home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

5 Gejala Perikarditis yang Perlu Anda Waspadai

5 Gejala Perikarditis yang Perlu Anda Waspadai

Perikarditis merupakan jenis penyakit jantung yang menyerang perikardium. Penyakit ini perlu mendapatkan penanganan yang tepat karena bisa menimbulkan komplikasi yang mengancam jiwa, seperti perikarditis konstriktif berakhir dengan gagal jantung, yakni jantung yang tidak mampu berfungsi normal atau efusi perikardium.

Agar mendapatkan pengobatan lebih cepat, Anda perlu tahu apa saja gejala yang ditimbulkan ketika perikarditis terjadi. Untuk tahu lebih lanjut, mari simak ulasannya berikut ini!

Gejala perikarditis yang perlu Anda perhatikan

Jantung Anda dilindungi oleh perikardium, yakni jaringan fibrosa yang mengelilingi jantung dan pembuluh darah terbesar jantung.

Perikardium menjaga jantung tetap stabil pada lokasinya, memisahkan jantung dari paru-paru dan struktur lainnya, dan mendukung fungsi jantung untuk memompa darah secara normal. Jaringan pelindung jantung ini bisa saja mengalami masalah, salah satunya peradangan, dan kondisi ini Anda kenal dengan sebutan perikarditis.

Penyebab peradangan bisa jadi karena adanya infeksi, cedera pada jantung akibat kecelakaan, mengalami serangan jantung, mengalami efek samping operasi jantung, atau akibat adanya masalah kesehatan lain. Mengetahui penyebab perikarditis perlu dilakukan, karena membantu dokter untuk menentukan pengobatan yang tepat.

Perikarditis bisa terjadi pada siapa saja, termasuk Anda dan anggota keluarga di rumah. Oleh karena itulah penting bagi Anda dan keluarga untuk mengenali apa saja gejala yang ditimbulkannya. Mari bahas satu per satu gejala perikarditis yang umumnya dikeluhkan oleh penderitanya.

1. Nyeri dada

kriptokosis

Rasa nyeri di dada atau angina merupakan gejala khas dari penyakit jantung, termasuk peradangan pada perikardium.

Nyeri dada yang disebabkan oleh penyakit jantung ini berbeda dengan heartburn yang mengarah pada gangguan pencernaan. Jika penyakit jantung biasanya menimbulkan rasa tidak nyaman di sekitar dada sebelah kiri. Sementara, heartburn digambarkan sebagai sensasi panas di sekitar dada area tengah.

Menurut situs Mayo Clinic, nyeri dada akibat perikarditis lebih seperti sensasi ditusuk-tusuk jarum atau tertekan oleh benda berat. Rasa tidak nyaman ini bisa menyebar hingga tulang belakang, bahu, dan leher sebelah kiri yang umumnya terasa pegal dan lemah.

Gejala perikarditis ini dapat memburuk ketika pengidapnya batuk, berbaring, atau saat menarik napas dalam-dalam. Kebanyakan pengidapnya merasa sedikit lega dari gejala ini ketika duduk tegak atau menyender ke depan.

Pada jenis penyakit jantung lainnya, nyeri dada menandakan kurangnya aliran darah yang kaya oksigen ke jantung. Namun pada orang dengan perikarditis, nyeri dada muncul akibat dua lapisan perikardium yang meradang saling bergesekan.

2. Tubuh kelelahan dan sesak napas

Kelelahan menjadi gejala umum bagi penderita penyakit jantung. Hal ini terjadi karena tubuh Anda membutuhkan oksigen untuk menghasilkan energi. Oksigen ini didapat dari saluran napas dan dialirkan bersama darah.

Nah, penyakit jantung seperti perikarditis bisa mengganggu fungsi jantung dalam memompa darah yang kaya oksigen ke seluruh tubuh sehingga tidaklah aneh jika penyakit ini menimbulkan gejala tubuh kelelahan. Pengidapnya mungkin merasakan dirinya tidak bisa aktif seperti dulu.

Gejala perikarditis ini semakin buruk dengan adanya sesak napas, yang bisa muncul ketika sedang berbaring. Terjadinya sesak napas ini berhubungan dengan tugas jantung yang bekerja sama dengan paru-paru untuk menyediakan asupan oksigen bagi tubuh. Jika jantung bermasalah, sesak napas bisa terjadi.

3. Palpitasi jantung

Jantung berdebar-debar kencang alias palpitasi jantung bisa menjadi tanda bahwa ada masalah pada perikardium. Pada kegiatan tertentu, seperti olahraga, jantung bisa saja berdebar-debar dan hal ini normal terjadi.

Namun pada pengidap perikarditis, palpitasi menjadi bagian dari gejala yang bisa muncul kapan saja. Kondisi ini bisa berlangsung beberapa menit atau bahkan berjam-jam tanpa dipicu oleh aktivitas tertentu.

4. Demam ringan

Perikarditis merupakan peradangan yang dapat terjadi akibat infeksi. Respons tubuh terhadap infeksi pada jaringan yang mengelilingi jantung ini adalah demam. Itu artinya, sistem imun sedang berperang melawan infeksi. Biasanya perikarditis menyebabkan demam ringan, bukan demam yang bisa membuat tubuh menggigil dan banjir keringat.

5. Gejala perikarditis lainnya

Selain gejala yang telah disebutkan di atas, ada juga beberapa pengidap perikarditis yang mengalami gejala lain, di antaranya:

Munculnya gejala selain yang disebutkan di atas, bisa menjadi gejala perikarditis sudah semakin parah atau sudah menyebabkan komplikasi lebih lanjut.

Kapan Anda perlu ke dokter?

dokter

Jika Anda mengalami gejala penyakit jantung ini, segera periksa ke dokter. Menunda pengobatan bisa memperparah gejala dan memperburuk kondisinya.

Ingat, bahwa jantung adalah organ vital yang bertanggung jawab atas kelangsungan hidup seseorang. Oleh karena itu, penanganannya perlu dilakukan segera jika terjadi masalah pada jantung.

Gejala spesifik yang dapat dialami oleh penderitanya bergantung pada jenis perikarditis yang Anda alami. Perikarditis dikelompokkan ke dalam kategori yang berbeda, sesuai dengan pola gejala dan berapa lama gejala berlangsung.

  • Kondisi akut dimulai secara tiba-tiba tetapi tidak berlangsung lebih dari tiga minggu. Kekambuhan dapat terjadi, dan mungkin sulit untuk membedakannya dengan nyeri akibat serangan jantung.
  • Perikarditis berulang terjadi sekitar empat sampai enam minggu setelah episode perikarditis akut tanpa gejala di antaranya.
  • Kondisi yang terus-menerus berlangsung sekitar empat sampai enam mingg, tetapi kurang dari tiga bulan.
  • Perikarditis konstriktif kronis biasanya berkembang perlahan dan berlangsung lebih dari tiga bulan.

[article-spotlight]

health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Rehman I, Nassereddin A, Rehman A. Anatomy, Thorax, Pericardium. [Updated 2021 Jul 27]. In: StatPearls [Internet]. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing; 2021 Jan-. Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK482256/

Chest pain. (2017, December 08). Retrieved September 30, 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/chest-pain/symptoms-causes/syc-20370838

Pericarditis: Symptoms, causes, treatments. (n.d.). Retrieved September 30, 2021, from https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/17353-pericarditis

Casillas, J., Damak, S., Chauvet-Gelinier, J., Deley, G., & Ornetti, P. (2006). Fatigue in patients with cardiovascular disease. Annales De Réadaptation Et De Médecine Physique, 49(6), 392-402. doi:10.1016/j.annrmp.2006.04.003

Five heart disease symptoms you should never ignore. (n.d.). Retrieved September 30, 2021, from https://nyulangone.org/news/five-heart-disease-symptoms-you-should-never-ignore

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui 7 hari lalu
Ditinjau secara medis oleh dr. Tania Savitri