Pentingnya Menjalani Diet Khusus Bagi Pengidap Diabetes

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11/05/2020
Bagikan sekarang

Kebanyakan orang yang menderita diabetes punya banyak pantangan makan untuk mencegah kadar gula darahnya naik. Sebetulnya makanan-makanan tersebut bukan dilarang, hanya saja harus dibatasi banyak porsinya. Cari tahu di sini cara merancang diet untuk penderita diabetes, dan mana makanan yang boleh dan wajib dikonsumsi.

Kenapa orang diabetes harus jaga pola makan?

Ketika Anda makan kalori dan lemak berlebih, tubuh Anda merespon dengan menciptakan kenaikan yang tidak diinginkan dalam glukosa darah. Jika glukosa darah tidak diperiksa dengan teratur, hal ini dapat menyebabkan masalah serius, seperti kadar gula darah sangat tinggi (hiperglikemia) dan komplikasi kronis, seperti kerusakan saraf, ginjal, dan hati.

Membuat pilihan makanan sehat dan mencatat kebiasaan makan Anda dapat membantu Anda mengelola kadar glukosa darah Anda untuk tetap dalam kisaran yang aman.

Bagi kebanyakan orang dengan diabetes tipe 2, penurunan berat badan juga mempermudah kontrol glukosa darah dan memberikan sejumlah manfaat kesehatan lainnya. Jika Anda perlu menurunkan berat badan, diet diabetes bisa menyediakan cara yang terbaik dan sehat untuk mencapai tujuan Anda dengan aman.

Diet khusus untuk penderita diabetes

Diet khusus untuk penderita diabetes sebenarnya berupa panduan pola makan dengan berbagai makanan bergizi dalam takaran porsi yang tepat dan mengikuti waktu makan yang rutin.

Dibandingkan diet ketat yang mengurangi porsi makan, diet untuk penderita diabetes adalah pola makan sehat yang alami, kaya nutrisi, rendah lemak dan kalori. Makanan untuk penderita diabetes juga lebih banyak dianjurkan pada buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.

Bahkan, diet diabetes sebetulnya termasuk rencana makan yang terbaik untuk kebanyakan orang, bahkan bagi orang yang tidak mengidap diabetes sekalipun.

Jika Anda memiliki diabetes atau pradiabetes, dokter Anda mungkin akan merekomendasikan Anda untuk mengunjungi ahli gizi untuk membimbing Anda mengubah pola makan yang tepat untuk membantu mengendalikan gula darah (glukosa) dan mengelola berat badan Anda.

Makanan untuk penderita diabetes yang baik dikonsumsi

Pastikan diet khusus diabetes mencakup kebutuhan kalori Anda konsumsi serta diisi dengan sumber makanan padat gizi. Idealnya, masukkan setiap makanan ini di semua waktu makan:

1. Karbohidrat sehat

manfaat karbohidrat

Selama proses pencernaan, gula (karbohidrat sederhana) dan karbohidrat kompleks terpecah ke dalam glukosa darah. Fokuslah pada karbohidrat sehat, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan (buncis, kacang polong, dan lentil) dan produk susu rendah lemak.

2. Makanan kaya serat

kelebihan serat diet tinggi serat

Makanan berserat seperti buah pisang, gandum utuh (biji-bijian, roti gandum, oatmeal) dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan membantu mengendalikan kadar gula darah. Selain itu, makanan yang kaya serat  lainnya termasuk sayuran, buah-buahan (pisang dan pir) serta kacang-kacangan (buncis, kacang polong, dan lentil).

3. Ikan yang menyehatkan jantung

Sumber: Thehealthyfish.com

Ikan bisa menjadi lauk alternatif yang sehat dibandingkan daging merah. Ikan cod, tuna, dan halibut memiliki total lemak jenuh dan kolesterol yang lebih sedikit dibandingkan daging dan unggas.

Selain itu, ikan seperti salmon, mackerel, tuna, sarden, dan bluefish kaya akan asam lemak omega-3, yang meningkatkan kesehatan jantung dengan menurunkan lemak darah yang disebut trigliserida. Namun, hindarilah ikan goreng dan ikan dengan kadar merkuri yang tinggi, seperti tilefish, ikan todak, dan king mackerel.

4. Lemak ‘baik’

asam lemak manfaat omega 9

Makanan yang mengandung lemak monounsaturated dan polyunsaturated, seperti alpukat, almond, pecan, walnut, zaitun, dan kanola, zaitun dan minyak kacang, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol Anda. Namun, makanlah dalam jumlah yang tak terlalu banyak, karena semua lemak memiliki kalori yang tinggi.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

You are already subscribed to notifications.

Baca Juga:

Sumber

Diabetes diet https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/diabetes/in-depth/diabetes-diet/art-20044295 Diakses pada 24 September 2018.

American Diabetes Association. (2018). Eating Patterns and Meal Planning . [online] Available at: http://www.diabetes.org/food-and-fitness/food/planning-meals/diabetes-meal-plans-and-a-healthy-diet.html  [Accessed 2 Oct. 2018].

Yang juga perlu Anda baca

Berbagai Manfaat Daun Kale, Si Hijau yang Kaya Zat Gizi

Tak heran jika kale kini naik daun di kalangan para pecinta kesehatan. Sayuran hijau ini mengandung segudang manfaat, termasuk untuk kanker payudara.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Nutrisi, Hidup Sehat 28/05/2020

10 Cara Mudah Turun Berat Badan Tanpa Olahraga

Apakah Anda sedang dalam program menurunkan berat badan? Adakah cara menurunkan berat badan tanpa olahraga? Cara ini menarik untuk disimak!

Ditulis oleh: Rizki Pratiwi

Tips Makan Sayuran Agar Mudah Dicerna oleh Tubuh

Tahukah Anda jika cara makan sayuran dan penyajiannya tidak tepat, membuat sayur jadi sulit dicerna tubuh. Simak tips berikut untuk mengatasinya.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji

Apa Bedanya Stres dan Depresi? Kenali Gejalanya

Stres dan depresi tidak sama, keduanya memiliki perbedaan mendasar. Maka jika penanganannya keliru, depresi bisa berakibat fatal. Cari tahu, yuk!

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri

Direkomendasikan untuk Anda

Kenapa Penting Makan Makanan Berserat?

Kenapa Penting Makan Makanan Berserat?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 01/06/2020
Benarkah Gerimis Lebih Bikin Sakit Daripada Hujan?

Benarkah Gerimis Lebih Bikin Sakit Daripada Hujan?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 31/05/2020
3 Penyebab Berat Badan Naik Lagi Setelah Diet

3 Penyebab Berat Badan Naik Lagi Setelah Diet

Ditulis oleh: Kemal Al Fajar
Dipublikasikan tanggal: 30/05/2020
7 Sumber Karbohidrat Terbaik untuk Anda yang Sedang Diet

7 Sumber Karbohidrat Terbaik untuk Anda yang Sedang Diet

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020