Gairah Seks Wanita Akan Memuncak di Masa Paling Suburnya. Kapankah Itu?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 9 November 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Nafsu seks wanita diatur salah satunya oleh siklus menstruasi. Maka, gairah juga akan naik turun mengikuti siklus bulanan Anda. Puncak dari gairah seksual wanita biasanya terjadi pada saat ovulasi, yang juga dikenal dengan istilah masa subur. Mengapa bisa begitu, ya? Ini dia penjelasan lengkap seputar nafsu seks wanita dan siklus menstruasinya.

Kapan itu masa ovulasi?

Masa ovulasi adalah salah satu tahap dalam siklus menstruasi di mana wanita sedang subur-suburnya. Pada masa ovulasi, indung telur di rahim melepaskan sel telur. Sel telur akan lantas turun ke tuba falopi untuk bertemu dengan sel sperma dan membentuk janin. Peluang kehamilan Anda bila berhubungan seks tanpa alat kontrasepsi akan sangat tinggi pada masa subur ini.

Siklus menstruasi biasanya berlangsung selama 28 sampai 32 hari. Hari pertama dihitung mulai dari hari pertama keluarnya darah menstruasi. Hari terakhir siklus Anda dihitung dari satu hari sebelum perdarahan menstruasi keluar. Karena siklus menstruasi setiap wanita bisa berbeda-beda, maka tidak ada hitungan pasti yang mampu menentukan kapan masa ovulasi dimulai dan berakhir. Pada setiap wanita pun siklusnya masih bisa berubah-ubah setiap bulan.

Masa ovulasi berarti sel telur dilepaskan dan menunggu untuk dibuahi. Maka dalam beberapa hari setelah perdarahan menstruasi selesai Anda bisa saja memasuki masa ovulasi. Kira-kira ini terjadi di hari ke 10 sampai 19 dalam siklus menstruasi Anda. Namun, ingatlah bahwa siklus ini masih mungkin berubah-ubah terus sehingga memang sulit untuk memastikan tanggalnya.

Untuk mengetahui kapan masa subur dan tanggal ovulasi Anda selanjutnya, silakan hitung dengan Kalkulator Masa Subur berikut ini, cukup klik gambar di bawah:

Nafsu seks wanita akan memuncak saat ovulasi

Sebuah penelitian dalam jurnal Human Reproduction menguak bahwa frekuensi seks pasangan akan meningkat hingga 24 persen ketika wanita memasuki masa ovulasi.

Penelitian lain yang diprakarsai oleh tim ahli dari University of Virginia di Amerika Serikat (AS) juga membuktikan bahwa wanita jauh lebih mudah terangsang dan mencapai orgasme di tengah-tengah siklus menstruasi, yaitu pada saat ovulasi.

Begitu juga dengan studi yang dilakukan oleh para peneliti dari Arizona State Universtity. Studi ini mengungkapkan bahwa frekuensi wanita melakukan masturbasi meningkat ketika memasuki masa subur.

vagina melar karena seks

Mengapa wanita lebih bergairah saat masa subur?

Ada beberapa kemungkinan mengapa nafsu seks wanita memuncak di masa subur. Alasan yang paling kuat yaitu tubuh manusia secara biologis memang dirancang untuk melakukan reproduksi. Maka ketika memasuki masa subur, otak menangkap sinyal dari sistem reproduksi wanita untuk berhubungan seks agar peluang kehamilan lebih besar. Reaksi otak ini bersifat otomatis, entah Anda dan pasangan sedang menginginkan keturunan atau tidak.

Seorang pakar epidemiologi dari National Institute of Environmental Health Sciences di AS, dr. Allen Wilcox juga menjelaskan alasan lainnya. Menurut dr. Allen Wilcox, produksi zat kimia alami bernama feromon dalam tubuh wanita meningkat saat ovulasi. Zat feromon ini akan ditangkap oleh indra penciuman dan otak pasangan sehingga wanita jadi lebih menggoda dan menggairahkan.

Selain itu, indra penciuman wanita juga meningkat tajam ketika memasuki ovulasi. Maka wanita jadi lebih peka terhadap feromon yang diproduksi oleh pasangannya. Perubahan tubuh inilah yang jadi alasan nafsu seks wanita jadi lebih terbakar di masa subur.

Kalkulator Masa Subur

Ingin Cepat Hamil? Cari tahu waktu terbaik untuk bercinta dengan suami lewat kalkulator berikut.

Kapan Ya?
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Waspadai 6 Trik yang Biasa Dilakukan Pelaku Pelecehan Seksual

Pelecehan seksual bisa terjadi kapan pun dan di mana saja. Namun, tindakan tersebut biasanya dilakukan dengan trik-trik umum berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Kesehatan Seksual 6 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Trikomoniasis

Kalkulator Masa Subur Ingin Cepat Hamil? Cari tahu waktu terbaik untuk bercinta dengan suami lewat kalkulator berikut. Kapan Ya? Your ...

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Kesehatan Seksual, Trikomoniasis 2 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Ejakulasi Dini

Ejakulasi dini adalah penyakit. Cari tahu gejala, penyebab, diagnosis, pengobatan, obat, diet, serta cara mengontrol dan mencegahnya di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Kesehatan Pria, Impotensi 2 Januari 2021 . Waktu baca 12 menit

Impoten (Disfungsi Ereksi)

Impoten (disfungsi ereksi) adalah ketika Anda tidak bisa ereksi secara optimal untuk berhubungan seks. Bagaimana mengatasi kondisi ini?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Kesehatan Pria, Impotensi 2 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara merangsang istri

Untuk Para Suami, Ini 10 Trik Memanjakan Istri Agar Lebih Bergairah

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
telat datang bulan

Berapa Lama Telat Datang Bulan Dapat Menjadi Pertanda Kehamilan?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
setelah seks

4 Hal yang Harus Langsung Dilakukan Wanita Setelah Seks

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 14 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
selingkuh hati

5 Tanda Pasangan Anda Sedang Memendam Rasa Dengan Orang Lain

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 14 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit