Definisi

Apa itu perikarditis?

Pericarditis adalah pembengkakan dan iritasi pada perikardium. Perikardium adalah selaput kantung di sekitar jantung, berfungsi untuk menahan jantung di tempatnya dan melumasi jantung. Pericarditis dapat menjadi penyakit akut ataupun kronis. Peradangan ini dapat menyebabkan luka dan penebalan pada perikardium, sehingga jantung dapat mengerut atau biasa disebut Pericarditis konstriktif. Hal ini juga dapat menyebabkan komplikasi lainnya, seperti berkurangnya aliran darah dari jantung atau cardiac tamponade. Ini terjadi saat banyaknya cairan terkumpul dalam perikardium dan tekanan berlebih di jantung membuat cairan tidak terisi dengan semestinya. Tekanan darah dan output jantung dapat turun ke kadar yang berbahaya. Jika tidak ditangani dengan tepat, cardiac tamponade dapat menyebabkan kematian.

Seberapa umumkah perikarditis?

Pericarditis terjadi lebih banyak pada pria dibandingkan dengan wanita, umumnya pada umur 20 sampai 50 tahun. Anda dapat meminimalisir terjadinya penyakit ini dengan mengurangi faktor risiko. Diskusikan dengan dokter untuk keterangan lebih lanjut.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala perikarditis?

Gejala umum dari Pericarditis adalah nyeri dada yang tajam di belakang sternum atau tulang dada yang dapat menyebar ke bagian pundak dan leher. Beberapa orang mengalami nyeri serta pegal. Rasa sakit dapat memburuk dengan perubahan posisi atau napas yang dalam. Hal ini dapat dikurangi dengan duduk tegak.

Gejala lain dapat meliputi:

  • Demam, apabila Pericarditis disebabkan oleh infeksi
  • Jantung berdebar cepat dan tidak normal
  • Sesak napas

Gejala lain mungkin tidak disebutkan di atas. Jika Anda mengalami suatu gejala, konsultasikan dengan dokter anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Segera cari pertolongan medis jika Anda mengalami gejala seperti sakit dada, karena bisa saja ada kemungkinan penyakit jantung atau kanker darah.

Jika Anda mengalami gejala yang telah disebutkan atau jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, konsultasikan pada dokter. Setiap orang mengalami reaksi tubuh yang berbeda-beda. Berkonsultasikan diri kepada dokter adalah hal yang tepat untuk penganganan yang benar bagi kondisi anda.

Penyebab

Apa penyebab perikarditis?

Penyebab umum Pericarditis adalah infeksi virus. Pericarditis sering terjadi setelah infeksi saluran pernapasan atas. Selain itu, bakteri, jamur dan infeksi lain dapat menyebabkan Pericarditis.

Banyak dari kasus Pericarditis kronis atau Pericarditis kambuhan yang dianggap sebagai kelainan autoimmune. Kelainan autoimmune menyebabkan sistem imun tubuh membuat antibodi atau protein yang menyerang jaringan atau sel tubuh, dan menyebabkan peradangan.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk perikarditis?

Beberapa faktor dapat meningkatkan risiko Pericarditis:

  • Serangan jantung dan operasi jantung
  • Gagal ginjal, HIV/AIDS, kanker, TBC dan penyakit lainnya
  •  Cedera kecelakaan atau terapi radiasi
  • Pengobatan tertentu, seperti phenytoin (obat anti kejang), warfarin dan heparin (obat pengencer darah) dan procainamide (pengobatan untuk debar jantung yang tidak normal)

Walau Anda tidak memiliki faktor risiko bukan berarti Anda tidak dapat terserang pericarditis. Faktor risiko di atas hanya untuk referensi saja. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk keterangan lebih lanjut.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk perikarditis?

Pada umumnya, Pericarditis ringan akan pulih dengan sendirinya atau dengan istirahat dan pengobatan sederhana. Penanganan biasanya dilakukan dengan pengobatan, dan untuk kasus langka dibutuhkan prosedur operasi.

Langkah pertama dalam penanganan, dokter Anda akan menganjurkan untuk beristirahat sampai Anda merasa lebih baik dan demam turun. Dokter juga mungkin akan memberikan obat yang dijual umum yaitu obat anti peradangan untuk mengurangi rasa sakit dan radang, seperti aspirin dan ibuprofen.

Jika penyakit memburuk, Anda mungkin membutuhkan penanganan untuk komplikasi Pericarditis seperti cardiac tamponade dan perikardistis konstriktif kronis.

Cardiac tamponade dapat diatasi dengan pericardiocentesis yaitu jarum atau tabung kateter yang dimasukkan dalam dinding dada untuk membuang kelebihan cairan pada perikardium. Prosedur ini akan meringankan tekanan pada jantung.

Satu-satunya pengobatan untuk Pericarditis konstriktif kronis adalah dengan pengangkatan perikardium atau biasa disebut pericariectomy.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk perikarditis

Dokter akan membuat diagnosis dari sejarah medis, pemeriksaan fisik, dan tes lain seperti:

  • EKG (elektrokardiogram). Pemeriksaan sederhana ini mendeteksi dan merekam kegiatan jantung Anda. Hasil tertentu akan dapat menunjukkan Pericarditis
  • X-ray. X-ray pada dada akan menampilkan struktur jantung, paru-paru dan pembuluh darah. Hasil X-ray juga dapat menunjukkan pembengkakan jantung, yang merupakan tanda dari kelebihan cairan di perikardium anda
  • Ekokardiografi. Tes tanpa sakit ini menggunakan gelombang suara untuk menghasilkan gambar jantung Anda. Gambar ini akan menampilkan ukuran, bentuk, dan kondisi jantung Anda. Ekokardiografi dapat menunjukkan adanya cairan pada perikardium
  • Cardiac CT (computed tomography). Jenis X-ray yang dapat mengambil gambar jantung dan perikardium Anda dengan jelas dan rinci. Cardiac CT membantu menyingkirkan penyebab lain dari sakit dada
  •  Cardiac MRI (Magnetic Resonance Imaging). Tes ini menggunakan magnet yang kuat dan gelombang radio untuk menciptakan gambar terperinci dari organ dan jaringan Anda. Cardiac MRI juga dapat menunjukkan perubahan perikardium
  • Tes darah untuk membantu dokter mengetahui tanda peradangan dan infeksi

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi perikarditis?

Gaya hidup dan pengobatan berikut dapat membantu Anda mengatasi Pericarditis:

  • Check up secara rutin untuk mengikuti perkembangan penyakit dan kondisi kesehatan Anda
  • Ikuti instruksi dokter
  • Istirahat dengan cukup, hindari aktivitas. dan pekerjaan berat yang dapat menyebabkan gejala Pericarditis

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

BACA JUGA:

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan