Kesehatan Seksual

Kesehatan seksual bukan hanya mencakup tips seks yang aman dan penggunaan kontrasepsi. Ketahui juga seputar penyakit klamidia, gonore, sifilis, infeksi HPV, trikomoniasis HIV/AIDS, dan penyakit menular seksual lainnya di halaman ini.

FAQ

Apa itu kesehatan seksual?

Icon Chevron

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), kesehatan seksual adalah kondisi fisik, emosional, mental, dan kesejahteraan sosial yang berkaitan dengan seksualitas. Hal ini meliputi kemampuan untuk mengeksplorasi batasan seksual dengan aman, teredukasi dalam melindungi diri dari infeksi, dan menjaga dan menghormati diri sendiri dan pasangan saat menikmati kepuasan seksual.

Apa yang dimaksud dengan aktif secara seksual?

Icon Chevron

Dokter kadang bertanya apakah Anda aktif secara seksual untuk mencari tahu jika Anda berisiko terinfeksi penyakit menular seksual (PMS) atau kemungkinan hamil. Aktif secara seksual tidak berarti Anda hanya melakukan penetrasi vaginal. Artinya, Anda bisa juga melakukan aktivitas seks lain dengan pasangan lain yang meliputi seks vaginal, oral, dan anal.

Kenapa kesehatan seksual itu penting?

Icon Chevron

Kesehatan seksual merupakan salah satu aspek penting dalam kesehatan Anda, yang juga bisa memengaruhi atau dipengaruhi aspek kesehatan lain. Kehidupan seksual yang memuaskan bisa membantu memperbaiki suasana hati karena meningkatkan endorfin dan meredam stres. Ini juga meningkatkan detak jantung yang menjaga keseimbangan kadar hormon estrogen dan testosteron, memperbaiki kualitas tidur, serta mengurangi risiko serangan jantung.

Temukan lebih banyak topik Kesehatan Seksual