi seksual pada wanita maupun pria.

Sayangnya, penelitian belum dapat menunjukkan pengaruh langsung antara ginseng dan gairah seksual wanita.

Supaya lebih meyakinkan, masih dibutuhkan studi lebih lanjut untuk membuktikan hal pengaruh ginseng terhadap peningkatan gairah seks wanita.

7. Saffron

khasiat saffron

Saffron merupakan tanaman herbal yang kini sedang naik daun karena dibicarakan di mana-mana.

Tanaman ini disebut-sebut berkhasiat untuk kesehatan Anda secara keseluruhan.

Jurnal Human Psychopharmacology: Clinical and Experimental menyebutkan bahwa saffron mungkin dapat dijadikan herbal untuk memperbaiki beberapa masalah seksual, termasuk gairah, lubrikasi, dan nyeri.

Itu sebabnya, saffron berpotensi menjadi satu dari beberapa makanan andalan pembangkit gairah seksual wanita.

8. Fenugreek

fenugreek

Sebuah penelitian yang dimuat di Phytotherapy Research menilai efek ekstrak biji fenugreek terhadap hormon seks dan fungsi seksual wanita.

Studi ini dilakukan pada wanita dengan siklus menstruasi normal tetapi mengalami dorongan seksual rendah.

Hasilnya, ekstrak fenugreek terbukti yang dapat meningkatkan hormon testosteron serta hasrat dan gairah seksual wanita.

Atas dasar inilah herbal yang punya bahasa latin Trigonella foenum-graecum ini mungkin dapat menjadi salah satu pilihan makanan untuk wanita agar cepat klimaks.

seks setelah melahirkan

Makanan-makanan yang telah disebutkan di atas mungkin bisa dijadikan sebagai pilihan agar wanita cepat klimaks atau orgasme.

Hanya saja, keefektifan kedelapan makanan perangsang wanita tersebut mungkin perlu dikaji lebih lanjut lagi.

Jika Anda mencari cara untuk meningkatkan gairah seksual, sebaiknya konsultasikan lebih lanjut dengan dokter.

Dokter mungkin akan menyarankan Anda melakukan langkah-langkah yang sudah terbukti efektif dan disesuaikan dengan kondisi kesehatan Anda.

Selain itu, pastikan Anda melakukan diskusi terbuka dengan pasangan tentang kondisi atau keluhan ini. Bantuan dari konselor atau terapis mungkin juga Anda butuhkan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Do natural aphrodisiacs actually work?. (2021). Retrieved 29 January 2021, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/sexual-health/expert-answers/natural-aphrodisiacs/faq-20058252

Cai, T., Gacci, M., Mattivi, F., Mondaini, N., Migno, S., & Boddi, V. et al. (2014). Apple consumption is related to better sexual quality of life in young women. Archives Of Gynecology And Obstetrics, 290(1), 93-98. doi: 10.1007/s00404-014-3168-x

Farnia, V., Alikhani, M., Ebrahimi, A., Golshani, S., Sadeghi Bahmani, D., & Brand, S. (2019). Ginseng treatment improves the sexual side effects of methadone maintenance treatment. Psychiatry Research, 276, 142-150. doi: 10.1016/j.psychres.2019.05.004

Kashani, L., Raisi, F., Saroukhani, S., Sohrabi, H., Modabbernia, A., & Nasehi, A. et al. (2012). Saffron for treatment of fluoxetine-induced sexual dysfunction in women: randomized double-blind placebo-controlled study. Human Psychopharmacology: Clinical And Experimental, 28(1), 54-60. doi: 10.1002/hup.2282

Nehra, D., Le, H., Fallon, E., Carlson, S., Woods, D., & White, Y. et al. (2012). Prolonging the female reproductive lifespan and improving egg quality with dietary omega-3 fatty acids. Aging Cell, 11(6), 1046-1054. doi: 10.1111/acel.12006

Rao, A., Steels, E., Beccaria, G., Inder, W., & Vitetta, L. (2015). Influence of a Specialized Trigonella foenum-graecum Seed Extract (Libifem), on Testosterone, Estradiol and Sexual Function in Healthy Menstruating Women, a Randomised Placebo Controlled Study. Phytotherapy Research, 29(8), 1123-1130. doi: 10.1002/ptr.5355

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh Fajarina Nurin
Tanggal diperbarui 3 minggu lalu
x