5 Trik Mengatasi Tidak Bisa Tidur Karena Suara Berisik

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 16 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Entah itu suara bising klakson di jalanan depan rumah, pekerjaan konstruksi rumah tetangga, atau denging suara nyamuk yang mengintai darah Anda, suara apapun — sekecil apapun — dapat dengan mudah mengusik Anda dari tidur nyenyak.

Suara berisik di malam hari dapat membuat Anda terjaga semalam suntuk, gelisah blingsatan di tempat tidur demi mencoba kembali ke alam mimpi. Kalau Anda sering tidak bisa tidur nyenyak akibat suara-suara mengganggu, Anda tidak sendirian. Berikut sejumlah tips jitu untuk meredam suara berisik dan membantu Anda mendapatkan kembali waktu tidur berharga Anda.

Tidak bisa tidur nyenyak di tengah suasana bising? Coba lakukan ini

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah belajar untuk tidak cepat panik jika tidak bisa tidur akibat suara berisik. Satu reaksi yang paling pertama muncul begitu tersentak bangun tengah malam adalah marah, frustrasi, dan panik melihat jam. Anda paham benar kalau Anda butuh tidur, tapi justru sibuk blingsatan di tempat tidur. Bukan tidur nyenyak yang didapat, tapi justru kekesalan yang menumpuk hingga fajar menjelang.

Begini caranya supaya Anda bisa tidur nyenyak di tengah kebisingan.

1. Jangan dipikirin

Mungkin terdengar tidak masuk akal, tapi jika dipikir-pikir, tidak mengacuhkan suara mengganggu justru membuat Anda lebih fokus untuk mencoba kembali tidur. Misalnya, Anda tak bisa tidak ikut mendengar gonggongan anjing tetangga sebelah yang tak kunjung henti. Tapi, saat si anjing benar-benar berhenti menggongong, Anda justru tanpa sadar gelisah menanti-nanti kapan gonggongan selanjutnya. Padahal sih, jika Anda mendepak suara anjing itu dari pikiran, Anda bisa menggunakan waktu tersebut untuk rileks dan kembali tidur.

Jadi, lain kali Anda tidak bisa tidur karena diperdengarkan oleh suara bising di tengah malam, coba kuatkan jiwa dan raga untuk membatalkan suara mengganggu tersebut dari pikiran. Sebaliknya, gunakan waktu melek Anda untuk fokus melakukan teknik pernapasan ringan atau yoga meditasi demi tidur nyenyak.

2. Pasang sumbat telinga

Penelitian medis telah menunjukkan bahwa tidur di tengah suara bising terus menerus dapat memperpendek usia. Tak banyak yang tahu bahwa dampak stres dari suara bising tengah malam tak hanya langsung pada saat itu juga. Tubuh mengenali pola dan kebisingan suara tersebut dan menanamkannya dalam program otak hingga bahkan setelah Anda beranjak bangun dan berakhitivitas, dan ini memiliki efek negatif pada kesehatan jantung Anda. Suara yang membuat pikiran Anda stres, juga membuat jantung Anda stres. Bahkan, paparan suara bising yang berlanjut diketahui memiliki kaitan dengan meningkatnya risiko hipertensi, penyakit jantung iskemik, hingga stroke. Inilah sebabnya mengapa Anda harus siap sedia penyumbat telinga dalam jangkauan.

Penyumbat telinga yang baik untuk tidur adalah jenis yang dapat memblokir suara latar belakang (seperti klakson mobil di jalanan atau gonggongan anjing), namun masih memungkinkan Anda mendengar elas suara di dekat Anda, misalnya alarm hape.

3. Blokir suara berisik dengan suara yang menenangkan

White noise adalah kumpulan jenis suara berbeda dari berbagai frekuensi. White noise dapat “menutupi” suara-suara yang mengganggu ketenangan tidur. Anda bisa mengunduh aplikasi pintar penyedia white noise untuk ponsel iOS di sini, ponsel Android di sini, atau di tautan ini.

Suara derum kipas angin, hembusan AC, atau lantunan musik klasik juga bisa efektif sebagai alternatif white noise darurat karena untuk membatalkan suara bising di luar yang penting adalah konsistensi dari frekuensi suara yang Anda dengar. Saat Anda tersentak bangun dari suara bising, sebenarnya bukan suara itu sendiri yang membangunkan Anda, tapi perubahan frekuensi suara yang tiba-tiba atau tidak konsisten sehingga mengagetkan Anda. White noise menciptakan efek pelindung, menghalangi perubahan-perubahan mendadak yang menggagalkan tidur, atau pada orang yang sedang mencoba untuk terlelap.

4. Dekor ulang kamar

Percaya atau tidak, di mana Anda menempatkan furnitur Anda dapat memainkan peran besar untuk “memperbolehkan” seberapa banyak suara dari luar yang Anda dengar saat tidur. Misalnya, menggeser rak buku/lemari baju kokoh hingga menempel ke dinding dapat membantu meredam kebisingan. Atau, jika Anda menyadari bahwa ruang tamu tetangga Anda berada tepat di sebelah kamar tidur Anda, geser tempat tidur Anda menuju dinding yang terjauh dari sumber suara. Selain itu, Anda bisa lapisi lantai dengan karpet dan gorden tebal untuk menghalang suara bising, atau tak apa sekali-kali kreatif melapisi dinding dengan peredam suara dari bahan rockwool dan penggunaan kaca jendela ganda.

Jika Anda ingin kamar tidur Anda benar-benar kedap suara, cat ulang dinding kamar Anda dengan cat peredam suara. Cat unik ini diformulasikan khusus untuk mengurangi kebisingan sampai 30 persen.

5. Rutinitas tidur yang lebih baik

Mengusahakan untuk memiliki kualitas tidur yang lebih baik dapat sangat membantu Anda yang tidak bisa tidur nyenyak saat dikerumuni oleh kebisingan. National Sleep Foundation US, dilansir dari Medical Daily, merekomendasikan Anda untuk merancang dan mematuhi jadwal tidur tetap, bahkan di hari-hari libur sekalipun.

Hindari pula konsumsi kafein dan makanan berat mendekati waktu tidur, serta jangan tidur dengan lampu menyala. Anda juga bisa menambahkan rutinitas sebelum tidur unik milik Anda sendiri, misalnya minum teh herbal hangat, yoga, atau membaca buku. Pokoknya, aktivitas apapun yang menenangkan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Cara Menahan Rasa Lapar Saat Melakukan Diet

Sering kali diet Anda gagal karena Anda tak bisa menahan lapar dan akhirnya menyerah dan kembali makan dengan porsi besar. Begini cara mengatasinya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Tips Berat Badan Turun, Nutrisi 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Berbagai Pilihan Pengobatan untuk Atasi Tipes

Gejala tipes umumnya dapat diobati di rumah. Selain minum obat dari dokter, apa saja cara mengobati tipes lainnya di rumah?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Penyakit Infeksi, Demam Tifoid (Tifus) 20 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit

6 Cara Menghangatkan Tubuh Saat Sedang Kedinginan

Mengenakan selimut dan pakaian tebal merupakan salah satu cara menghangatkan tubuh saat kedinginan. Apakah ada cara lainnya?

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Kesehatan, Informasi Kesehatan 20 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Hati-hati, 8 Suplemen Herbal Ini Tak Boleh Dikonsumsi Sebelum Masuk Ruang Operasi

Meski bermanfaat bagi kesehatan, beberapa suplemen herbal dapat berisiko komplikasi berbahaya jika diminum menjelang operasi. Apa saja itu?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Pengobatan Herbal dan Alternatif, Herbal A-Z 20 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

polip hidung

Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasi Hidung Tersumbat Alias Mampet

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
kelopak mata bengkak, apa penyebabnya

Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
Mengurangi Bau Badan

Deodoran Tidak Mempan Kurangi Bau Badan? Atasi Dengan Bahan Alami Berikut Ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Marsha Desica Arsanta
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
tips lari untuk penderita rematik

6 Kesalahan Saat Olahraga Lari yang Wajib Dihindari

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit