Sebenarnya Akitivas Apa Saja yang Termasuk Seks? Ini Kata Survei!

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 5 November 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Kebanyakan orang mungkin berpikir bahwa yang namanya seks pasti maksudnya hubungan badan antara pria dan wanita. Faktanya, menurut sebuah penelitian, setiap orang ternyata memiliki pandangan berbeda soal arti seks dan apa saja yang tergolong sebagai aktivitas seksual.

Mengintip perbedaan arti seks bagi setiap orang

Seks sering dianggap sebagai tindakan penetrasi, yaitu masuknya penis ke dalam vagina. Namun, ada juga yang menggolongkan kegiatan bercumbu, seks oral, atau petting (saling menggesekkan alat kelamin) sebagai aktivitas seks. Yang pasti, setiap orang memiliki pandangan berbeda mengenai arti seks.

Sebuah penelitian yang telah dimuat dalam Journal of Sex Research, dilansir dari Women’s Health, mencoba mengungkapkan apa arti seks pada setiap orang dengan mewawancarai pria dan wanita, termasuk kelompok LGBT (lesbian, gay, biseksual, dan transgender).

Penelitian ini menemukan bahwa 90 persen pria menganggap bahwa penetrasi baik ke dalam vagina atau anus (seks anal) sebagai aktivitas seks. Hasil ini berlaku pada pria heteroseksual, gay, dan biseksual. Lebih dari 50 persen peserta pria ini juga menganggap bahwa posisi 69, seks oral, dan rimming (merangsang lubang anus dengan lidah) termasuk seks, sedangkan hanya ada 23 persen pria yang mengganggap bahwa masturbasi itu termasuk seks.

Sedangkan untuk wanita, terutama wanita yang ada di kelompok lesbian, penelitian ini mengakui bahwa tidak menemukan kejelasan arti seks yang berkaitan dengan aktivitas seks mereka. Ada 70 persen wanita yang mengatakan bahwa posisi 69, oral seks, dan penggunaan sex toys untuk vagina dan anus sebagai aktivitas seks.

Lebih dari 50 persen wanita menganggap bahwa merangsang vagina dengan tangan, penggunaan dildo pada anus, dan rimming sebagai aktivitas seks. Sedangkan 40 persen dan 23 persen menganggap bahwa rangsangan dengan tangan pada anus dan melakukan masturbasi bukanlah aktivitas seks.

hasrat seks berbeda

Kenapa setiap orang memiliki arti seks yang berbeda-beda?

Menurut Larry Cahill, seorang ahli neurobiologi dari University of California School of Biology Science, saat Anda berusaha membandingkan pengaruh seks terhadap fungsi otak pria maupun wanita, timbul dua gelombang yang berbeda. Namun, sebenarnya masih saling berkaitan sehingga masih lebih banyak variabel yang dibutuhkan untuk menentukan sama tidaknya arti seks pada wanita maupun pria.

Umumnya, karena beragam faktor, arti seks akan berbeda-beda pada pria maupun wanita. Sementara ini belum ada jawaban pasti yang dapat diberikan.

Setiap orang memiliki sisi seksualnya masing-masing sehingga dalam mencari pasangan, orang tersebut tidak hanya akan mencari seseorang yang sesuai dengan kebutuhan emosional dan mentalnya, tapi juga pasangan yang sesuai dengan kebutuhan fisiknya. Sehingga, memiliki ketertarikan fisik sering menjadi salah satu faktor utama, baik bagi pria maupun wanita, untuk melakukan hubungan seksual.

Lantas, apa pentingnya hal ini?

Mengetahui arti seks sangat erat kaitannya dengan aktivitas seks yang akan dilakukan oleh seseorang. Hal ini sangat berguna untuk mencegah penyakit kelamin atau penyakit menular seks yang disebabkan oleh pilihan aktivitas seksual mereka. Bagi seseorang, memahami arti seks pada pasangan, sangat berguna untuk membantu mencapai kenikmatan bersama karena Anda jadi tahu apa yang diinginkan pasangan.

Kalkulator Masa Subur

Ingin Cepat Hamil? Cari tahu waktu terbaik untuk bercinta dengan suami lewat kalkulator berikut.

Kapan Ya?
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

3 Manfaat Daun Mimba (Intaran), Tanaman Obat yang Serba Guna

Pohon mimba ternyata memiliki sejuta mnfaat, bukan hanya daun mimba saja lho. Yuk simak apa saya manfaat daun mimba dan bagian lainnya!

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Herbal A-Z 26 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

5 Makanan dan Minuman Sehat yang Mengandung Bakteri Asam Laktat

Tahukah Anda kalau makanan yang mengandung bakteri asam laktat menyehatkan? Makanan apa saja itu? Mari simak jawabannya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Fakta Gizi, Nutrisi 26 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Benarkah Wanita Berbulu Lebat Nafsu Seksnya Tinggi?

Yang jelas, bulu alias rambut halus yang lebat ini diakibatkan tingginya hormon testosteron. Tapi apakah ini berarti nafsu seksualnya juga lebih tinggi?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Satria Perdana
Kesehatan Seksual, Tips Seks 25 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Penyebab Kumis dan Jenggot Tidak Tumbuh pada Sebagian Pria

Tak semua pria itu sama. Ada yang brewokan dan kumisan, tapi ada juga yang tidak tumbuh jenggot dan kumis di wajahnya. Apa penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Pria, Penyakit pada Pria 25 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

jenis tambal gigi

4 Jenis Tambalan Gigi dan Prosedur Pemasangannya di Dokter Gigi

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
Apa Fungsi Obat Methylprednisolone

Obat Penambah Tinggi Badan, Apakah Benar Bisa Membuat Tinggi?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
luka gatal mau sembuh

Kenapa Biasanya Luka Terasa Gatal Kalau Mau Sembuh?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit
luka di vagina

Cara Aman Mengobati Luka dan Lecet di Vagina

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit