9 Cara Mudah untuk Tidur Lebih Nyenyak

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 7 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Rekomendasi tidur yang baik berkisar antara 7-8 jam. Tapi, terkadang sulit untuk memenuhi anjuran tersebut kalau ada banyak deadline proyek kerjaan yang harus dipenuhi, belum lagi hal-hal sepele lainnya yang Anda temukan sehari-hari malah bikin stress makin memuncak.

Ketika Anda merasa sangat lelah saat bangun pagi, diikuti dengan sakit kepala menusuk, bahkan hingga ketiduran di siang hari, tandanya ada yang salah dengan rutinitas tidur Anda. Simak artikel ini untuk mencari tahu tips dan trik mendapatkan tidur cukup, dan juga nyenyak.

1. Jangan makan malam dekat waktu tidur

Proses pencernaan butuh waktu yang tidak sebentar, dan tentunya Anda tidak ingin langsung buru-buru berbaring setelah makan. Langsung tidur sesudah makan bisa meningkatkan kadar asam lambung dan memicu sakit maag. Terkadang bisa juga menimbulkan rasa panas di perut, dada, dan tenggorokan. Beri jarak yang cukup antara waktu makan malam dan waktu tidur Anda.

2. Mandi air hangat sebelum tidur

Saat malam, temperatur tubuh menurun dan kita mulai merasa lelah, mengantuk, dan lesu. Semakin dingin suhu tubuh, semakin sedikit motivasi diri kita untuk melakukan aktivitas penting, seperti bernapas dan memompa darah.

Pendinginan tubuh adalah salah satu alami tubuh untuk menandakan bahwa kita siap tidur. Namun, pendinginan di malam hari akan menjadi suatu hal yang mengganggu jika kita berada di lingkungan yang gerah dan lembap, di mana udara cenderung untuk tetap berada di suhu kamar atau bahkan lebih panas lagi.

Mandi air hangat sebelum tidur bisa membantu tubuh Anda untuk menurunkan temperatur alaminya dan juga melemaskan otot-otot tubuh, agar bangun pagi jadi lebih segar.

3. Atur suhu kamar

Suhu kamar yang ideal demi mendapatkan tidur nyenyak adalah 20-23°C

4. Jangan main handphone atau laptop di tempat tidur

Melatonin, hormon alami tubuh yang diproduksi oleh kelenjar pituitary yang membantu Anda tidur, hanya ada di malam hari. Jadi, saat Anda mematikan lampu kamar dan berhenti mengutak-atik handphone sebelum tidur, otak dan mata Anda akan mulai mengirimkan sinyal ke kelenjar pineal Anda untuk mulai memproduksi melatonin.

Jika Anda termasuk orang yang tidak bisa lepas dari gadget Anda, install aplikasi seperti F.Lux yang bisa mengurangi gelombang cahaya biru dari perangkat Anda.

5. Yoga atau meditasi sebelum tidur

Olahraga ringan yang dibarengi dengan sesi relaksasi napas sejenak 10-20 menit sebelum tidur bisa membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak, namun jangan berlebihan karena tubuh Anda justru malah akan semakin lelah dan bisa terdistraksi dari tidur.

Yoga atau meditasi bisa jadi jalan keluar yang ampuh melawan insomnia, tidak hanya untuk menenangkan pikiran dari stress pekerjaan, namun juga menyiapkan tubuh untuk tidur nyenyak.

6. Buat rutinitas malam sederhana

Matikan lampu-lampu sebelum jam 10, minum teh hangat sebelum tidur, atau baca buku ringan menjelang tidur. Apapun itu, membiasakan diri dengan rutinitas kecil di malam hari bertujuan untuk memberi tahu otak Anda bahwa waktu tidur sudah dekat sehingga otak akan mulai mengirimkan sinyal ke seluruh tubuh untuk bersiap tidur.

7. Jauhkan alarm dari Anda

Jika Anda tidak bisa tidur, atau terbangun di malam hari dan melihat waktu yang berjalan seakan ‘menghantui’ Anda, ini akan membuat Anda gugup dan cemas, dan semakin sulit bagi Anda untuk memulai atau kembali meneruskan tidur.

8. Siapkan baju dan tas kantor sebelum tidur

Memutuskan baju apa yang akan Anda pakai untuk hari itu bisa menjadi tugas yang menghabiskan waktu, belum lagi membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyiapkannya. Tidak jarang pula, dresscode kantor menjadi beban pikiran sebelum tidur. Salah-salah, baju kantor Anda justru bikin Anda moody seharian.

Hemat waktu Anda di pagi hari untuk bisa sedikit bersantai dengan menyiapkan segala kebutuhan Anda untuk esok harinya di malam hari sebelum tidur, termasuk bekal dan sarapan Anda.

9. Stop minum kopi dan alkohol di sore hari

Untuk mendapatkan tidur berkualitas, hentikan konsumsi kafein dalam bentuk apapun (teh, kopi, minuman energi, soda, bahkan permen cokelat) dan alkohol setidaknya delapan jam sebelum waktu tidur.

BACA JUGA:

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mengenal Jenis-Jenis Parasit dan Penyakit Infeksi yang Disebabkannya

Cacingan, toksoplasmosis, dan malaria adalah contoh penyakit infeksi parasit yang cukup umum di Indonesia. Bagaimana cara mengobatinya?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Novita Joseph
Penyakit Infeksi, Infeksi Jamur dan Parasit 26 Januari 2021 . Waktu baca 10 menit

6 Cara Mengurangi Rasa Tidak Enak Badan saat Demam

Ketika demam menyerang, Anda pasti tidak enak badan. Mau istirahat atau makan jadi susah. Tenang saja, ini enam solusi yang tepat supaya Anda lebih nyaman.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan, Informasi Kesehatan 26 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Sehatkah Kalau Makan Makanan yang Sama Terus Setiap Hari?

Adakah dampak kesehatan tertentu jika kita makan makanan yang sama tiap harinya? Apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi kebiasaan tersebut?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Tips Makan Sehat, Nutrisi 26 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Tiba-Tiba Susah Kentut? Tak Perlu Pusing, Begini Cara Mengatasinya

Pernah merasakan tidak bisa kentut? Tentu rasanya sangat mengganggu dan membuat perut terasa sakit. Tenang, atasi masalah susah kentut dengan cara alami ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Kesehatan, Gejala dan Kondisi Umum 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

tremor bisa sembuh

Apakah Tremor Bisa Disembuhkan? Apa Saja Pengobatannya?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 27 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
penyakit kaki pada lansia

7 Masalah Pada Kaki yang Umum Terjadi Seiring Bertambahnya Usia

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 27 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
berhenti makan junk food

7 Trik Jitu Agar Tak Mudah Tergoda Makan Junk Food

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 27 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
gula darah turun

Habis Makan, Gula Darah Malah Turun Drastis? Apa Sebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Angelina Yuwono
Dipublikasikan tanggal: 26 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit