4 Macam Penyakit Jantung yang Paling Banyak Terjadi

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 8 Juni 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Anda mungkin sering mendengar atau melihat peringatan: Waspada penyakit jantung! Penyakit jantung yang mana yang dimaksudkan? Sebenarnya ada berbagai macam tipe kelainan jantung dan dapat terjadi pada satu waktu yang sama. Berikut akan saya bahas beberapa jenis penyakit dan kelainan jantung yang paling sering ditemukan.

Jenis penyakit jantung yang paling umum

1. Penyakit Jantung Koroner

Mungkin jenis penyakit jantung ini yang paling terkenal dan ditakuti banyak orang. Penyakit jantung koroner adalah penyempitan pada pembuluh darah koroner. Pembuluh darah koroner adalah pembuluh yang mengalirkan darah kaya oksigen untuk sel-sel otot jantung.

Jadi, ketika pembuluh darah itu menyempit, oksigen tidak akan sampai ke jantung hingga akhirnya menyebabkan fungsi jantung terganggu. Biasanya, penyempitan pembuluh darah ini disebabkan adanya plak lemak menumpuk yang disebut dengan aterosklerosis.

Bila lemak yang menumpuk semakin banyak, area pembuluh darah yang menyempit akan kian meluas. Hal inilah yang akan memicu serangan jantung tiba-tiba.

Jika Anda dicurigai mengalami penyakit jantung koroner, maka dokter akan menyarankan untuk melakukan kateterisasi jantung atau CT Scan koroner. Saat pembuluh darah menyempit dan aliran darah terhambat tiba-tiba, maka seseorang akan mengalami apa yang disebut serangan jantung.

2. Penyakit katup jantung

Jantung manusia normal terdiri dari empat ruangan utama. Empat katup jantung berfungsi sebagai ‘pintu’ antara ruangan di jantung dengan pembuluh darah utama.

Gangguan fungsi katup dapat menyebabkan tekanan salah satu ruang jantung meningkat. Jenis penyakit jantung ini umunya akan menimbulkan gejala sesak napas hingga rasa cepat lelah.  Gangguan fungsi katup ini dapat disebabkan oleh infeksi, kelainan bawaan, komplikasi dari penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi atau akibat proses penuaan.

Pemeriksaan echocardiography (USG jantung) akan memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai kelainan ini. Penyakit ini sering kali disebut oleh masyarakat awam sebagai penyakit katup bocor pada jantung.

3. Penyakit jantung bawaan

Penyakit jantung juga bisa disebabkan kelainan yang dibawa sejak lahir. Kelainan yang paling sering ditemui di antaranya adalah kelainan pada sekat atau dinding ruang jantung atau defek Septum Atrium, defek Septum Ventrikel, dan duktus arteriosus paten.

Biasanya, duktus arteriosus paten adalah penyakit jantung bawaan pada bayi yang lebih dikenal dengan penyakit jantung bocor. Di samping itu, terdapat berbagai macam kelainan katup jantung bawaan yang diakibatkan gangguan pembentukan saat janin serta berbagai kelainan jantung lainnya yang relatif lebih jarang terjadi.

4. Gangguan irama jantung

Jantung yang normal berdetak dengan ritme yang teratur. Secara ilmiah gangguan irama jantung disebut disritmia. Seperti kelainan jantung yang saya jelaskan sebelumnya, gangguan irama jantung ini juga bisa sebuah kelainan bawaan dari lahir. Keluhan yang dirasakan oleh penderita gangguan ini biasanya berdebar-debar, pusing atau pingsan.

Serangan jantung, dapat menyebabkan gangguan irama jantung yang fatal dan berujung pada kematian mendadak. Gangguan struktur jantung akibat kelainan katup dapat menyebabkan adanya irama jantung yang tidak teratur, sehingga berpeluang menyebabkan stroke. Kelainan ini dapat dideteksi melalui pemeriksaan elektrokardiogram (EKG) , holter atau spyder.

Jika mengalami sakit pada bagian dada, Anda sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter, sehingga dapat diketahui jenis penyakit jantung yang mungkin dialami.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy

    Artikel dari ahli dr. Vito Anggarino Damay, SpJP (K), M.Kes, FIHA, FICA

    Hati-hati Jika Berencana ke Tempat Bersuhu Dingin Ekstrem, Ini Pengaruhnya Pada Jantung

    Bagi Anda yang punya penyakit jantung dan ingin pergi ke daerah yang bersuhu dingin, sebaiknya kenali dulu pengaruh suhu dingin pada jantung.

    Ditulis oleh: dr. Vito Anggarino Damay, SpJP (K), M.Kes, FIHA, FICA
    pengaruh suhu dingin pada jantung
    Hidup Sehat, Fakta Unik 21 Mei 2019

    Hati-hati, Kadar Kolesterol Tinggi Bisa Juga Diwariskan

    Kolesterol tinggi biasanya disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat. Namun, nyatanya kadar kolesterol tinggi ini juga bisa dipicu faktor keturunan.

    Ditulis oleh: dr. Vito Anggarino Damay, SpJP (K), M.Kes, FIHA, FICA
    kolesterol tinggi keturunan
    Hidup Sehat, Fakta Unik 1 April 2019

    4 Macam Penyakit Jantung yang Paling Banyak Terjadi

    Ada banyak jenis penyakit jantung yang mesti Anda waspadai. Namun, berikut adalah 4 jemacam kelainan jantung yang paling sering terjadi. Apa saja?

    Ditulis oleh: dr. Vito Anggarino Damay, SpJP (K), M.Kes, FIHA, FICA
    jenis penyakit jantung

    Yang juga perlu Anda baca

    Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Kesehatan

    Tak hanya efektif memangkas gelambir lemak perut, manfaat virgin coconut oil alias minyak kelapa dara sangat menakjubkan untuk kesehatan.

    Ditulis oleh: Ajeng Quamila
    Hidup Sehat, Fakta Unik 4 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit

    Mengenal Kelainan Katup Jantung Bawaan dan Cara Mengatasinya

    Kelainan atau penyakit katup jantung bisa terjadi karena bawaan dari lahir dan bisa terdeteksi pada bayi. Apa penjelasannya dan bagaimana cara mengatasinya?

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Ihda Fadila
    Kesehatan Jantung, Penyakit Jantung Lainnya 1 Juli 2020 . Waktu baca 7 menit

    Panduan Menjaga Kesehatan Anak dengan Penyakit Jantung Bawaan

    Menjaga kesehatan anak dengan penyakit jantung bawaan memang bukan tugas mudah. Jangan khawatir, simak panduannya berikut ini.

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Aprinda Puji
    Kesehatan Jantung, Penyakit Jantung Lainnya 1 Juli 2020 . Waktu baca 10 menit

    Gagal Jantung Akut, Apa Bedanya dengan Gagal Jantung Kronis?

    Gagal jantung terbagi dua berdasarkan progresnya, yaitu gagal jantung akut dan gagal jantung kronik. Apa yang dimaksud gagal jantung akut?

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Annisa Hapsari
    Kesehatan Jantung, Gagal Jantung 1 Juli 2020 . Waktu baca 5 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    cara mencegah pencegahan penyakit jantung

    14 Cara Ampuh Mencegah dan Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Aprinda Puji
    Dipublikasikan tanggal: 5 Oktober 2020 . Waktu baca 13 menit
    pengaruh alkohol untuk jantung

    Apa Sebenarnya Pengaruh Alkohol untuk Kesehatan Jantung?

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Aprinda Puji
    Dipublikasikan tanggal: 1 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
    kuning telur untuk jantung

    Manfaat Kuning Telur untuk Kesehatan Jantung

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Arinda Veratamala
    Dipublikasikan tanggal: 3 September 2020 . Waktu baca 3 menit
    makanan yang dilarang untuk pasien penyakit jantung

    5 Jenis Pantangan Makanan untuk Pasien Penyakit Jantung

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Aprinda Puji
    Dipublikasikan tanggal: 6 Agustus 2020 . Waktu baca 6 menit